Wabah Corona Makin Meluas, 6 Tahapan Self-Quarantine ini Diyakini Efektif Cegah Persebarannya

Self quarantine coronavirus

Sejak pertengahan Januari kemarin, wabah virus corona yang merebak pertama kali di kota Wuhan masih jadi perhatian masyarakat internasional. Hingga kini, wabah virus corona makin meluas. Kota Daegu di Korea Selatan menjadi negara dengan kasus corona terbanyak setelah Cina. Virus corona juga mengganas di Iran hingga memakan 22 korban.

Advertisement

Menanggapi penyebaran virus corona yang cukup mengerikan ini, beberapa negara telah melakukan tindakan pencegahan lebih lanjut. Salah satunya adalah dengan menerapkan self-quarantine atau mengisolasi diri sendiri. Jepang misalnya, dengan meliburkan kegiatan sekolah selama sebulan, Iran dengan meniadakan salat Jumat sementara, hingga Arab Saudi yang menerapkan kebijakan untuk menghentikan umrah hingga situasi aman kembali.

Mengutip pernyataan koresponden medis BBC, Fergus Walsh, ini tahapan self-quarantine yang bisa kita lakukan sebagai tindak pencegahan lanjutan dari penularan virus corona.

1. Berdiam di rumah. Terutama kalau kamu mengalami gejala-gejala flu seperti radang tenggorokan, demam, atau sakit kepala

Kalau kamu lagi mengalami ‘tanda-tanda mau sakit’ seperti badan demam, sakit kepala, radang tenggorokan atau hidung yang mulai berair, istirahatlah di rumah. Kamu bisa minta izin untuk nggak datang ke sekolah, kampus, atau ke tempat kerja. Jangan juga pergi ke tempat umum. Kuncinya adalah menjauhkan diri dari orang lain.

Advertisement

2. Baiknya jangan langsung periksakan diri ke rumah sakit, sementara minta saran dokter lewat telepon dulu

hubungi dokter lewat telepon via www.careerbuilder.com

Ini adalah cara terbaik karena fokus utamanya adalah untuk menjauhkan diri dari orang lain untuk mencegah penularan virus. Sementara, minta saran dari dokter baik lewat telepon, chat, atau layanan digital lainnya. Jelaskan mengenai gejala yang kamu alami dan ikuti nasihat dokter.

3. Jika kamu tinggal bersama dengan orang lain, hindari segala macam bentuk sharing alat-alat pribadi

jangan sharing toiletries via www.smartertravel.com

Terutama peralatan makan dan mandi yang akan dengan mudah menjadi media penyebaran virus. Gunakan perlengkapan pribadimu sendiri dan selalu cuci tangan usai kontak dengan orang lain untuk meminimalisir penularan.

4. Kelola sampah pribadimu dengan baik dan buang secara terpisah dengan sampah lainnya

amankan sampahmu via honestadvice.top

Sampah-sampah seperti tisu bekas dan sampah pribadi lainnya akan lebih baik jika dibungkus dengan plastik dobel untuk menghindari kebocoran. Jauhkan juga dari jangkauan orang lain, atau kalau perlu buang secara terpisah.

Advertisement

5. Gunakan layanan jasa antar online jika kamu membutuhkan makanan atau sesuatu

gunakan jasa antar online via wlna-webservice.gannettdigital.com

Nah, tahapan ini pas banget nih buat sobat mageran. Belanja apapun, baiknya lewat jasa antar online atau ojol aja, baik makanan atau belanja kebutuhan lain. Karena lagi mengurangi kontak dengan orang lain, mintalah driver ojol untuk meninggalkan pesananmu di depan pintu. Selain ojol, kamu juga bisa meminta bantuan kerabat atau teman.

Langkah-langkah self-quarantine di atas terdengar lebay memang, tapi dinilai efektif untuk cegah penularan virus corona, terutama jika kamu usai bepergian ke tempat-tempat yang terkena wabah atau kontak langsung dengan penderita. Terlepas dari itu, bukankah sudah seyogiayanya kita mengisolasi diri kalau lagi sakit, biar orang lain nggak tertulari?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE