Bagi banyak orang, buang air besar atau BAB adalah “ritual” pagi yang haram untuk dilewatkan. Sayangnya, rutinitas di pagi hari ini seringkali terganggu karena berbagai alasan. Konsumsi nutrisi yang gak seimbang, diet yang keliru, gaya hidup tak sehat, hingga stres pun bisa jadi penyebabnya.

Padahal jika “ritual” pagi ini gak terpenuhi, perutmu akan terasa gak nyaman. Akibatnya, aktivitasmu selama seharian juga bisa terganggu. Yang pasti, obat pencahar bukan solusi yang disarankan. Selain efek melilit yang ditimbulkan, efek samping obat ini juga dapat membahayakan hati dan ginjalmu.

Advertisement

Lalu apa sih solusi buat mencegah dan mengatasi konstipasi? Gimana caranya supaya ritual buang air besar setiap pagi bisa terpenuhi? Yuk, simak tips-tips dari Hipwee berikut ini!

1. Konsumsi serat dan air adalah resep utama. Pastikan tubuhmu tak kekurangan keduanya, ya!

minum air putih, makan serat

minum air putih, makan serat via www.teame.co

Menurut riset dari The Institute of Medicine, pria membutuhkan asupan serat sebanyak 38 gram setiap harinya, sedangkan wanita cukup 25 gram saja. Namun, kebutuhan akan serat ini seringkali gak terpenuhi dan malah cenderung diabaikan.

Sederhana saja, kebutuhan serat dalam tubuh sebenarnya bisa terpenuhi jika kamu gak malas mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Selain itu, serat akan bekerja lebih baik dalam tubuh jika dikombinasikan dengan konsumsi air yang cukup pula. Jadi, pastikan kamu gak lupa untuk meneguk 8 sampai 10 gelas air putih per hari.

2. Punya rasa segar sekaligus harganya yang murah meriah, buah jeruk bisa jadi pilihan solusi untuk mencegah konstipasi.

buah jeruk pas jadi pilihanmu

buah jeruk pas jadi pilihanmu via www.tumblr.com

Advertisement

Salah satu jenis buah yang wajib kamu konsumsi demi melancarkan pencernaan adalah jeruk. Menikmati buah jeruk secara langsung juga lebih disarankan daripada membuatnya jadi minuman jus lho. Pasalnya, buah jeruk asli punya kandungan serat 2 gram lebih banyak daripada jus jeruk. Sebuah penelitian di tahun 2008 juga menjelaskan tentang naringenin, yaitu senyawa-senyawa dalam buah jeruk yang memiliki efek sebagai pencahar.

3. Dari sekian banyak jenis sayuran, yang bisa kamu andalkan untuk memperlancar pencernaan adalah bayam!

banyakin makan bayam

banyakin makan bayam via 4guineapigs1house.tumblr.com

Dalam semangkuk bayam rebus, terdapat kandungan serat sebanyak 4 gram. Selain itu, terkandung pula kurang lebih dari 150 gram magnesium yang juga dibutuhkan tubuh. Magnesium adalah salah satu jenis mineral yang memiliki efek pencahar sehingga mengkonsumsinya berarti memperlancar pencernaanmu setiap harinya.

4. Selain jeruk dan bayam, yogurt dengan kandungan probiotik-nya juga dapat memperlancar “rutinitas” pagimu.

konsumsi yogurt

konsumsi yogurt via kpopselca.com

Buang air besar yang gak lancar umumnya disebabkan karena cairan dalam tubuh mengering. Akibatnya, kemampuan usus besar untuk berkontraksi pun menjadi semakin lemah. Jika terus-menerus dibiarkan, berbagai penyakit salah satunya ambeien bisa jadi ancaman.

Itulah alasannya mengapa sangat disarankan untuk mengkonsumsi yogurt secara rutin. Pasalnya, yogurt mengandung probiotik yang merupakan mikroorganisme hidup yang mampu menjaga keseimbangan pencernaan dalam tubuh.

5. Penyebab sembelit bisa bermacam-macam. Salah satunya ketika kamu menjalani diet hingga tubuh kekurangan karbohidrat.

penuhi asupan karbohidratmu

penuhi asupan karbohidratmu via www.moretohealthy.com

Diet ternyata juga bisa jadi penyebab sembelit yang kamu alami, khususnya ketika kamu melakoni diet karbohidrat. Banyak mengkonsumsi serat dan protein memang baik, tapi mengabaikan asupan karbohidrat justru akan berbahaya bagi pencernaanmu. Bagaimana pun, sebaik-baik diet dan usaha menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi semua jenis nutrisi secara seimbang.

6. Meski punya kandungan zat pencahar, minum kopi secara berlebihan juga bakal mengacaukan sistem pencernaanmu lho!

kurangi konsumsi kopi

kurangi konsumsi kopi via theheartysoul.com

Bagi para penggemar kopi, minum secangkir kopi di pagi hari adalah rutinitas wajib. Kandungan kafein di dalam kopi akan bekerja secara alami menstimulasi kerja otak dan tubuhmu sehingga kamu akan merasa lebih bersemangat setelah menenggaknya. Selain itu, kopi juga memiliki efek pencahar bagi sebagai orang. Tak jarang, minum kopi dijadikan solusi untuk mengatasi masalah sembelit ini.

Namun, segala yang sifatnya berlebihan pastilah gak membawa efek baik bagi tubuhmu. Konsumsi kopi di pagi hari memang bisa menstimulasi kontraksi pada organ pencernaan. Tapi jika terlalu berlebihan, justru kamu akan mengalami diare dan harus bolak-balik ke toilet.

7. Rutin minum susu memang baik bagi tubuhmu, tapi sebaiknya pilih produk susu yang “ramah” dengan perutmu.

konsumsi susu kedelai

konsumsi susu kedelai via www.playbuzz.com

Beberapa produk susu ternyata ternyata bisa membuatmu mengalami konstipasi atau BAB tidak lancar. Pasalnya, susu yang memang tinggi kalsium akan memberatkan kerja pencernaan di area ginjal. Jika kamu gemar mengkonsumsi susu, cobalah untuk sesekali menggantinya dengan susu kedelai yang kandungan kalsiumnya tidak terlalu tinggi.

8. Gak cuma soal makanan, sembelit juga disebabkan gaya hidupmu yang gak seimbang. Supaya “ritual” pagimu tetap lancar, jangan kebanyakan begadang!

jangan kebanyakan begadang

jangan kebanyakan begadang via fkathy39.tumblr.com

Selain faktor makanan, pencernaan yang gak lancar ternyata juga disebabkan karena gaya hidup yang gak seimbang. Salah satunya adalah kebiasaan begadang yang membuat waktu tidurmu kurang. Saat kurang tidur, proses detoksifikasi tubuh di malam hari tentu akan terhambat, akibatnya di pagi harinya kamu gak bisa menuntaskan “ritual” pagimu.

Meski terdengar sepele, masalah “ritual” pagi ini sebenarnya sangat penting lho. Bisa rutin buang air besar setiap pagi menandakan kamu punya pencernaan dan kondisi kesehatan yang baik. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya