Siapa sih yang menolak pedas dan nikmatnya sambal? Salam huh-hah!

Bukan cuma Indonesia tercinta saja yang punya sambal, ternyata berbagai negara di belahan dunia pun memilikinya. Meski dari segi tampilan atau rasa sudah jelas berbeda, tetap saja banyak orang yang mengidolakannya. Uniknya, nggak sedikit orang yang kurang berselera makan jika deretan sambal ini tak disajikan di meja makan. Wiiih…

Nah, berikut Hipwee Tips sajikan aneka resep sambal yang mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya, karena ini berasal dari berbagai belahan dunia! Check this out…

1. Malaysia juga punya sambal dengan rasa luar biasa. Sambal Hitam Pahang, pernah dibawa ke acara D’academy sama Siti Nurhaliza

Sambal hitam Pahang via iniblogwirdah.blogspot.com

Sambal ini berasal dari Pahang Malaysia dan tidak ada di negeri selain Negeri Jiran itu. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Advertisement

Bahan:
1/2 cangkir belimbing wuluh
10 cabai rawit
Segenggam ikan bilis (bisa diganti teri, rendam 10 menit lalu tiriskan)
6 siung bawang merah (3 ditumbuk, 3 diiris)
Kecap manis secukupnya
Kecap biasa secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Minyak secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus belimbing wuluh tanpa air dengan api kecil hingga mengeluarkan air dan mengering
*Jangan gunakan panci baru, karena asam belimbing wuluh bisa merusak panci. Proses ini memakan waktu 4 jam dan tiap 1-2 menit besarkan api lalu kecilkan lagi agar hasilnya pekat seperti asam jawa).
2. Tumbuk cabai, bawang, ikan bilis, dan belimbing wuluh tadi hingga halus.
3. Panaskan minyak dan tumis bawang yang diiris hingga harum.
4. Masukkan semua bahan yang sudah dihaluskan, aduk rata hingga cukup kering.
5. Tambahkan kecap biasa, kecap manis, garam, dan gula secukupnya.
6. Masak dengan api kecil hingga kering mirip serundeng

Wiiiiih, tampilannya sih nggak jauh beda sama sambal terasi khas Indonesia, ya?

2. Kamu nggak nge-fans Drama Korea pasti tahu Gochujang, sambal khasnya Negeri Ginseng

Fried Gochujang via maangchi.com

Gochujang nikmat!

Gochujang paling cocok dimakan dengan ayam goreng dan tteokpoki, pasti pernah lihat ‘kan di drama atau reality show Korea? Nih cara buatnya:

Bahan:
3 sdm bubuk cabai
3 sdm kecap asin
1 1/2 sdm tepung ketan
2 sdm air
a 1/2 sdm gula 1/2 sdt garam
1 sdm saus sambal (biasanya yang merek beli*is)
1/2 sdt cuka

Cara membuat:
1. Kukus air dan tepung ketan selama 15 detik hingga jadi pasta.
2. Tambahkan semua bahan lainnya dan aduk rata.
3. Simpan di kulkas, dan masak lagi saat akan digunakan. Tinggal tambahkan gula dan garam sesuai selera.

Oppa, mau aku bikinin Gochujang ini nggak?

3. Kenalin La Jiao Jiang, sambal populer yang hampir ada di semua masakan pedas China

La jiao jang via themarybuffet.com

Arti La jiao Jiang adalah pasta cabai pedas. Meski sering disajikan dalam botol, cita rasa sambal ini tetap dicintai orang-orang asli China. Dan, siapa tahu kamu juga 🙂

Berikut cara membuatnya:

Bahan:
3-5 cabai
1/4 siung bawang putih (iris)
1 sdm minyak sayur
1 dash garam
1 sdt cuka beras

Cara membuat:
1. Iris cabai dan tumbuk hingga halus tanpa membuang bijinya.
2. Panaskan minyak dan tambahkan cabai lalu aduk rata.
3. Kecilkan api dan tambahkan bawang putih.
4. Tambahkan cuka dan aduk sesekali selama 10-20 menit.
5. Dinginkan dan sambal ini akan tahan sampai 2 minggu atau lebih.

Setelah matang, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas atau lemari supaya kualitas isinya tetap baik. Lumayan ‘kan, buat nyisihin uang yang biasanya dibeliin cabai? 🙂

4. Pisang bisa jadi sambal super pedas di Filipina, penasaran nggak bikinnya gimana?

nyummmm! via pepper.ph

Sejarahnya kenapa digunakan pisang adalah minimnya jumlah tomat saat perang dunia II sehingga tomat digantikan dengan pisang. Jangan keburu mengerinyatkan dahi, cara-cara membuatnya ini wajib kamu pelajari:

Bahan:
2 sdm minyak kacang
1 siung bawang merah (cincang)
2 siung bawang putih (iris)
2-5 cabai
1 sdm pasta tomat (ganti tomat dijus bisa)
2 pisang matang
120 ml cuka apel
2 sdm air gula merah
1/2 sdt lada hitam
1/8 sdt cengkeh
1/8 sdt garam
1 sdt kecap biasa
1 lembar daun salam

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tambahkan bawang merah dan aduk rata selama 5-7 menit.
2. Tambahkan bawang putih dan cabai, aduk rata selama 1-2 menit. Lalu tambahkan pasta tomat aduk hingga berwarna oranye.
3. Tambahkan pisang, aduk lalu tambahkan bahan-bahan lainnya. Rebus hingga 20-30 menit.
4. Angkat dan dinginkan selama 10 menit, buang daun salamnya.
5. Blender bahan-bahan tersebut dan masukkan dalam kulkas. Bisa tahan sampai 3 minggu lebih lho!

Walaupun bahan bakunya pisang, sambal khas Filipina ini cukup ramah dengan lidahmu sebagai orang Indonesia, karena ada kandungan cabainya yang cukup banyak.

5. Sambal hijau (Mojo) super pedas ini lebih terkenal di negara-negara Latin dan Spanyol. Pokoknya, rasanya ciamik!

Mojo sauce via domesticsensualist.com

Aroma daun ketumbar jadi bahan yang paling khas dalam sambal ini. Hmm… penasaran nggak tuh gimana rasanya?

Bahan:
Cabai sesuai selera
4 siung bawang putih
1 genggam daun ketumbar
air dari 1 jeruk nipis
1/4 cangkir minyak zaitun
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica

Cara membuat:
1. Ulek atau blender semua bahan sampai halus.
2. Tambahkan garam atau merica sesuai selera jika dirasa kurang pas.
3. Sajikan dalam mangkuk dan siap dimakan 🙂

6. Sudah dikonsumsi sejak 7000 tahun lalu, Pilacca sambalnya orang barat yang nggak kalah pedas!

Pilacca via thewoksoflife.com

Sambal ini dikenal berasal dari Italia, tapi sebenarnya berasal dari Amerika dan dibawa ke Eropa oleh Colombus, Wow!

Bahan:
2 cabai merah
2 siung bawang putih
Minyak zaitun secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan minyak zaitun dan goreng cabai dalam keadaan utuh.
2. Angkat dan tiriskan di atas kertas tisu.
3. Tumbuk cabai merah yang sudah digoreng dan bahan lainnya.
4. Tambahkan minyak zaitun lagi dan biarkan selama 24 jam.
5. Aduk dengan sendok kayu dan simpan dalam botol.

Siapa nih yang udah pernah nyoba nikmatnya Pilacaa?

7. Sambal asal Timur Tengah ini namanya Shatta. Walau biasa dimakan dengan pizza, kamu bisa menggantinya dengan gorengan atau kudapan lainnya

Kalau di Mesir sana, sambal ini biasa dimakan dengan Koshari. Kalau dari penampilannya kayaknya pedes banget, ya 🙂

Ini cara-cara membuatnya:

Bahan:
8 siung bawang putih
3 jalapeno/paprika merah (bisa diganti cabai besar)
15 cabai rawit
1 cangkir ketumbar
1/2 sdm cuka putih
2 sdm minyak zaitun
1 sdm garam
1 sdm bubuk jinten
1 sdm lada hitam
6 ons pasta tomat
1 cangkir air

Cara membuat:
1. Blender atau tumbuk semua bahan hingga halus.
2. Panaskan semua bahan di wajan dan aduk hingga merata selama 5 menit.
3. Dinginkan.

Meski banyak jenisnya, aneka sambal dari berbagai belahan dunia tadi kayaknya nggak bisa ngalahin pedas dan nikmatnya sambal terasi, ya? Kalau menurutmu gimana?

Jadi, kamu mau coba yang mana dulu nih?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!