Hari gini masih pakai flash disk? Pernah nggak berpikir buat menyimpan datamu di cloud storage aja? Layanan cloud storage adalah model penyimpanan data di dalam server yang dikelola oleh perusahaan dengan jaringan hosting berkapasitas besar. Lewat internet, data yang disimpan dalam jaringan ini selalu bisa kamu akses, sunting, dan unduh dari mana saja. Ketika hard disk udah penuh dan flash disk-mu ketinggalan, penyimpanan cloud adalah alternatif yang bisa sangat membantumu.

Salah satu penyedia jasa cloud yang populer saat ini adalah Dropbox. Masalahnya, Dropbox cuma ngasih 2 gigabyte space gratis. Itu dikit banget! Jadi, gimana kalau sekarang Hipwee merekomendasikan untukmu layanan cloud serupa dengan space gratis yang lebih besar?

1. OneDrive

Microsoft OneDrive

One stop drive storage via onedrive.live.com

Advertisement

OneDrive adalah layanan penyimpanan data milik Microsoft, jadi kamu tak usah khawatir soal kualitas dan jaringan server-nya. Serunya, layanan ini menawarkan space 15 GB secara gratis ketika kamu mendaftar. Terserah ruang sebesar itu kamu gunakan buat menyimpan foto, video, atau dokumen penting Word, Excel, PowerPoint, dan sebagainya.

Dari dalam OneDrive kamu bisa membuat, menyunting dan membagikan dokumen-dokumen penting tanpa mempedulikan gawai apa yang kamu gunakan. Mau itu Macbook, tablet Android, atau Windows Phone, semua bisa dilakukan melalui OneDrive.

2. Google Drive

Data dan file dimana pun kamu berada.

Data dan file dimana pun kamu berada. via www.google.com

Lagi-lagi dari raksasa teknologi, ada Google Drive yang memberi kamu ruang penyimpanan sebesar 15 GB. Yang membuat Google Drive menarik adalah kemudahannya untuk terhubung dengan Gmail dan Google+. Misalnya, ketika kamu menerima email berisi tiket yang kamu pesan online, kamu tinggal memindahkannya dari Gmail ke Google+ dan dengan mudah tiket itu bisa kamu share ke keluarga atau teman yang ikut serta dalam perjalanan kamu. Gak perlu deh repot-repot mencetak tiket buat seluruh anggota rombongan.

Advertisement

Kemudahan yang sama juga bakal kamu rasakan dalam pekerjaan. Selama rekan kamu menggunakan Gmail, kalian bisa melakukan kolaborasi tanpa harus bertatap muka. Semua dilakukan secara online; bahkan kalian bisa menyunting dokumen yang sama secara bersamaan juga.

3. Box

Brand yang udah pakai Box

Brand yang udah pakai Box via www.box.com

Salah satu saingan terberat Dropbox adalah Box.com. Mungkin… karena namanya mirip. Box pun menawarkan space yang lumayan, sekitar 10 GB gratis saat kamu mendaftar. Selain itu, Box juga membagi layanannya ke dalam 3 kebutuhan. Selain kebutuhan pribadi, ada kebutuhan bisnis dan kebutuhan industri. Sama seperti Google Drive, Box juga bisa kamu gunakan untuk kerja tim. Jadi, bukan hanya media penyimpanan dan berbagi data.

Sinkronisasi data di Box pun termasuk mudah. Dengan ini, kamu bisa mengakses data yang tersimpan melalui ponsel, tablet, maupun komputer. Udang di balik batunya? Box hanya memperbolehkan share data sebesar 250 MB.

4. TeamDrive

Data di-enkripsi

Data di-enkripsi via www.teamdrive.com

TeamDrive menyediakan 10 GB secara gratis bagi kamu yang mendaftar. Dengan sinkronisasi antarkomputer yang mulus, kamu bisa berbagi dokumen, musik, gambar dan folder kepada rekan atau sekedar menyimpannya untuk dibuka di lain waktu di lain tempat.

Keunggulan dari layanan TeamDrive adalah keamanannya yang tingkat tinggi. TeamDrive melindungi datamu dengan enkripsi 256 bit, sistem pengamanan terkini yang membuat datamu lebih susah dijebol. Selain itu, cuma kamu yang berhak menentukan siapa aja yang boleh mengakses datamu itu.

5. Amazon Cloud Drive

Temannya pelancong yang hobi foto

Temannya pelancong yang hobi foto via www.amazon.com

Layanan cloud milik Amazon ini memberi kamu 5 GB secara cuma-cuma. Dengan layanan ini kamu bisa menyimpan foto yang diambil dari ponsel dan tablet langsung ke ‘awan’ Amazon. Sama seperti layanan penyimpanan lain, foto-foto tersebut bisa kamu akses dengan mudah melalui komputer ketika udah sampai di rumah.

Keunggulan Amazon Cloud Drive adalah kemampuan menyimpan foto-foto tersebut walaupun foto aslinya udah kamu hapus dari ponsel dan tablet. Jadi ketika kamu liburan dan memory di tabletmu udah penuh, kamu bisa menghapus foto yang udah kamu ambil dengan tenang karena udah ada duplikat yang tersimpan di Amazon. Aman nggak ya, kira-kira? Jangan khawatir, ketika ponsel atau tablet kamu hilang/rusak, Amazon memiliki fitur yang bisa mengunci fotomu dari tangan-tangan jahil yang ingin mencurinya.

6. Wuala

Voila...

Voila… via www.wuala.com

Sama seperti Amazon Cloud Drive, Wuala juga memberikan 5 GB penyimpanan secara gratis, yang bisa kamu gunakan buat menyimpan dan berbagi data. Menariknya, sebelum diunggah ke server Wuala data kamu akan di-enkripsi terlebih dahulu. Selain itu, password yang kamu pasang gak pernah ditansmisikan ke kantor Wuala, jadi karyawan mereka pun gak tahu password kamu apa. Aman banget, kan?

Wuala juga memiliki sistem backup data yang mumpuni, sehingga kalau kamu gak sengaja menghapus file yang kamu kerjakan layanan ini masih menyimpan beberapa versi lama dari file tersebut.

7. CloudMe

Bawa musikmu kemana pun

Bawa musikmu kemana pun via www.cloudme.com

Cloudme.com memberi kamu penyimpanan gratis sebesar 19 GB, boom! Nah, udang di balik batunya adalah setiap file yang kamu simpan disini harus berukuran kurang dari 150 MB. Nggak gede sih, tapi selama yang kamu simpan bukan film atau serial TV dari musim pertama hingga musim terakhir, pasti cukup dong.

Keunikan CloudMe terletak pada antar-muka penggunanya, yang mirip antar-muka desktop komputer. Dengan begitu kamu bisa membedakan dengan mudah folder mana yang buat kerja dengan folder yang lebih bersifat personal. Cocok buat pecinta musik, karena kamu bisa membawa playlist kamu kemana pun kamu pergi.

8. CX

CX

CX via www.cx.com

Kapasitas ruang penyimpanan CX adalah 10 GB. Itu gratis, gak perlu bayar. Kamu bisa mengakses dan mensinkronisasi data yang kamu simpan dengan mudah dari berbagai gawai dan komputer.

Keunggulan CX terdapat pada saat kamu ingin berkolaborasi dengan sekelompok rekan kerja. Bila kamu membutuhkan layanan yang memungkinkan kamu membagikan data kepada banyak orang, CX adalah pilihan utama kamu.

9. Sugar Sync

Kontrol total

Kontrol total via www.sugarsync.com

Selain memberi kamu 5 GB secara cuma-cuma, Sugar Sync juga memungkinkan kamu untuk memilah data mana yang bisa disinkron dan pada gawai mana data tersebut bisa disinkron. Sharing data melalui Sugar Sync juga aman kok. Datamu pun bisa dibuka dengan mudah di ponsel dan tablet.

10. SpiderOak

SpiderOak

SpiderOak via spideroak.com

Meskipun cuma memberi kamu space gratis sebesar 2 GB, SpiderOak menjanjikan sistem back-up yang dijamin aman. Kamu gak perlu khawatir data kamu hilang atau dicuri lagi. Berbagi dan mensinkron data dengan SpiderOak cukup mudah karena kamu bisa memilih data mana yang bisa diakses, oleh siapa saja, atau melalui gawai kamu yang mana aja. Semua data bisa dilindungi oleh password, jadi jangan khawatir bakal dilihat oleh orang yang gak punya akses sama sekali.

11. Copy

Maksimal tanpa batasan

Maksimal tanpa batasan via www.copy.com

Copy memberi kamu kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Dengan layanan ini data dan file-mu bisa diakses melalui komputer, tablet atau ponsel dengan nyaman. Beda dengan beberapa layanan cloud pesaing, Copy gak membatasi kamu dengan ukuran data sama sekali. Kamu juga gak dibatasi oleh berapa ukuran data yang boleh kamu perlihatkan dan bagikan ke orang lain. Di balik itu, semua proses dijamin tetap aman.

Yang menarik dari Copy adalah fitur fair storage, yang meringankan bebanmu dan pengguna Copy yang lain. Contohnya, saat kamu dan 3 pengguna Copy lain sama-sama tersinkron dalam sebuah folder berukuran 20 GB. Alih-alih membebankan 20GB ke masing-masing orang, kamu dan 3 pengguna lain itu akan dikenakan beban 5 GB, alias 20 dibagi 4. Adil, bukan?

Layanan cloud akan sangat membantu buatmu yang sering lupa menaruh foto wisuda atau dokumen kerjaan. Ketika malas membawa media penyimpanan kala liburan, kamu juga akan bisa merasakan manfaatnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera buka akun di situs-situs layanan cloud yang sudah Hipwee sebutkan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya