Siapa sih nggak ingin memiliki wajah yang bersih, mulus bebas jerawat? Apalagi kalau bisa sekinclong dan sebening kulit para bintang Korea yang seolah tanpa pori itu. Duh, seandainya bisa, segala cara pun bakal rela dilakukan asal bisa punya kulit bebas noda dan bruntusan yang bikin bete itu!

Sayangnya, nggak semua orang dianugerahi wajah dengan kulit mulus bebas masalah.

Advertisement

Sekalinya lepas dari masalah jerawat, sisa-sisa bekasnya siap menghadang seolah tak rela untuk hengkang begitu saja. Mending kalau bekasnya cuma sekadar hitam-hitam doang, yang bisa memudar seminggu-dua minggu kemudian. Sedihnya kalau bekas jerawat itu sampai meninggalkan bopeng yang bikin kulit jadi bergelombang. Eits, jangan sedih dulu, Gengs! Ada kok beberapa trik yang bisa dilakukan, salah satunya dengan memastikan salah satu atau dua kandungan berikut ini ada dalam produk skincare kamu!

1. Retinol merupakan salah satu kandungan yang dianggap paling ampuh memerangi bekas-bekas jerawat. Pastikan cara dan dosis pemakaiannya nggak berlebihan ya!

Kulit bisa mulus lagi kok via www.blibli.com

Retinol atau retinoid merupakan derivatif dari vitamin A yang efektif bekerja untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Retinol cukup banyak ditemukan dalam berbagai produk skincare anti penuaan yang juga ampuh menangani masalah bekas jerawat. Kandungan retinol dalam produk perawatan dapat membantu meningkatkan elemen pembentuk struktur kulit. Pori-poripun bisa jadi lebih kecil dan bersih. Kalau kandungan produk ini cocok denganmu, retinol juga bisa bantu mencerahkan dan meratakan warna kulit lho. Yang penting diingat, pemakaian retinol nggak boleh berlebihan, nggak di masa kehamilan dan harus dibarengi penggunaan sunblock di pagi dan siang hari.

2. AHA dalam sejumlah bentuk seperti glycolic acidlactic acidmalic acidmandelic acid, dan citric acid bisa kamu andalkan dalam produk perawatan kulit, asal telaten pemakaiannya

Rajin dan telaten sampai terlihat hasilnya via www.cleo.com.sg

Kamu bisa menggunakan AHA untuk produk perawatan kulitmu, misalnya dalam bentuk serum atau produk eksfoliator. AHA relatif lebih aman, terlebih kalau penggunaannya nggak berlebihan. Nah, kandungan AHA bisa bantu atas masalah bekas jerawat karena kandungan ini bisa bantu meluruhkan sel-sel kulit mati, meningkatkan ketebalan kulit, memperbaiki tingkat kolagen, dan menjaga kelembapan kulit. Oya, AHA akan bekerja lebih baik jika konsentrat dalam produknya berkisar 5 – 10% jadi jika memungkinkan cek kandungannya dalam produk skincare kamu ya.

3. Kamu pun bisa mencoba produk-produk yang mengandung vitamin C untuk cerahkan kulit sehingga noda bekas jerawat dapat perlahan memudar

Hati-hati buat yang alergi ya, Guys via www.leaf.tv

Advertisement

Ascorbic acid atau vitamin C yang bisa ditemukan dalam sejumlah produk pencerah kulit dapat kamu coba untuk mencerahkan, mengurangi inflamasi dan meratakan warna kulit yang nggak merata. Kamu bisa coba gunakan face mist atau serum yang mengandung bahan ini~

4. Kandungan niacinamide atau B3 bisa bantu membuat wajah kemerahan jadi lebih kalem. Noda bekas jerawat bisa dipudarkan dengan kandungan ini

Pakai serum niacinamide via lumeskin.com

Kandungan ini juga bisa bantu mencerahkan dan meratakan warna kulit pasca serangan jerawat yang menyebalkan. Kini kamu bisa menemukan banyak toner dan serum yang mengandung bahan niacinamide dengan mudah. Bahan ini juga cukup lembut sehingga aman untuk hampir segala jenis kulit. Plusnya, bahan ini juga ampuh menghaluskan dan menguatkan kulit lho!

5. Salicylic Acid atau juga dikenal sebagai BHA tak hanya ampuh untuk perangi jerawat, tapi juga jago atasi masalah bekas jerawat kamu

Salicylic acid untuk atasi masalah kulitmu via www.fashionlady.in

Selain ampuh memerangi jerawat, kandungan salicylic acid yang juga dikenal sebagai BHA mampu mengurangi bekas-bekas seperti noda atau bopeng yang mengganggu. Dengan catatan, bopengnya ringan ya, bukan bopeng berat yang butuh penanganan khusus dari dokter. Kandungan ini dapat bantu mencegah peradangan kulit, mengatasi masalah pori dan komedo serta mengatasi problem kulit dengan minyak berlebih.  Nah, kandungan BHA akan bekerja lebih efektif jika konsentratnya berkisar 1 – 4%, jadi jeli-jelilah mengecek ya!

6. Rosehip oil bisa kamu dapatkan dalam sejumlah serum atau berupa konsentrat murni. Selain atasi bekas jerawat, kandungan ini juga bisa bantu atasi penuaan dini

Rose hip oil juga salah satu produk perawatan andalan Miranda Kerr lho! via www.ideahacks.com

Terakhir, kamu bisa mencoba produk dengan bahan rosehip oil yang bisa menenangkan dan memperbaiki kulit yang rusak. Kandungan ini juga efektif mengencangkan kulit dan membantu memudarkan noda-noda bekas jerawat yang membandel lho!

Ingat, selama proses perawatan kulit, kesabaran dan ketelatenan adalah kunci utama. Kalau sudah cocok dengan satu produk pun, usahakanlah untuk nggak mudah tergoda untuk coba-coba yang lain dulu. Untuk bekas noda jerawat yang dalam, sulit dan super bandel memang kadang agak susah untuk dihilangkan dengan produk biasa, melainkan harus treatment khusus di dermatolog yang handal di bidangnya. Yang penting semangat terus ya, karena kecantikan nggak semata diukur dan noda-noda artistik di wajah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya