Peraih Beasiswa HEAT Bocorkan Strateginya agar Lolos. Korea, Tunggu Aku!

“Pengin deh, kuliah di Korea, lalu ketemu oppa,” tutur Melati dengan mata berbinar sambil membayangkan wajah tampan idola pujaan.

Impian tinggal dan studi di Korea Selatan sepertinya bukan milik Melati saja. Hayo, ngaku saja. Kamu juga paling nggak pernah sekali saja memimpikannya, kan? Melanjutkan studi di luar negeri, terutama di Korea Selatan, bukan sesuatu yang aneh, apalagi semakin banyak orang Indonesia yang membuktikan kemungkinan tersebut bukan kemustahilan semata.

Kesempatan semakin terbuka, beasiswa ditawarkan beragam lembaga, dan sayang sekali kalau kita melewatkannya begitu saja. Namun, mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri memang membutuhkan effort yang besar, nggak bisa kalau cuma bermodal tekad. Belum lagi, jika mengingat tingkat persaingan yang tinggi karena banyak peminat studi di Korea Selatan. Harus siapkan mental, kawan~

Kata Ayu Merlita Sari yang kini menempuh pendidikan jurusan Tourism, Graduate School of Tourism di Kyunghee University, “Lower your expectation karena hidup di Korea tak seindah serial drama. Jadi, jangan sampai motivasi studi adalah karena ingin bertemu bias, ya.”

Itu cuma sedikit pesan dari Ayu tentang cara mendapatkan beasiswa studi di Korea, lo. Mau tahu cara sukses seleksi beasiswa seperti Ayu? Yuk, simak bocoran langsung darinya!

Lolos beasiswa HEAT, ini pesan Ayu sebelum kamu melanjutkan studi di Korea Selatan

Ayu sedang disibukkan dengan banyaknya tugas kuliah ketika tim Hipwee Premium menghubunginya. Melalui pesan, meski sibuk, Ayu sangat antusias menjawab pertanyaan demi pertanyaan, bahkan dia sangat terbuka untuk membagikan pengalamannya sampai bisa mendapatkan beasiswa HEAT (Higher Education for ASEAN Talents)

Beasiswa ini diberikan Pemerintah Korea Selatan bagi dosen dari negara-negara ASEAN untuk studi S3. Kamu yang bercita-cita jadi dosen, bisa menjadikan beasiswa ini opsi untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Namun, nggak perlu khawatir buat kamu yang nggak ingin jadi dosen dulu. Masih banyak beasiswa studi di Korea Selatan. Beasiswa HEAT hanya salah satu contoh saja.

Selain itu, sebelum yakin memutuskan kuliah di Korea Selatan, ada baiknya kamu menyadari bahwa negara ini memiliki sistem pendidikan yang memang maju dan suportif untuk mendukungmu belajar. Di sisi lain, menurut Ayu, persaingannya juga sangat ketat.

“Siapkan mental yang kuat dan tahan banting karena masalah muncul tidak hanya saat belajar, bisa juga muncul dari lingkungan sekitar. Walaupun tidak mewajibkan harus bisa bahasa Korea dengan level tertentu untuk dapat kuliah di sini, mengetahui bahasa Korea akan sangat membantu dalam perkuliahan maupun dalam kegiatan sehari-hari,” nasihat Ayu.

Kendati demikian, studi Korea Selatan tetap layak diperjuangkan. Selama kamu nggak takut mencoba, semua akan baik-baik saja. 

Kuliah di Korea Selatan

Yuk, kuliah di Korea Selatan | Credit: Wikimedia

Perhatikan, ya, inilah fakta seputar beasiswa HEAT yang perlu kamu ketahui

Ada 4 tahapan yang harus dilalui jika kamu ingin mendapatkan beasiswa ini. Pertama, ada proses pendaftaran, lalu disusul seleksi dokumen, pengumuman kelolosan, dan tahap terakhir adalah keberangkatan ke Korea Selatan.

Beberapa dokumen penting yang harus disiapkan:

  • Surat izin cuti untuk studi
  • Surat perjanjian/persetujuan
  • Surat hasil pemeriksaan medis
  • Ijazah S1 dan S2 serta transkrip nilai
  • Sertifikat ketenagakerjaan
  • Dokumen kewarganegaraan

Jika lolos, kamu akan mendapatkan pembiayaan mulai dari biaya hidup, biaya studi, ongkos keberangkatan-kepulangan, dan fasilitas lain seperti kursus bahasa Korea Selatan, local trip, sampai acara tahunan.

Langkah praktis mendaftar beasiswa HEAT dengan trik ala Ayu. Bisa nih disontek tipis-tipis~

Berkaca dari pengalamannya sendiri, Ayu membagikan sedikit trik untuk mendapatkan beasiswa HEAT. Catat dengan baik, ya.

Tim Dalam Artikel Ini