Tak Melulu Serangan Jantung, ini 7 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri yang Perlu Kamu Waspadai

Sakit dada sebelah kiri

Sakit dada sebelah kiri seringkali dikaitkan dengan serangan jantung. Salah satu tandanya, sakit dada sebelah kiri sampai ke lengan. Selain itu, penderita serangan jantung biasanya mengeluhkan sakit dada sebelah kiri dan punggung. Namun tidak semua nyeri dada sebelah kiri disebabkan oleh penyakit jantung lo. Misalnya, sakit dada sebelah kiri saat tarik nafas atau sakit dada sebelah kiri saat tarik nafas panjang ternyata diakibatkan gangguan di bagian paru-paru. Karena masuk angin dan serangan jantung memiliki gejala yang sama, ada kalanya sakit dada sebelah kiri karena masuk angin.

Advertisement

Supaya nggak ketakutan saat sakit dada sebelah kiri menyerang, ada baiknya kamu perhatikan 7 penyebabnya di bawah ini. Bisa jadi bukan karena serangan jantung, tapi lantaran masalah kesehatan di organ tubuh yang lain. Lansung aja baca ulasannya di bawah ini, ya.

1. Nggak cuma gangguan fisik, stres bisa memicu sakit dada sebelah kiri

stres | photo by Andrew Neel via www.pexels.com

Kebanyakan orang menduga sakit dada sebelah kiri atas atau sakit dada sebelah kiri bagian bawah merupakan tanda penyakit jantung. Padahal secara medis, sakit dada sebelah kiri tidak bisa langsung dihubungkan dengan penyakit jantung lo. Sebagian besar justru dipicu oleh gangguan kecemasan dan psikosomatis. Pun kadang stres yang nggak terkendali bisa menjadi penyebabnya. Apalagi kalau kamu punya gaya hidup kurang sehat seperti mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan merokok. Kalau dibiarkan saja, kamu bisa mengalami penyakit jantung koroner yang ditandai dengan sakit dada sebelah kiri hilang timbul.

2. Selain gejala jantung berdebar, serangan panik memiliki gejala khas seperti nyeri dada

serangan panik | photo by Sebastian Herrmann via unsplash.com

Ketika merasakan nyeri dada bagian kiri, sebaiknya jangan terburu-buru mengartikannya sebagai serangan jantung. Sakit dada juga bisa terjadi karena serangan panik. Memiliki gejala khas seperti serangan jantung, banyak orang kadang salah memahami keduanya. Selain sakit dada, serangan panik mempunyai gejala sesak panas, jantung berbebar, pusing, gemetar, mual, sampai keringat dingin.

Advertisement

3. Ternyata bukan karena penyakit jantung, cedera otot pada dada juga bikin nyeri sampai mati rasa

cedera otot dada | photo by PxHere via pxhere.com

Kalau kamu merasakan nyeri atau sakit dada sebelah kiri sampai lengan, kemungkinan itu tanda cedera otot dada. Otot yang mengalami peregangan dapat menimbulkan rasa sakit di bagian dada kiri. Bahkan nggak jarang rasa sakit akibat saraf tertekan dapat membuat lengan mati rasa lo.

4. Satu lagi penyebab sakit dada sebelah kiri selain penyakit jantung yakni kerusakan tulang

kerusakan tulang dada | photo by Ryutaro Tsukata via www.pexels.com

Rasa sakit pada dada kiri dapat ditimbulkan oleh kerusakan struktur tulang rangka. Kerusakan tersebut karena tulang dada sebelah kiri patah. Akibatnya, rasa sakit bisa sangat parah terutama di bagian dada kiri dan bagian tubuh atas. Kerusakan itu terjadi karena kecelakaan saat berkendara atau melakukan aktivitas fisik yang berisiko seperti olahraga ekstrem.

Mengingat kerusakan tulang cukup berbahaya, penderitanya harus menjalani perawatan medis nih. Pasalnya tulang yang patah tersambung dengan tulang rusuk yang melindungi organ vital seperti jantung, hati, lambung, dan paru-paru.

Advertisement

5. Nggak cuma serangan jantung yang bikin nyeri dada bagian kiri, pun gangguan pencernaan

gangguan pencernaan | photo by Andrea Piacquadio via www.pexels.com

“Apa penyebab sakit dada sebelah kiri tembus ke belakang?”

Pertanyaan tersebut kerap dicari orang di mesin pencarian internet. Awalnya mereka menduga sakit dada sebelah kiri yang menusuk sampai ke belakang merupakan gejala serangan jantung. Namun, dokter menerangkan kalau sakit dada besar kemungkinan disebabkan oleh gangguan pencernaan. Lantaran gas yang menumpuk dan mendorong usus, dada, dan ulu hati bisa sakit sampai ke belakang.

Cara mengatasi sakit dada sebelah kiri tembus ke belakang, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter, ya. Ketimbang menduga-duga, kamu lebih baik periksa ke dokter. Selain hasil pemeriksaan akurat, kamu juga bisa mendapatkan obat sakit dada sebelah kiri sesuai dengan penyebabnya.

6. Menyempitnya arteri ke jantung menjadi penyebab sakit dada sebelah kiri

arteri jantung menyempit | photo by cottonbro via www.pexels.com

Angina atau disebut juga angin duduk adalah penyempitan arteri ke jantung. Makanya, aliran darah terhambat dan membuat dada sakit. Terkadang rasa sakitnya sampai bikin sesak napas dan kram otot dada. Umumnya, penyempitan terjadi usai kamu melakukan aktivitas fisik yang melelahkan.

7. Bukan serangan jantung, sakit dada sebelah kiri bisa terjadi karena masalah di bagian paru-paru

infeksi paru-paru | photo by Anna Shvets via www.pexels.com

Sakit di area dada kiri nggak hanya dipicu oleh gangguan jantung. Masalah pada paru-paru pun bisa menjadi penyebabnya. Misalnya saja infeksi paru yang membuat dada sebelah kiri sakit, sesak napas, dan batuk. Bahkan ada orang yang mengalami gejala parah sampai napas terengah-engah.

Nah, beberapa orang juga pernah nyeri dada sebelah kiri atas. Nggak bisa dipastikan sebagai serangan jantung, rasa sakit itu lumrahnya ditimbulkan oleh benjolan di dada. Sementara itu, kemungkinan penyebab rasa sakit dada sebelah kiri pada anak adalah asma, kecemasan, GERD, dan kostokondritis alias pembengkakan pada tulang rawan.

Sejauh ini, banyak ulasan obat sakit dada sebelah kiri secara alami. Contohnya dengan menggunakan cuka apel atau es batu. Selain obat alami, ada beberapa rekomendasi obat nyeri dada sebelah kiri di apotik. Kamu bisa mencobanya sebagai pertolongan pertama. Tapi agar mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang tepat, kamu disarankan pergi ke dokter segera. Kamu pun bisa tahu penyebab dari rasa sakit dada sebelah kiri dengan jelas.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE