9 Trik Memilih Sofa Ruang Tamu untuk Rumah Sempit. Sofa Pastel Bentuk Memanjang Adalah Kunci

Sofa ruang tamu

Sebagai perabot yang digunakan untuk menjamu tamu, tentu penting memilih kursi atau sofa yang nyaman digunakan. Namun, kadang  kehadiran sofa ruang tamu justru dianggap mempersempit ruangan dan bikin sumpek. Terutama di ruang tamu yang berukuran kecil. Padahal selama pemilihan ukurannya tepat dan sesuai, sofa tak akan membuat ruang tamu kecil jadi terkesan penuh. Memilih sofa memang nggak bisa sembarangan. Selain jadi tempat duduk, sofa juga bisa dimanfaatkan untuk mendekorasi ruang mengingat bentuk dan desainnya yang variatif.

Advertisement

Sebenarnya, ruang tamu kecil bisa dibuat dengan konsep lesehan agak kelihatan luas, tapi hal ini justru sering dianggap kurang sopan dan malah merepotkanmu saat membersihkan karpet atau alas duduknya nanti. Untuk meminimalisir hal tersebut, mending gunakan sofa ruang tamu kecil yang minimalis saja. Simak tips sederhana memilih sofa ruang tamu minimalis untuk rumah kecil berikut.

1. Ukur ruang tamu dengan cermat agar lebih mudah menentukan ukuran sofa yang sesuai

ukuran ruang tamu via www.casaindonesia.com

Selain pengukuran sepintas dengan melihat kotak plafon maupun keramik lantai, ukur juga ruang tamu memakai materan. Tak cuma mempertimbangkan peletakan sofa, tapi pikirkan juga penataan dekorasi lainnya. Mestinya, besar sofa ruang tamu kecil nggak lebih dari 30 persen luas ruangan. Apalagi jika ruang tamunya dibuat dengan model sekat dan digabungkan dengan ruang keluarga. Tapi, meski ukuran sofanya nanti nggak begitu besar, kamu tetap bisa menggunakan sofa ruang tamu modern dengan desain kekinian untuk dekorasinya.

2. Pilihlah sofa berwarna pastel atau netral agar lebih mudah dipadukan dengan dekorasi ruang tamu yang lain

warna netral atau pastel via nl.pinterest.com

Selain warna cat dinding, ternyata warna sofa juga memengaruhi kesenjangan ruang tamu. Pilihlah sofa berwarna pastel atau netral seperti putih, krem, maupun abu-abu untuk menciptakan kesan ruang tamu yang lega dan lebih hangat. Jika kesulitan menentukan warna sofa yang sesuai, cek kembali cat dinding ruang tamu dan pilihlah sofa ruang tamu minimalis yang warnanya berbeda agak tak terkesan monoton.

Advertisement

3. Sofa bermotif dapat dijadikan focal point utama dalam ruang tamu, sehingga kamu tak perlu repot lagi memikirkan dekorasi lainnya

pakai sofa bermotif via www.ikea.co.id

Justru dengan memilih sofa bermotif, ruang tamu akan kelihatan lebih lega karena minim dekorasi lain. Pilihlah sofa motif berwarna terang untuk ditempatkan di sudut ruang tamumu. Aksen dari sofa ruang tamu ini dapat membuat suasana ruang terkesan lebih hidup dan nyaman ditempati. Baiknya hindari memilih sofa ruang tamu motif berwarna dasar gelap untuk menghindari kesan sumpek. Atau, jika tak suka sofa motif, bisa diganti dengan menambahkan bantal cushion pada dekorasinya nanti.

4. Jika ukuran ruang tamumu tak begitu besar, lebih baik pilih sofa memanjang atau L daripada berbentuk U apalagi bulat

sofa memanjang via id.pinterest.com

Sofa memanjang bisa ditempatkan di sudut ruang tamu, lalu letakkan meja kecil di depannya. Tapi jika ruang tamumu berkonsep open space dan mau memberi jarak dengan ruang keluarga, sofa bentuk L bisa jadi alternatif yang lebih tepat. Sofa ini mampu memberi kesan luas dan terbuka tanpa membatasi akses ruang meski bisa digunakan sebagai pemisah. Baiknya, hindari memilih sofa bulat atau melingkar karena memakan lebih banyak tempat.

5. Pertimbangkan untuk memilih sofa ruang tamu murah tanpa sandaran yang lebih fleksibel

tanpa sandaran samping via www.dekoruma.com

Selain bisa ditempatkan di mana saja, sofa tanpa sandaran juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sekat ruang. Ukurannya yang cenderung lebih kecil dibanding sofa lainnya akan mempermudah penataannya nanti. Bahkan, ketika kamu berniat melebarkan ruang tamu kelak, kursi sofa ruang tamu minimalis ini pun tetap bisa digunakan. Kalau mau lebih padat, bisa ditambah dengan sofa lain berukuran memanjang untuk menyelaraskan luasnya.

Advertisement

6. Sekalipun ukurannya kecil, kamu tetap perlu mempertimbangkan material rangka sofa ruang tamu yang akan dipilih

rangka kayu atau besi via id.pinterest.com

Ada dua alternatif rangka sofa ruang tamu kecil sederhana yang bisa dipilih, yakni dari material kayu solid dan besi. Tapi dibanding kayu, rangka besi tak memiliki banyak variasi model. Hindari memilih rangka sofa dari papan kayu partikel, polywood standar, dan density fiverboard karena nggak kokoh dan lebih gampang rusak.

7. Penting juga untuk menyelaraskan bentuk, ukuran, maupun warna sofa dengan dekorasi lainnya. Biar nggak bertabrakan dan kelihatan serasi

sesuaikan dengan dekorasi lain via id.pinterest.com

Jika kamu ingin ruang tamu kelihatan lebih minimalis, maka pilih sofa rangka kayu dengan warna putih dengan aksen garis-garis untuk mempercantik ruangannya. Tapi kalau mau konsep ruang tamu yang lebih tradisional, maka gunakan sofa ruang tamu elegan dengan model klasik berwarna pastel kalem agar lebih menyatu dengan ruangan.

8. Alternatif lainnya ialah dengan menggunakan sofa bed untuk ruang tamu kecilmu. Ringkas dan nggak makan banyak tempat~

pakai sofa bed via id.pinterest.com

Kebanyakan sofa bed digunakan pada ruang tamu berkonsep lesehan. Sofa bed nggak akan mengurangi tingkat kesopannya karena tetap ada alas duduk selain karpet yang bisa membuat tamu lebih nyaman. Tak cuma nyaman dan kelihatan lega saja, penggunaan sofa bed juga cenderung lebih fleksibel terutama jika ada tamu yang menginap. Daripada menyediakan kasur tambahan, sofa bed bisa dipanjangkan dan dipakai untuk tidur tamu. Kenyamanannya nggak kalah sama kasur ataupun spring bed.

9. Jangan ragu untuk mencoba sofa sebelum membelinya, meski yang kamu incar bukanlah sofa ruang tamu mewah 

coba dulu sebelum beli via www.yastroyu.ru

Daripada cuma melihat katalog produk sofa ruang tamu saja, mending minta izin ke penjual untuk mencoba mendudukinya. Pastikan bantalan serta pelapis sofanya terbuat dari bahan berkualitas agar lebih nyaman diduduki. Cobalah bersandar untuk mengecek kenyamanannya dan mengukur ketinggian serta besar sofa karena akan berpengaruh pada posisi kaki saat duduk nanti. Kalau semuanya oke, berarti sofa tersebut layak kalian beli.

Berikut beberapa desain sofa ruang tamu minimalis yang cocok ditempatkan pada ruang tamu kecilmu

1. Sofa dengan rangka kayu memang kerap ditempatkan pada ruang tamu kecil. Alih-alih menggunakan sofa berwarna cerah, mending pilih warna abu-abu seperti ini saja. Jika memungkinkan, tambahkan satu kursi kecil di sudut kiri sofa untuk menambah kapasitas duduknya atau bisa juga ditambahkan stool atau kursi bulat motif di sampingnya 

sofa dengan dua dudukan via id.pinterest.com

2. Meletakkan sofa tanpa sandaran berwarna cokelat seperti ini dapat membuat ruang tamu kecilmu kelihatan lebih lega. Untuk mempercantik tampilan sofanya, tambahkan bantal cushion serta selimut bulu di samping sofa agar tak terkesan kaku 

sofa berwarna cokelat via griya.koropak.co.id

3. Berkat rangka sofa yang unik, ruang tamu minimalis bisa kelihatan lebih estetis. Meski sofa memakai warna abu yang cenderung kalem, tapi tak terkesan monoton berkat tambahan cushion motif di dudukannya

sofa kayu yang unik via id.pinterest.com

4. Sofa ruang tamu terbaru 2020 seperti ini memang tengah banyak diminati. Terutama bagi mereka yang menggabungkan ruang tamu dengan keluarga. Karena lebih padat, sofa ini nyaman dipakai duduk ataupun rebahan sambil menonton televisi

sofa yang nyaman via id.pinterest.com

Harga sofa ruang tamu minimalis kebanyakan memang lebih mahal, apalagi jika kamu custom model. Makanya, karena uang yang dikeluarkan lebih banyak, usahakan untuk memilih sofa ruang tamu yang benar-benar sesuai dengan luas serta desain ruangannya. Biar nggak mubazir, pilihlah sofa yang cenderung fleksibel untuk ditempatkan di mana pun. Jadi, kalau sewaktu-waktu bosan, sofa bisa dipindahkan ke ruang tengah dan tetap akan berguna.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE