Resep Susu Goreng Crispy yang Renyah nan Lezat. Sudah Pernah Coba?

Ternyata, susu tak harus selalu dikonsumsi dengan cara diminum. Ada cara lain untuk menyantap susu, yaitu dengan menjadikannya susu goreng

Advertisement

Faktanya, camilan yang satu ini mengambil inspirasi dari kudapan ala Taiwan. Namun, ia baru cukup populer di Indonesia sekitar tahun 2012.

Nah, kali ini mari bahas lebih lanjut mengenai proses pembuatan susu goreng crispy, salah satu varian susu goreng yang cukup digemari masyarakat. Katanya, teksturnya kriuk di luar tapi lembut di dalam, lo!

Resep Susu Goreng Crispy

susu goreng

resep susu goreng crispy via cookpad

Sebelum mulai mengolah susu menjadi susu goreng simple nan lezat, kamu wajib mengetahui apa saja yang perlu disediakan sekaligus langkah pembuatannya. Simak selengkapnya.

Advertisement

Bahan Penting

Ini dia sederet bahan yang perlu kamu sediakan sebelum mulai memasak:

Bahan Inti

Advertisement
  • 600 ml susu cair UHT 
  • 100 gram gula pasir
  • 120 gram tepung maizena
  • 2 sdt ekstrak vanila
  • 120 ml air
  • Bubuk kayu manis secukupnya

Bahan Celupan

  • 220 ml air dingin
  • 160 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdt gula
  • 40 gram tepung maizena
  • 2 sdm minyak sayur

Cara Pembuatan

Apabila telah selesai menyiapkan semua bahan, segera laksanakan langkah berikut:

  1. Taruh tepung maizena sekaligus air di dalam wadah lalu aduk terus sampai tak ada gumpalan pada teksturnya.
  2. Persiapkan panci dan tambahkan gula pasir sekaligus susu cair ke dalamnya. Selanjutnya, hidupkan kompor dan biarkan gula larut bersama susu dalam panasnya api kecil.
  3. Ketika gula dan susu telah larut, tambahkan campuran air dan tepung maizena ke panci tersebut. Setelahnya, aduk memakai whisk sampai teksturnya menjadi kental. Jangan lupa untuk terus mengaduknya, ya, agar bagian bawahnya tak jadi gosong!
  4. Apabila adonan telah mendidih, angkat dan berikan ekstrak vanila ke dalamnya dan aduk sekali lagi sampai tercampur rata.
  5. Selanjutnya, ratakan permukaan adonan lalu tutup wadah tersebut. Nah, inilah saatnya untuk menyimpannya di freezer sampai mengeras. Durasi yang dibutuhkan kira-kira 2-3 jam.
  6. Sembari menunggu adonan mengeras, siapkan bagian kulit crispy-nya. Pertama, campurkan gula, terigu, sekaligus baking powder di dalam mangkuk lalu tuang air dingin.
  7. Setelah itu, aduk rata lalu tambahkan minyak sayur dan aduk sekali lagi.
  8. Selanjutnya, siapkan talenan dan lapisi talenan tersebut dengan plastic wrap. Setelahnya, taburkan terigu ke atasnya. 
  9. Lalu, keluarkan adonan dari freezer dan mulai potong sesuai ukuran yang kamu inginkan.
  10. Apabila telah terpotong seluruhnya, lapisi permukaan masing-masing potongan dengan maizena. Setelahnya, masukkan adonan tersebut ke dalam adonan kulit crispy. Ulangi step ini hingga tuntas.
  11. Terakhir, goreng adonan di minyak panas sampai menjadi kecoklatan. Ulangi step ini hingga tuntas.
  12. Hidangkan kudapan di atas piring saji.

Mudah sekali, bukan? Cara ini benar-benar memberikan sensasi baru untuk menikmati olahan susu. Tentu saja, susu goreng bisa untuk kamu konsumsi bersama rekan maupun keluarga. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE