Nggak cuma sistem komputer aja yang bisa di-hack, tubuh kita pun juga. Hack di sini maksudnya bukan mensabotase tubuh supaya nggak bekerja dengan baik ya, tapi mengatasi masalah-masalah di tubuh kita dengan cara yang nggak biasa. Daripada memberi obat kimia ke anggota tubuh tersebut, kita bisa menghentikan masalahnya dengan memanfaatkan kelemahan anggota tubuh yang lain.

Masih bingung? Nah, supaya jelas, kita simak hack-hack di bawah ini saja yuk! Semoga bisa membantu ketika kamu mengalami nyeri atau masalah lainnya pada tubuhmu.

Lakukan ini lain kali kamu sakit gigi.

Advertisement

Sakit gigi itu nggak enak banget deh. Sudah tidur jadi nggak nyenyak, saat kamu bangun juga susah konsentrasi. Tapi ada hack ampuh kok untuk menghilangkan sakit gigi! Gampang, cukup dengan es dan tangan kamu sendiri. Gosokkan es di bagian telapak tangan bagian belakang, di antara jempol dan jari telunjuk kamu yang berbentuk V itu. Hanya dengan ini, alur saraf di bagian V akan menstimulasi otak supaya mengurangi rasa sakit ke bagian wajah — termasuk mulut tentunya.

Gak perlu lagi panik kalau kulit kita terbakar. Cukup lakukan pijatan ringan

Jari terbakar

Jari terbakar via misterseeon.tumblr.com

Saat lagi masak, gak sengaja tangan kita menyentuh kompor atau ketumpahan air panas. Nah, ini tips untuk mengurangi rasa sakit kulit terbakar.

Caranya dengan berikan pijatan ringan ke daerah yang sakit dengan jari atau tangan yang gak terluka. Misalnya yang kena kompor adalah tangan kiri kamu, maka pijat ringan tangan kiri dengan tangan kanan kamu.  Dan juga kamu bisa memberikan es ke daerah yang terbakar itu, dengan tujuan mengembalikan suhu kulit ke suhu normalnya lagi.

Dengan jempolmu, kamu bisa mengontrol detak jantung.

Saat jantung berdetak dengan cepat tak terkontrol

Saat jantung berdetak dengan cepat tak terkontrol via www.alfajr-news.net

Advertisement

Lagi enak-enak di jalan, eh ketemu gebetan. Jantung langsung berdetak cepat tanpa kontrol, kamu pun panik duluan dan salah tingkah. Gagal deh kesempatan jalan bareng gebetan.

Ada yang seperti itu? Sebelum rasa deg-degan ini merusak momen, kamu harus bisa dengan cepat mengatasinya. Caranya, cukup dengan tiup jempolmu. Iya, karena dengan meniup jempol kamu akan memberikan sinyal ke syaraf vagus yang bertugas mengendalikan detak jantung. Dengan ini detak jantungmu akan kembali normal. Diimbangi dengan mengatur napas juga ya.

Say good bye deh sama hidung mampet kamu!

Atasi hidung tersumbat dengan menekan di bagian antara kedua alis.

Atasi hidung tersumbat dengan menekan di bagian antara kedua alis. via www.bluefame.com

Kalau udah hidung mampet rasanya benar-benar gak menyenangkan ya, semua kegiatan ikutan jadi terganggu. Iya nggak sih? Tenang, ini ada tips untuk melegakan hidung yang mampet dengan cepat.

Cukup dengan menekan lidah ke bagian atap mulut kamu, dengan waktu bersamaan tekan satu jari di bagian antara kedua alis. Lakukan ini sekitar 20-30 detik, karena dengan cara ini tulang volmer atau tulang tipis pemisah lubang hidung bisa maju dan mundur. Efeknya, hidungmu yang mampet bisa sedikit lebih longgar.

Bermodalkan menekan-nekan tulang bagian bawah hidung, mimisan kamu akan berhenti.

Hentikan pendarahan di hidung

Hentikan pendarahan di hidung via www.sehatfresh.com

Menurut Peter Desmarais, spesialis THT asal Afrika Utara, sebagian besar mimisan datang dari bagian septum — alias tulang rawan yang memisahkan hidung. Menekan tulang rawan bisa membantu menghentikannya.

Nah itu berarti kamu cukup melakukan penekanan di daerah tersebut, yaitu di belakang bagian bawah hidung kamu. Tekan dengan sekuat-kuatnya biar pendarahannya berkurang.

Kakimu kesemutan? Geleng-gelengkan kepalamu saja!

Karena posisi duduk yang salah, menyebabkan kesemutan.

Karena posisi duduk yang salah, menyebabkan kesemutan. via sarafsehat.com

Mati rasa atau kesemutan sering terjadi ketika kamu terlalu lama menyetir di jalan, duduk dengan posisi yang salah, serta terlalu lama duduk. Penyebabnya tak lain adalah tekanan pada kumpulan syaraf leher.

Karena itu saat kamu kesemutan, caranya cukup goyangkan kepala kamu aja. Entah gerakannya memutar atau hanya geleng-geleng saja tidak masalah, lakukan ini sekitar 1-2 menit agar otot leher longgar.

Hanya dengan hembusan napas, kram perut bisa hilang.

Kram perut

Kram perut via youqueen.com

Siapa yang di sini sering kram perut? Misalnya habis lari terus perut terasa sakit? Nah penyebab dari kram perut itu karena ada tekanan ke bawah bagian liver; tekanan ini membuat diafragma tertarik juga sehingga terjadilah kram perut itu.

Mengatasinya mudah, cukup dengan menghembuskan nafas dan menggerakkan kaki kanan. Lho kenapa kaki kanan? Karena liver itu sendiri terletak di bagian kanan, makanya untuk membantu mengatasi kram perut ini dengan hembuskan nafas saat kaki kanan menghentak ke tanah. Lakukan secara berulang sampai rasa sakitnya berkurang.

Itulah beberapa hack yang bisa kamu lakukan untuk tubuh sendiri. Lain kali tubuhmu sakit di sana-sini, praktikkan tips-tips di atas saja ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya