Tips Agar Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa dari ZAP Clinic

Memanfaatkan momen sahur dan berbuka, kelembapan kulit bisa tetap terjaga selama berpuasa

Seperti diketahui, tubuh manusia terdiri dari 60 hingga 70 persen air. Kadar air tersebut berfungsi memastikan organ di dalam tubuh dapat bekerja optimal, termasuk kulit yang membutuhkan kelembapan dari air demi menjaga kesegaran dan elastisitasnya.

Advertisement

Akan tetapi, di bulan Ramadan ini kulit mereka yang berpuasa jadi rentan kehilangan hidrasi lantaran berpuasa setidaknya selama 15 jam. Risiko yang mungkin muncul adalah kulit menjadi gampang iritasi, lebih mudah terinfeksi bakteri dan virus hingga dapat merusak skin barrier.

Nah, meski begitu kamu yang berpuasa tetap bisa loh menjaga kulit agar terhidrasi. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak tips dari ZAP Clinic  berikut ini.

Pertama perlu diketahui tanda-tanda kulit yang dehidrasi dan risikonya

Ilustrasi perawatan kulit | Dok. ZAP Clinic

Selama berpuasa, tubuh otomatis akan kehilangan banyak cairan. Kondisi ini bisa membuat kulit jadi kehilangan kelembapannya. Dermatolog ZAP Clinic dr. Rahma Evasari, Sp.DV menyampaikan salah satu tanda kulit mulai kehilangan kelembapannya adalah kulit terasa kering.

Advertisement

Hal tersebut, kata dr. Rahma, merupakan peringatan awal agar kita lebih memperhatikan kelembapan kulit. Nah, meski demikan, ia juga menyampaikan ada pula kondisi kulit yang tidak kering tapi sebenarnya sedang mengalami dehidrasi.

Selain terasa kering, dr. Rahma mengatakan kulit yang kurang hidrasi juga punya sensitivitas lebih tinggi, akibat dari lemahnya kelembapan. Pada kondisi ini, bakteri dan virus jadi gampang masuk dan menimbulkan iritasi, gatal, serta kemerahan.

Advertisement

Kurangnya hidrasi juga dapat membuat sel kulit mati yang bertumpuk di permukaan kulit terlihat lebih kusam. Jika dibiarkan, regerenasi sel kulit baru akan terhambat dan memunculkan risiko kerusakan kulit permanen seperti garis halus, kerak-kerak, bahkan kerutan.

Tips agar kulit tetap terhidrasi selama berpuasa

Cara untuk memastikan kulit tetap terhidrasi adalah dengan mencukupi kebutuhan air. Saat puasa, konsumsi air bisa dimaksimalkan saat sahur dan berbuka. Selain air, konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air juga dapat membantu memenuhi asupan cairan kulit.

“Kelembapan kulit akan tetap terjaga walau sedang berpuasa, selama kita tetap menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh dengan rutin serta mengkonsumsi air putih dan juga sayuran yang kaya akan cairan,” ujar dr. Rahma seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (21/4).

Lebih lanjut dr. Rahma menganjurkan kita yang berpuasa untuk mengkonsumsi dua liter atau delapan gelas air putih per hari. Caranya, minum dua gelas air saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas saat makan malam hingga menjelang tidur.

Pilihan makanan dan minuman juga penting untuk diperhatikan untuk mencegah dehidrasi kulit saat berpuasa. Beberapa hal yang perlu dihindari adalah asupan kafein, konsumsi gula, susu dan tepung berlebih, gorengan, serta jangan tidur terlalu malam atau tidur terlalalu lama.

Selain itu, dr. Rahma juga menyampaikan tips esktra untuk kulit selama berpuasa, di antaranya menggunakan pelembab bibir dan pelembab kulit, minimalkan penggunaan makeup, jangan lupa berolahraga, dan perhatikan durasi mandi, suhu air serta sabun yang digunakan.

Selain dari dalam, kulit juga butuh perawatan dari luar lewat skincare routine

Perawatan kulit dari luar untuk jaga kelembapan

Ilustrasi perawatan kulit | Dok. ZAP Clinic

Nggak hanya karena kurangnya asupan cairan, kelembapan kulit juga bisa menurun akibat rangsangan dari luar seperti polusi dan sinar matahari. Untuk itu, dr. Rahma juga menyampaikan perlunya untuk tetap membersihkan dan merawat kulit menggunakan pelembab dan tabir surya.

“Selain (mencukupi kebutuhan cairan) jangan lupa juga (untuk) rutin merawat kulit dengan pelembap dan tabir surya,” tutup dr. Rahma.

Untuk membersihkan kulit, kamu dianjurkan memilih pembersih yang lembut agar tidak merusak permukaan kulit. Kemudian, oleskan krim pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya di siang hari agar kulit tetap terlindungi dari sinar UV.

Nah, buat SoHip yang ingin kulitnya tetap terhidrasi selama berpuasa, bisa langsung mengaplikasikan kiat-kiat di atas. Semoga sepanjang Ramadan tahun ini kamu nggak mengalami permasalahan kulit yang berarti karena kurangnya hidrasi, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE