7 Tanaman Balkon Tahan Panas ini Nggak Bikin Rumahmu Kelihatan Gersang

Tanaman balkon

Membiarkan balkonmu kosong dan gersang tentu akan sangat membosankan. Padahal, kamu bisa menjadikan balkon rumah atau apartemenmu menjadi area bersantai yang seru, lo. Kamu bisa menikmati pemandangan dari atas rumah sambil bekerja atau bercengkrama dengan keluarga. Tapi, kamu tentu perlu membuatnya menjadi lebih asri dengan tanaman balkon rumah agar suasana tidak terlalu panas.

Advertisement

Ada beberapa tanaman outdoor yang cocok kalian pilih untuk ditanam di balkon. Kalian bisa memilih untuk menanamnya menggunakan pot-pot kecil atau membuatnya menjadi tanaman vertikal di balkon atas rumah. Berikut beberapa tanaman yang bisa kalian pilih.

1. Tanaman bambu bisa menutupi balkonmu yang terlalu dekat dengan balkon tetangga. Bisa jaga privasimu nih~

Tanaman bambu | Credit: Hippopx

Tanaman bambu mempunyai beberapa jenis yang berbeda. Jika kamu merasa ingin menutupi balkon yang terlalu dekat dengan balkon tetangga, tanaman bambu dalam pot lah yang cocok kamu letakkan di sana. Tidak harus di tanah, tanaman bambu bisa tumbuh rimbun meskipun ditanam di dalam pot. Untuk merawatnya, kamu hanya perlu memberikan air yang cukup. Mudah bukan?

2. Tahan dengan cuaca panas, sukulen bisa diletakkan di balkon rumah. Kamu cukup menyiraminya 1-2 kali sebulan!

Tanaman sukulen | Credit: Piqsels

Salah satu tanaman balkon yang bisa tahan panas adalah sukulen. Tanaman hias yang satu ini mudah dirawat dan cocok dengan cuaca panas, sehingga cocok dijadikan tanaman balkon apartemen atau rumahmu. Karena sifatnya yang tahan panas, kamu hanya cukup menyiraminya 1-2 kali saja setiap bulan atau saat tanahnya mengering. Jika keseringan, sukulen justru akan membusuk dan mati. Jadi, saat cuaca hujan jangan lupa membawa tanaman ini ke dalam rumah, ya!

Advertisement

3. Bosan dengan tanaman yang hijau? Lavender ternyata tahan dengan cuaca kering di balkon. Perawatannya nggak rumit kok

Tanaman lavender | Photo by Hans via Pixabay

Lavender merupakan satu tanaman yang tahan dengan cuaca yang kering. Maka dari itu, lavender bisa diletakkan di balkon rumahmu. Selain bentuknya yang cantik, tanaman ini juga berbau harum dan menenangkan. Perawatan tanaman hias ini hanya dengan mengalirkan air di pot dan memberinya sinar matahari yang cukup.

4. Geranium punya variasi warna yang bisa memanjakan mata sambil bersantai di balkon. Jangan lupa dipangkas ya!

Tanaman geranium | Photo by begonvilliev via Pixabay

Tanaman bunga yang bisa tahan dengan cuaca panas, salah satunya adalah geranium ini. Tanaman ini cocok menjadi hiasan bunga untuk balkon karena warnanya yang bervariasi, ada oranye, ungu, dan juga merah muda. Perawatan yang diperlukan untuk menjaga geranium tetap hidup adalah dengan rutin memangkas bunga yang layu saja karena pada dasarnya tanaman ini sudah menyukai sinar matahari.

5. Sansevieria atau lidah mertua bisa menyaring udara di sekitar balkon rumahmu. Nggak mudah mati juga lo

Tanaman lidah mertua | Photo by KatiaMaglogianni via Pixabay

Sansiviera cocok dijadikan tanaman di balkon apartemen karena mudah tumbuh di semua jenis tanah. Meskipun bisa diletakkan di dalam ruangan, tetapi tanaman yang sering disebut lidah mertua ini bisa diletakkan di balkon rumah kalian. Selain bisa tumbuh di semua jenis tanah, tanaman ini bisa hidup dengan cahaya matahari terang dan dengan sedikit air. Lidah mertua juga tidak mudah mati, tanaman ini justru bisa membuat balkonmu lebih segar karena bersifat menyaring polutan udara.

Advertisement

6. Sirih Gading, selain punya corak yang cantik, juga bisa diletakkan di pot biasa atau pot gantung. Menarik!

Tanaman sirih gading | Credit: Joydeep via Wikimedia

Tanaman hias daun sirih gading mempunyai corak dan bentuk yang cantik untuk diletakkan di balkon rumahmu. Sirih gading juga bisa tahan terhadap matahari lo, jadi aman diletakkan di balkon yang terkena sinar matahari langsung. Kamu bisa meletakkannya di pot biasa atau pot gantung sesuai dengan keinginanmu.

7. English Ivy bisa merambat di pagar balkon rumahmu. Kalau dipenuhi ini balkonmu bakal auto-adem nih~

Tanaman english ivy | Credit: dimitrisvetsikas1969 via Pixabay

Kalau kamu ingin membuat balkonmu hijau dengan dedaunan yang merambat, tanaman ini bisa kamu pilih. English ivy bisa menjadi tanaman untuk balkon rumah karena selain tumbuhnya yang merambat, tanaman ini juga bisa membersihkan udara. Perawatan english ivy ini juga cukup mudah dengan cara memangkas daunnya secara teratur.

Itu dia tanaman yang cocok kamu letakkan di balkon apartemen atau rumahmu. Namun perlu diperhatikan kalau merawat tanaman di balkon memerlukan penyiraman yang lebih rumit dari biasanya. Untuk menyiasatinya, kamu bisa meletakkan piring dengan lapisan kerikil dan pastikan pot memiliki lubang di bawahnya. Kamu juga bisa menyiraminya dengan air wastafel yang ada di dekat balkon rumahmu. Kalau sudah begitu, balkon pun tetap bersih dari air dan tanah yang berceceran. Gampang, bukan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE