Penerima Beasiswa Studi di India Berbagi Trik. Kesempatan Besar yang Jarang Dilirik

“Bila teman-teman masih belum yakin untuk melanjutkan studi di negara dunia pertama, bisa mencoba di negara di kawasan Asia, seperti India,” ujar Asyrofi A. K.

Melanjutkan studi ke luar negeri bisa jadi impian untuk sebagian orang. Impian ini mungkin agak mustahil, tapi berdasarkan pengalaman Asyrofi, mahasiswa 26 tahun ini, segala kesempatan patut dicoba. Bisa jadi kesempatan yang tampak nggak mungkin tersebut justru sumber peluang yang nggak terduga. Salah satunya mengenyam pendidikan magister di India.

Sepertinya, ketika membicarakan studi lanjutan di luar negeri, kita sering kali luput dengan negara-negara di kawasan Asia. Padahal, studi di kawasan ini nggak kalah berkualitas dengan pendidikan di negara-negara benua Eropa atau benua Amerika, lo.

Nah, Asyrofi yang sedang menempuh pendidikan Pascasarjana Nalanda University, jurusan School Of Ecology and Environment Studies ini membagikan beberapa fakta dan kiat yang bisa kamu ikuti. Siapa tahu, kan, kamu adalah salah satu orang yang berhasil mengikuti jejak duta ASEAN dalam hubungan diplomatik antara India dan Asia Tenggara ini.

Ini dia benefit yang kamu dapatkan jika melanjutkan studi di India dengan beasiswa ASEAN Scholarship

Sebenarnya ada banyak beasiswa yang bisa dicoba untuk melanjutkan studi di India. Namun, sesuai dengan pengalaman Asyrofi, dia mendapatkan beasiswa ASEAN untuk melanjutkan studi di Nalanda University. Beasiswa ini merupakan misi Nalanda University untuk membangkitkan geliat pendidikan. Akhirnya, pemerintah India bekerjasama dengan ASEAN untuk membuka beasiswa ini.

“Saya adalah penerima beasiswa batch pertama dari Indonesia,” ungkapnya saat dihubungi oleh Skuat by Hipwee, Selasa (19/4).

Asyrofi sendiri seharusnya memulai perkuliahan pada September 2020. Sayangnya, pandemi Covid membuat keberangkatannya tertunda sampai tahun selanjutnya. Pada Februari 2o21, barulah dia terbang ke India untuk menempuh pendidikan magister.

Selama studi, Asyrofi mendapatkan sejumlah keuntungan, salah satunya mengenal budaya India dengan lebih baik. Sudut pandangnya tentang India makin terbuka seiring perkenalannya dengan mahasiswa dari beragam latar belakang studi. Dia baru sadar bahwa ilmu pengetahuan sangat dihargai di India. Dosen-dosennya terbilang ahli di bidangnya meski latar belakang studi nggak linier. Keilmuan mereka nggak perlu dipertanyakan.

Rasanya kuliah di India ternyata nggak jauh beda dengan di Indonesia. Kok bisa?

Studi lanjutan di India, menurut Asyrofi, sangat terbuka lebar. Kekhawatiran sebaiknya dibuang jauh-jauh karena kondisi di India cukup mirip dengan Indonesia. Jadi, perbedaannya nggak terlalu menyolok. Selain itu, studi di India bisa jadi opsi yang menjanjikan, terutama buat kamu yang masih belum yakin untuk melanjutkan studi di negara-negara dunia pertama.

Tim Dalam Artikel Ini