Banyak yang bilang ‘cantik itu mahal’. Mahal di perawatan salon maupun di produk-produk skincare-nya. Kalau niat mengikuti rangkaian perawatan wajah ala Korea yang lengkap aja mesti menyediakan minimal lima macam produk skincare untuk asupan wajah harian. Belum lagi beli kosmetiknya. Waaah, banyak deh printilannya.

Sebetulnya, kamu nggak harus punya aneka macam produk skincare dengan masing-masing kegunaannya. Kalau mau sedikit berhemat, ada kok beberapa produk skincare yang bisa berfungsi ganda. Artinya, kalau kamu punya produk-produk ini di rumah, bersyukurlah, karena mereka bisa menggantikan fungsi skincare-mu yang lain!

1. Kamu nggak perlu pakai toner lagi kalau sudah punya air mawar yang harganya jauh lebih terjangkau dan mudah didapat

air mawar untuk toner via ciwaciw.wordpress.com

Advertisement

Mengaplikasikan toner setelah mencuci wajah berguna untuk membantu menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati, juga sebagai penyegar. Nggak masalah kalau kamu nggak punya toner karena toh air mawar bisa menggantikannya. Cukup tuangkan air mawar pada kapas dan oles ke wajah atau pindahkan pada botol spray lalu semprotkan ke wajah, lanjut tepuk-tepuk hingga merata.

2. Serum yang sebotol kecil tapi harganya selangit itu bisa kamu ganti dengan kapsul vitamin E yang tersedia di apotek terdekat

kapsul vitamin E untuk serum via www.youtube.com

Untuk fokus menangani masalah pada wajah dibutuhkan serum dengan konsentrasi kandungan aktif yang lebih tinggi dibanding produk lain. Nah, peran serum ini sebetulnya bisa digantikan oleh kapsul vitamin E yang dipecahkan dan diambil minyaknya untuk diaplikasikan ke wajah lo. Cukup oleskan satu tetes minyak vitamin E pada area wajah yang bermasalah lalu biarkan semalaman.

3. Dari berbagai produk tabir surya yang ada di pasaran, shea butter adalah salah satu minyak tanaman yang bisa dijadikan tabir surya alami

shea butter buat sunscreen via oureverydaylife.com

Shea butter dikenal sebagai tabir surya alami yang bisa kamu aplikasikan sebelum pergi ke luar ruangan. Meski nggak bisa memberikan perlindungan ekstra layaknya produk tabir surya di pasaran, shea butter bisa jadi alternatif pengganti sunscreen yang mengandung vitamin yang ramah untuk kulit, asam lemak, nutrisi, dan antioksidan lainnya.

4. Kaya akan vitamin A yang dapat membantu regenerasi sel kulit, rosehip oil bisa banget kamu jadikan pengganti krim malam

rosehip oil pengganti krim malam via www.trilogyproducts.com

Advertisement

Rosehip oil sejatinya merupakan minyak yang diekstrak dari buah bunga mawar spesies tertentu. Mengandung asam lemak esensial, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang dapat mengurangi keriput, memperbaiki tekstur kulit, mengurangi bekas jerawat, hingga membuat kulit lebih bercahaya.

Beberapa selebritas dan supermodel menjadikan rosehip oil sebagai rahasia kulit flawless dan glowing lo! Kamu bisa gunakan setiap hari sebelum tidur sebagai pengganti krim malam.

5. Maskermu habis? Ambil telur dan madu di kulkas, lalu olah jadi pasta yang ampuh kencangkan wajah

masker putih telur dan madu via flamingoid.com

Putih telur kaya akan albumin yang bisa meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit. Dengan tambahan madu, kombinasi ini akan menghasilkan adonan masker yang mengencangkan dan menyegarkan kulit wajah. Jadi, nggak perlu beli produk masker wajah branded yang harganya selangit, kan?

6. Dibanding jenis lip balm lain, petroleum jeli lebih ampuh merawat bibir yang kering, hitam dan pecah-pecah

petroleum jeli untuk lip balm via www.medicalnewstoday.com

Karena mengandung bahan pelembap yang tinggi, petroleum jeli bisa kamu jadikan pengganti lip balm. Oleskan pada bibir untuk perawatan bibir kering dan pecah-pecah. Sebagai eksfoliate, campurkan petroleum jeli dengan garam dapur, aduk rata dan gosokkan perlahan  pada bibir untuk mengelupas kulit mati. Lakukan seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, beberapa alternatif produk baik kimia maupun alami di atas bisa kamu jadikan cadangan senjata sewaktu-waktu skincare-mu habis. Syukur-syukur cocok sih, jadi nggak perlu keluar kocek banyak untuk tetap merawat kulit wajahmu tanpa beli skincare yang mahal-mahal. Meski begitu, tetap waspadai jika kamu punya kulit wajah yang sensitif ya, takutnya malah iritasi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya