Udah bukan remaja tanggung lagi, tapi jerawat di muka masih muncul sana-sini. Kesel nggak sih? Tenang, jerawat itu bukan kutukan. Kalau mau wajahmu bebas jerawat, berarti ada beberapa bagian gaya hidupmu yang perlu kamu sesuaikan.

Supaya jerawat nggak muncul di wajahmu lagi, praktikkan 6 tips di bawah ini! Semoga dengan begini, jerawat nggak akan berani mampir-mampir lagi!

1. Jangan protes soal jerawat kalau kamu malas membersihkan wajah. Jerawat hanyalah cara wajah balas dendam setelah kamu “mencekiknya” sehari-semalam

Advertisement

Apakah selama ini kamu masih malas membersihkan wajah? Kalau iya, jangan protes melihat 1-2 jerawat tiba-tiba muncul di wajahmu. Jerawat yang mengganggu itu hanyalah cara kulit wajahmu balas dendam setelah kamu membiarkannya tak bisa bernapas semalaman.

Untuk mencegah kulitmu balas dendam lagi, lakukanlah bersihkanlah wajahmu secara rutin sebelum tidur. Gunakan makeup remover untuk membersihkan makeup di sekitar mata, lalu facial cleanser untuk kulit wajahmu secara keseluruhan. Oleskan juga minyak zaitun supaya kulit wajahmu lembab dan tak mudah teriritasi. Kekeringan bisa menyebabkan iritasi pada wajah yang akhirnya memunculkan jerawat.

2. Mungkin kamu termasuk rajin membersihkan wajah. Tapi jangan lupa, stres juga bisa bikin jerawat jadi meriah

Dikurang-kurangin deh stresnya :|

Dikurang-kurangin deh stresnya 😐

“Selama ini aku sudah rajin kok membersihkan wajah tiap malam,” kamu membela diri. Tak hanya itu, area rambut juga selalu kamu bersihkan. Makanan yang kamu konsumsi pun masih bisa dibilang sehat. Terus, kok jerawat masih saja bermunculan di mana-mana?

Advertisement

Salah satu jawabannya adalah kadar stres yang tinggi. Jangan remehkan diagnosis ini. Ketika kamu stres, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dan ini bisa menyebabkan munculnya jerawat. Jadi jangan lupa: obat jerawat itu bukan hanya salep yang dijual di apotek saja. Tapi juga obat penenang diri supaya stres nggak terlalu tinggi lagi.

3. Tanganmu tak boleh menggerayangi kulit muka. Kalau tetap dibiarkan, jerawat akan muncul di mana-mana

Jangan sentuh wajah :/

Jangan sentuh wajah :/ via www.youtube.com

Klise sih, tapi ini saran yang berguna. Kalau mau mencegah jerawat, jangan biarkan jari tanganmu menyentuh kulit muka. Coba deh hitung-hitung: dalam satu jam, tanganmu pasti sudah menyentuh banyak barang, bukan? Jadi wajar kalau jari-jarinya dipenuhi bakteri. Bakteri ini, kalau pindah ke muka, bisa berkontribusi menyebarkan jerawat. Makanya, jangan lagi ya sembarangan membiarkan tanganmu menyentuh area wajah!

4. Anggaplah wajahmu seperti area suci. Tak boleh ada helai rambut yang menyentuhnya sama sekali

Pakai headband supaya rambutmu nggak menyentuh dahi

Pakai headband supaya rambutmu nggak menyentuh dahi via weheartit.com

Punya poni dan selama ini breakout jerawat di dahi? Bisa dipastikan jerawatmu muncul karena rambut poni yang kurang bersih. Mungkin juga, hair gel atau produk rambutmu yang lain juga memicu munculnya jerawat ini.

Untuk mencegahnya, pakailah bando atau bobby pin agar rambutmu tak menyentuh kulit wajahmu lagi. Kalau dibiarkan begitu saja, jerawatmu akan susah hilangnya!

5. Hal yang satu ini memang nggak menyebabkan jerawat — tapi bisa membuatnya makin gawat

Bisa bikin jerawat tambah gawat

Bisa bikin jerawat tambah gawat via www.grubbymoney.com

Tidak, apa yang kamu makan memang tidak bisa memunculkan jerawat begitu saja. Tapi kalau kulit wajahmu sudah berminyak, makanan berminyak bisa memicu timbulnya minyak berlebih pada wajahmu itu. Artinya, kemungkinan munculnya jerawat pun semakin tinggi. Jadi mulai sekarang, awasi apa yang kamu masukkan ke tubuhmu. Ingat, kulitmu sudah banyak berkorban untukmu. Dia akan balas dendam dengan memunculkan jerawat kalau terus kamu siksa dengan minyak berlebih 😉

Selain 5 hal utama di atas, jangan lupa untuk hanya memakai kosmetik yang non-comedogenic alias tak menyebabkan jerawat. Sebelum kamu memutuskan berkonsultasi ke dokter (dan membayar mahal), coba dulu merawat jerawatmu dengan obat yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide dari apotek. Tak selalu harus ke dokter kok kalau kamu mau membasmi jerawat! Jika mau menghindari 5 hal di atas, jerawatmu akan menyingkir dan tak akan tambah gawat. Selamat mencoba! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya