Berkendara dengan sepeda motor sudah menjadi aktivitas harian bagi sebagian besar orang. Selain diwajibkan pakai helm, mengenakan jaket sebagai perlindungan juga penting. Sayangnya, nggak sedikit orang yang mengabaikan penggunaan jaket saat naik motor. Alasannya gerah, tujuannya dekat, risi, atau pun nggak terbiasa. Padahal dampaknya ngaruh banget ke kesehatan.

Biar kamu lebih perhatian lagi ke tubuhmu, pahami pentingnya pakai jaket saat naik motor yang sudah Hipwee Tips himpun berikut ini. Jadi bukan cuma biar kulitmu nggak hitam aja lo, ya!

1. Mengenakan jaket saat naik motor akan menjaga suhu tubuh tetap stabil

menjaga suhu tubuh via otomotif.kompas.com

Advertisement

Pakai jaket itu diperlukan baik saat suhu di luar sedang panas atau pun dingin. Sebab berkendara tanpa memakai jaket juga bikin suhu tubuh cenderung jadi nggak stabil. Suhu normal tubuh berkisar antara 35 hingga 36 derajat Celcius. Dengan memakai jaket, maka suhu tubuhmu akan terus terkontrol supaya tetap hangat dan pada angka normal. Maka penting untuk memilih bahan jaket yang disesuaikan dengan cuacanya.

2. Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, memakai jaket juga melindungi tubuh dari polusi

menghindari polusi via tirto.id

Udara dan debu kotor jalanan juga menyebabkan kulit jadi iritasi dan cepat kusam, bahkan berisiko terkena kanker kulit akibat paparan udara dan gas buang kendaraan bermotor yang berbahaya. Nah, itulah kenapa penting mengenakan jaket saat mengendarai motor untuk menahan debu dan kotoran yang bertebaran di jalanan agar nggak sampai menyentuh kulit.

3. Mengenakan jaket saat naik motor juga melindungi tubuh terutama dada dari terpaan angin yang kuat dan dingin

melindungi tubuh dari terpaan angin via www.blibli.com

Jika kamu nggak pakai jaket saat berkendara, maka angin akan secara langsung menerpa dada dan membuat suhu area tersebut menurun yang membuat darah akan lebih banyak tersuplai ke area dada sebagai cara untuk menyeimbangkan suhunya. Masalahnya, hal ini bisa memicu penumpukan cairan pada paru-paru yang bisa berimbas menjadi infeksi saluran pernafasan. Kalau cuma masuk angin saja, masih bisa santai lah ya~

4. Mengurangi potensi terkena penyakit serius karena gangguan pernapasan. Hih, kamu nggak mau, kan?

terhindar dari penyakit pernapasan via debsdiscoveridea.wordpress.com

Advertisement

Beberapa jenis penyakit saluran pernapasan yang bisa menyerang kamu-kamu yang jarang pakai jaket saat berkendara adalah paru-paru basah, TBC, ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut, bronkitis, atau bahkan kanker. Nah, kalau kamu mengalami batuk yang berlanjut terus menerus, bisa jadi ini adalah salah satu penyebab dari beberapa penyakit saluran pernapasan tersebut. Hati-hati lo, ya!

5. Jaket juga mampu menjaga dan melindungi tubuh ketika terjadi kecelakaan

jaga-jaga kalau kecelakaan via hadiyantablog.com

Ketika terjatuh atau terjadi kecelakaan, jaket akan melindungi bagian tubuh tertentu yang berpotensi terkena benturan sehingga akan menghindari terjadinya luka yang serius. Untuk fungsi ini, tentu dibutuhkan jaket berkualitas yang mampu menahan goresan, gesekan, dan tekanan dari benda tajam. Namun terlepas dari apa pun bahan maupun kualitas jaketnya, seenggaknya tubuh nggak akan langsung terbentur benda keras saat terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Memang, sebelum mengendarai sepeda motor, tubuh akan terasa sangat panas dan gerah saat memakai jaket. Namun, saat berkendara kamu nggak akan merasa gerah lagi dan justru terlindungi dari paparan angin dan polusi jalanan. Dari ulasan di atas, mestinya kamu semakin paham betapa pentingnya fungsi jaket bagi keamanan, kenyamanan, serta kesehatan pada saat mengendarai motor, apalagi dengan jarak tempuh yang jauh. Jadi, sayangi tubuhmu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya