Tanpa Seleksi Wawancara, Penerima Beasiswa Studi di Thailand Berbagi Resepnya

Atmosfer belajar di Thailand sangat baik, attitude mahasiswa dan dosennya luar biasa bagus. Antusiasme mereka tidak saya temui di Indonesia. Pengalaman yang luar biasa, kalian layak mencobanya,” ujar Yeyen Laorenza, 25 tahun.

Di umurnya yang menginjak seperempat abad, Yeyen sudah menempuh pendidikan S3 di Thailand demi mendapatkan gelar Ph.D di bidang Packaging and Material Technology Department di Kasetsart University. Masih ada hal lain yang membanggakan ternyata, yakni sebelumnya Yeyen juga melanjutkan studi S2 di kampus ini. Keren, ya?

Sejak tahun 2019 tinggal di Thailand, Yeyen merasakan nuansa pendidikan yang berbeda serta kesempatan yang luar biasa. Selain menjalin relasi dengan teman-teman dari berbagai negara, Yeyen berhasil menekuni satu-satunya bidang studi di Asia Pasific. Jadi, Kasetsart University merupakan kampus pertama yang mendirikan jurusan tentang teknologi kemasan produk. Dengan kata lain, Yeyen bisa belajar langsung dari para profesor yang ahli.

Kalau berdasarkan penuturan Yeyen, siapa yang nggak tergiur melanjutkan studi di Thailand? Nggak perlu memikirkan biaya kuliah dan biaya hidup nih, kita bisa fokus belajar di negeri orang.

Apa aja sih yang bisa kita dapatkan dari beasiswa yang diberikan?

Bagaimana persaingannya?

Bagaimana, ya, caranya agar bisa kuliah di Thailand?

Skuat by Hipwee sudah mengumpulkan langkah praktis dan tips simpel ala Yeyen yang bisa kamu coba juga. Cek yuk!

Daftar dokumen yang dipakai sebagai persyaratan mendaftar beasiswa. Siapkan jauh-jauh hari~

Sebenarnya, banyak peluang beasiswa studi Thailand yang bisa dimaksimalkan. Namun, sesuai dengan pengalaman Yeyen, ia mendapatkan beasiswa Agro-Industry Scholarship. Berkat platfrom kolaborasi inernasional Institut Pertanian Bogor, tempatnya menempuh studi S1, Yeyen mengetahui beasiswa ini.

Ada beberapa dokumen yang menjadi persyaratan, meliputi:

  • English proficiency certificate (TOEFL, IELTS, etc)
  • Agro-Industry scholarship form
  • Kasetsart University application form
  • Transkip akademik
  • Bachelor/Master degree certificate
  • Proposal tesis
  • Paspor
  • Pas foto
  • 3 surat rekomendasi
  • Curricculum vitae (CV)

Umumnya, dokumen persyaratan berbeda-beda, tergantung jenis beasiswanya. Jadi, kamu harus memastikan persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar beasiswa kuliah di Thailand. Pastikan dokumennya sesuai dengan ketentuan.

Ini dia tahapan yang harus dilalui ketika mendaftar Agro-Industry Scholarship

Sama seperti beasiswa lain, beasiswa Agro-Industry Scholarship memiliki tahapan yang harus diikuti para pelamar. Namun, beasiswa ini nggak memasukkan seleksi wawancara dalam tahapannya. Fakta ini cukup unik karena kebanyakan beasiswa selalu menerapkan seleksi wawancara. Inilah salah satu alasan yang membuat Agro-Industry Scholarship diminati mahasiswa luar negeri. Prosesnya cukup mudah~

Nah, berikut ini adalah tahapannya. Yuk, diperhatikan!

Tim Dalam Artikel Ini