Gendut dan gendutan adalah salah satu hal yang paling ditakuti kebanyakan cewek. Selain merusak penampilan dan menghilangkan kepercayaan diri, masalah kelebihan berat badan pun bisa mengganggu kesehatan. Menghindari makanan manis terutama di malam hari menjadi cara yang banyak dilakukan demi menjaga timbangan. Atau, menjadikan buah atau sayuran sebagai camilan harian yang aman dan sehat di badan.

Tapi, bosan nggak sih kalau makan buah atau sayuran melulu?

Advertisement

Kenapa nggak coba puding? Camilan yang terbuat dari jelly ini selain nggak cepat bikin melar, juga praktis banget dibikinnya lho! Puding cokelat adalah salah satu yang paling favorit. Nah, kali ini Hipwee akan bagikan beberapa varian resep puding cokelat yang dibikin dengan bahan sederhana namun gampang banget dibuatnya. Cobain, yuk!

1. Kelihatannya sih kayak puding cokelat biasa, tapi Puding Puyo Lava Cokelat ini terkenal dengan kelembutannya sampai bisa disedot!

Puding Puyo Lava Cokelat via catatan-nina.blogspot.com

Bahan-bahannya:

  • 1 bungkus jelly rasa cokelat
  • 100 gr gula pasir
  • 1 liter susu cair
  • 1 bungkus vla instan, larutkan air 250 ml
  • 1 sdm tepung maizena
Advertisement

Cara membuatnya:

  1. Siapkan wadah, campurkan jelly dan maizena, aduk hingga rata. Lalu tuangkan susu cair, aduk kembali sampai nggak ada adonan yang menggumpal. Terakhir masukkan gula pasir.
  2. Masak adonan dengan api yang sedang, aduk terus agar susunya nggak pecah dan mendidih.
  3. Tuangkan adonan ke dalam gelas puding yang kecil kemudian masukan ke dalam freezer hingga berselaput, tuangkan vla di atasnya, lalu masukkan kembali hingga puding mengeras.

2. Nah, kalau yang ini teksturnya padat dan bikin kenyang. Pun bisa dibentuk dengan cetakan-cetakan yang lucu. Ini dia, Puding Cokelat Roti Tawar

Puding Cokelat Roti Tawar via elsaelwin.blogspot.com

Bahan-bahannya:

  • 6 lembar roti tawar, buang kulitnya
  • 1 liter susu
  • 400 ml air
  • 2 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 225 gram gula pasir
  • 100 gr cokelat batang yang dilelehkan
  • 1 sdt pasta cokelat

Cara membuatnya:

  1. Potong-potong roti tawar lalu haluskan dengan sebagian susu menggunakan blender sampai lembut.
  2. Campurkan agar-agar, dengan gula pasir di dalam panci, tuangkan air dan sisa susu lalu aduk sampai rata. Kemudian tuangkan campuran roti tawar dan susu tadi ke dalamnya, masak di atas api sedang sambil diaduk terus.
  3. Tuangkan cokelat leleh, lalu masak kembali sampai mendidih dan mengental.
  4. Angkat dan biarkan sampai uap panasnya menghilang lalu campurkan pasta coklat, aduk sampai rata.
  5. Tuangkan adonan ke dalam cetakan lalu dinginkan di dalam kulkas.

3. Biar tetap ada asupan buahnya, puding cokelat bisa kamu kreasikan dengan dengan segarnya stroberi

Puding Cokelat Stroberi via dessertsbyjuliette.com

Bahan-bahannya:

  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 1/2 kaleng susu kental manis putih
  • 750 ml air
  • 25 gr cokelat bubuk
  • 75 gr gula pasir
  • 75 gram cokelat blok, cincang halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 100 gr stroberi, blender

Cara membuatnya:

  1. Panaskan 250 ml, lalu masukkan cokelat bubuk. Aduk rata hingga larut dan tercampur rata.
  2. Masukan cokelat blok ke dalam adonan cokelat. Aduk hingga meleleh dan tercampur rata. Angkat, sisihkan.
  3. Masukan sisa air ke dalam panci lalu masukan agar-agar, gula pasir dan vanili. Aduk rata hingga larut dan tercampur.
  4. Bagi dua adonan. Masukan ke dalam salah satu adonan, campuran cokelat ke lalu aduk rata hingga adonan tercampur.
  5. Masukan stroberi halus ke dalam adonan lainnya lalu aduk. Masak kedua adonan dengan api kecil hingga mendidih. Angkat lalu aduk hingga uap panasnya menghilang.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan puding. Dinginkan lalu masukan ke dalam kulkas hingga membeku. Hias dengan potongan buah stroberi di atasnya.

4. Kamu yang suka matcha, bisa juga kok memadukan puding cokelat dengan puding yang telah diberi bubuk matcha

Puding Cokelat Greentea via www.harianindo.com

Bahan-bahannya:

  • 2 bungkus agar-agar rasa ori dan cokelat
  • 1400 ml susu cair
  • Gula sesuai selera
  • 2 butir telur
  • 4 sdm bubuk matcha

Cara membuatnya:

  1. Untuk bagian puding cokelat, rebus susu 700 ml bersama agar-agar cokelat, tambahkan gula sesuai selera. Sebelum mendidih masukan telur. Masak hingga mendidih.
  2. Ulang dengan sama untuk lapisan kedua. Masukan bubuk matcha bersamaan dengan agar-agar original. Setelah matang tuangkan di dalam wadah, setelah mengeras, baru tuangkan puding yang cokelat, lalu tuang lagi yang matcha.
  3. Setelah uap panasnya hilang, masukkan ke dalam lemari es.

5. Gurihnya biskuit oreo pun bisa dinikmati bersama puding cokelat yang lezat. Tapi, kamu perlu sedikit effort untuk penyajiannya ya!

Puding Cokelat Oreo via www.willcookforsmiles.com

Bahan untuk puding oreo:

  • 100 ml susu kental manis
  • 700 ml air
  • 1 bungkus agar-agar warna putih
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 butir telur ayam, ambil kuningnya saja
  • Biskuit cokelat oreo secukupnya

Bahan untuk puding jelly:

  • 1 bungkus agar-agar warna cokelat
  • 4 sdm gula pasir
  • 700 ml air matang

Cara membuatnya:

  1. Masukkan semua bahan puding biskuit cokelat oreo kecuali kuning telur dan oreo, aduk rata.
  2. Kocok kuning telur dan masukkan ke dalam adonan agar-agar tadi dan aduk lagi sampai rata.
  3. Didihkan sambil diaduk beberapa saat dan matikan api.
  4. Remukan biskuit cokelat oreo dan masukkan ke wadah cetakan sesuai selera.
  5. Tuangkan adonan tadi ke dalam wadah cetakan yang telah diberi remukan biskuit oreo.
  6. Untuk lapisan puding cokelatnya, campurkan semua bahan lapisan lalu masak sampai matang atau mendidih.
  7. Angkat dan tuang di atas lapisan sebelumnya tadi, ulangi cara kedua di atas lalu masukkan ke freezer agar dingin.

Gimana, mudah bukan? Gih, buruan beli bahan-bahannya sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya