11 Varietas Tanaman Hias Daun yang Warnanya Nggak Hijau Melulu. Jelas Bikin Cantik Rumahmu!

Tanaman hias daun

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mempercantik rumah ialah dengan meletakkan tanaman hias di dalam maupun luar ruangan. Selain tanaman bunga, sekarang  juga sedang tren tanaman hias yang berbentuk dedaunan. Tanaman hias daun adalah tanaman hias tak berbunga yang memiliki variasi daun dan warna yang beragam. Mengenali tanaman hias daun dan ciri-cirinya nggak sulit kok. Biasanya dari tampilan luar, daunnya pun sudah kelihatan. Tapi kalau ragu, silakan tanyakan ke penjual tanaman hias langsung.

Advertisement

Perlu diketahui, merawat tanaman hias daun ini lebih mudah ketimbang yang bunga lo! Sebab kamu tak perlu menggunakan media tanaman khusus untuk membuatnya tumbuh subur. Kunci perawatannya ada pada pasokan air serta cahaya matahari yang cukup. Pastikan juga tanaman tak dihinggapi ulat atau hama lain supaya daunnya nggak gampang kuning.

Jika kamu berniat ingin merawat tanaman hias daun di rumah, berikut beberapa varietas yang bisa dijadikan pilihan.  Ada tanaman hias daun indoor dan tanaman hias daun outdoor juga lo!

1. Kalian yang lagi cari tanaman hias daun lebar bisa coba menanam atau merawat Gelombang Cinta

Gelombang Cinta yang dulu pernah hits via thegorbalsla.com

Meski sekarang Gelombang Cinta tak sepopuler dulu, tanaman hias daun ini tetap banyak peminatnya. Berkat daunnya yang lebar, Gelombang Cinta sering ditempatkan di sudut ruang tamu atau teras depan rumah untuk mempercantik tampilan ruangan. Dalam sehari, Gelombang Cinta mesti disemprot dengan air sebanyak dua kali supaya daunnya nggak menguning dan kotor.

2. Berkat bentuk daunnya yang unik, Lidah Mertua banyak diburu para pecinta tanaman

Lidah Mertua yang daunnya tebal via www.dekoruma.com

Beda dengan tanaman hias daun lainnya, Lidah Mertua punya daun yang cukup tebal dan memanjang ke atas. Biasanya sih di pinggir daun ada aksen warna kuningnya. Selain mempercantik ruangan, tanaman hias ini juga dapat mengurangi polusi udara di dalam rumah. Makanya, tak perlu jika ada rumah yang menaruh Lidah Mertua di ruang tamu maupun kamar tidur.

3. Buatmu yang lagi cari tanaman hias gantung, Sirih Gading ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat

Sirih Gading ditaruh di pot gantung via www.bukalapak.com

Tanaman hias daun putih hijau ini punya struktur batang daun yang memanjang dan menjuntai ke bawah. Jadi, bakal cocok kalau ditaruh dalam pot dan digantung di depan teras rumah. Warna daunnya yang cerah bikin suasana rumah terasa lebih segar. Agar lebih rimbun, lakukan perawatan sederhana dengan membersihkan dan menyiram tanaman dua hari sekali secara rutin.

4. Kepopuleran Monstera tak perlu dipertanyaakan lagi. Saking hits-nya, sampai-sampai ada yang jual Monstera seharga 2 juta!

Monstera yang lagi hits via verdetribe.com

Ya, karena daunnya bisa membelah dan membentuk lubang cantik setelah tumbuh, Monstera kerap jadi pilihan dekorasi untuk rumah maupun kafe modern masa kini. Ada banyak jenis Monstera yang dijual di pasaran, seperti Obligua, Adansonii, dan Karstenianum. Umumnya, harga jual Monstera dihitung per lembar daun. Jadi, makin banyak daun, makin mahal harganya.

Advertisement

5. Kalau ditaruh di ruang tamu, tanaman hias daun Aglaonema pasti bakal tumbuh lebih subur

Aglaonema atau Sri Rejeki via artikel.rumah123.com

Tanaman ini tak bisa hidup di bawah sinar matahari. Ia menyukai tempat lembap dalam rumah yang tak begitu panas tapi tetap ada cahaya matahari tipis-tipis. Konon katanya, tanaman Aglaonema atau biasa disebut Sri Rejeki ini bisa mendatangkan keberuntungan penghuni rumah lo!

Beda dengan yang lainnya, Aglaonema sering disebut sebagai tanaman hias daun merah hijau karena memang warna daunnya berubah kemerahan setelah lama dirawat.

6. Gradasi warna daun Puring ini cukup cantik. Bisa kehijauan atau bahkan kemerahan serta kekuningan juga

tanaman hias Puring via www.dekoruma.com

Karena gradasi warna tersebutlah, Puring sering dijadikan alternatif pilihan untuk menghias ruangan dalam rumah. Selain warnanya, bentuk daun Puring pun beragam. Bisa memanjang, oval, atau bahkan bergelombang. Di antara banyak jenis tanaman hias daun kuning, Puring Anting raja, Puring Arjuna, dan Puring Asmara Jingga ialah yang tercantik.

7. Philodendron sering dibilang sebagai Monstera versi murah karena bentuknya hampir mirip

Philodendron mirip Monstera via oscarliving.co.id

Bedanya dengan Monstera, tanaman hias ini bisa berdaun kehijauan maupun kekuningan. Umumnya, Philodendron akan diletakkan di sudut ruang tamu atau samping jendela kamar sebagai hiasan. Tapi baiknya, Philodendron diletakkan di tempat yang lembap dan teduh agar daunnya berwarna cerah dan tak berbintik.

8. Ternyata ada juga tanaman hias daun ungu, contohnya Nanas Kerang ini

Nanas Kerang daunnya ada dua warna via gramho.com

Tanaman ini hanya bisa tumbuh sampai 60 sentimeter saja, tapi bentuk daunnya tetap bisa lebar dan panjang. Setelah dirawat lama, permukaan daun yang kehijauan akan berubah jadi ungu terang. Makanya, dibanding dengan tanaman lain, Nanas Kerang ini cukup bisa bikin taman rumah kelihatan lebih berwarna. Di sisi lain, tanaman hias daun ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit lo! Misalnya saja batuk dan disentri.

9. Buatmu yang bosan dengan tanaman hias berwarna hijau, coba deh rawat Begonia saja

Begonia punya pola di permukaan daunnya via nl.pinterest.com

Beda dengan tanaman hias daun lainnya, Begonia juga dapat berbunga pada beberapa varietas tertentu. Daun Begonia ini pun cukup unik, selain warnanya yang kontras di permukaan daun juga terdapat pola simetris yang berbentuk. Sebagai alternatif, taruhlah tanaman hias daun merah jenis Begonia Rex di teras rumahmu agar kelihatan lebih eye cathing dan menarik.

10. Tempatkan Tanduk Rusa untuk menghias taman vertikal di teras rumahmu

Tanduk Rusa bisa ditaruh di kamar mandi via www.tokopedia.com

Mirip dengan Sirih Gading, daun Tanduk Rusa ini menjuntai ke bawah dan kelihatan menggantung. Jadi, bakal pas kalau digunakan untuk menghias vertical garden di rumahmu. Tak harus di depan rumah, tanaman hias daun ini juga bisa ditempatkan di area kamar mandi atau dapur lo! Untuk perawatannya, cukup siram dengan air minimal satu minggu sekali.

11. Biar ruang kerjamu makin nyaman, coba taruh tanaman hias daun Kalatea di mejanya

Kalatea untuk meja kerja via www.tokopedia.com

Selain di meja kerja, tanaman hias daun kecil ini juga dapat diletakkan di dekat jendela lo! Pastikan kamu menaruhnya di tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup agar tanaman bisa berkembang dan tumbuh tunas. Saat menyiram Kalatea, media tanam mesti benar-benar basah agar daun bisa tumbuh dan bertunas. Sesekali Kalatea juga mesti diberi pupuk supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Selain tanaman hias daun, kamu pun dapat menggunakan 20 jenis tanaman hias batang untuk mendekorasi rumahmu, seperti kaktus, bambu air, atau palem-paleman. Dibanding dengan tanaman bunga, tanaman hias daun ini jauh lebih populer. Apalagi varietasnya juga cukup banyak dan perawatannya pun terbilang cukup mudah. Jadi, tanaman hias daun mana yang menarik hatimu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE