5 Tips Jaga Kesehatan Setelah Vaksin Covid-19. Belum 100% Aman, lo!

Tips jaga kesehatan setelah vaksin

Sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 saat ini terus digencarkan oleh pemerintah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Vaksin dinilai sebagai upaya penanganan pandemi paling efektif karena bisa mencegah penularan dan meringankan gejala jikalau tetap terinfeksi. Secara umum, vaksin akan membantu tubuh membentuk antibodi dengan cara memasukkan virus yang sudah dilemahkan. Sehingga tubuh akan mengenali virus dan membentuk antibodi yang tepat.

Advertisement

Hal tersebut nggak jarang membuat kondisi kesehatannya menurun setelah menjalani vaksin Covid-19. Melansir dari Covidcare, hal ini ternyata karena tubuh sedang beradaptasi dengan virus dan membentuk antibodi. Selain itu, juga berkaitan dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping vaksin. Sebenarnya, hal ini cukup wajar sebagai reaksi vaksin terhadap tubuh. Namun, alangkah lebih baik jika kondisi tubuh tetap prima. Nah, penting untuk diketahui bagaimana tips menjaga kesehatan setelah vaksin supaya tubuh lebih mudah dalam membentuk antibodi virus dengan baik. Yuk, simak tips menjaga kesehatan setelah vaksin yang sudah Hipwee rangkum, berikut!

1. Tetap patuhi protokol kesehatan, meski sudah vaksin bukan berarti perlindungan ini bisa diabaikan!

Patuhi prokes | Credit by Evg Culture on Pexels

Tips jaga kesehatan setelah vaksin ini adalah yang paling utama sebagai langkah pencegahan virus. Sebab, banyak orang merasa sudah kebal sejak vaksin dosis pertama sehingga mengabaikan protokol kesehatan (prokes). Padahal kondisi tubuh setelah vaksin bisa dibilang sedang rentan terhadap virus, karena tubuh sedang beradaptasi dalam membentuk sistem antibodi. Alih-alih bisa kebal, justru cukup banyak kasus positif yang menimpa orang pasca vaksin dosis pertama yang abai dengan prokes.

Melansir dari Halodoc, vaksin dosis pertama bertujuan untuk memicu respon kekebalan tubuh awal, sementara pada dosis kedua bertujuan untuk menguatkan respon imun yang terbentuk. Setidaknya, butuh 2 minggu untuk tubuh beradaptasi dengan baik. Meski sudah menjalani vaksin lengkap hingga dosis kedua, prokes ketat tetap dilakukan, ya! Setidaknya kita bisa melindungi orang-orang di sekitar yang belum bisa mendapatkan vaksin.

Advertisement

2. Tangani KIPI sesuai gejala yang muncul berdasarkan anjuran dokter, supaya nggak semakin parah

Minum obat sesuai anjuran dokter | Credit by Jeshootscom on Pexels

Seperti jenis vaksin lainnya, vaksin Covid-19 juga memiliki KIPI yang berbeda-beda bagi setiap orang. Hal tersebut tergantung dengan ketahanan tubuh terhadap vaksin. Tips jaga kesehatan setelah vaksin ini perlu diperhatikan supaya KIPI nggak semakin parah dan menurunkan imun tubuh.

Melansir dari Unicef, beberapa KIPI yang cukup umum terjadi seperti rasa pegal di sekitar area suntik, demam, rasa lelah dan kantuk, sakit kepala, pegal pada otot dan persendian, menggigil hingga diare. KIPI harus ditangani dengan tepat sesuai anjuran dokter supaya pemberian obat nggak mengganggu efektivitas vaksin.

3. Istirahat yang cukup dan jangan mudah kelelahan karena bisa menurunkan imun tubuh

Istirahat yang cukup | Credit by Ketut Subiyanto on Pexels

Tips jaga kesehatan setelah vaksin berikutnya adalah membatasi aktivitas berat yang bisa memicu kelelahan. Termasuk olahraga atau aktivitas outdoor berat, sehingga pastikan kamu melakukan olahraga yang ringan saja setelah vaksin. Sebab, kondisi tubuh yang kelelahan bisa menurunkan imun sehingga jadi mudah sakit. Pastikan kamu bisa memenuhi kebutuhan istirahat, misalnya tidur yang cukup dan nggak memaksakan tubuh untuk bekerja. Apalagi beberapa orang mengalami kondisi tubuh yang mudah lelah setelah vaksin dosis pertama.

Advertisement

4. Konsumsi makanan bergizi dan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh tetap vit

Makan makanan bergizi | Credit by Detiawan Nur A. on Pexels

Selain istirahat yang cukup, tips jaga kesehatan setelah vaksin selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari dulu jajan sembarangan dan makanan yang kurang sehat seperti junk food dan makanan instan. Bila perlu, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen makanan untuk menjaga kondisi tubuh tetap vit. Apalagi jika kamu mengalami KIPI yang cukup berat dan butuh pemulihan yang cepat.

5. Usahakan menjalani gaya hidup sehat minimal sampai 2 minggu setelah vaksinasi dosis kedua

Gaya hidup sehat | Credit by Mikhail Nilov on Pexels

Gaya hidup sehat yang meliputi konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga, menghindari merokok dan alkohol adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan setelah vaksin. Melansir dari CDC, kondisi tubuh yang benar-benar pulih dari efek pembentukan antibodi adalah 2 minggu setelah vaksin dosis kedua. Sehingga, untuk menjaga imun tetap baik dan nggak mudah sakit, usahakan kamu menjalani gaya hidup sehat tersebut minimal sampai 2 minggu setelah vaksin dosis kedua. Syukur kalau bisa seterusnya, ya~

Nah, itulah tips jaga kesehatan setelah vaksin yang bisa kamu lakukan. Ingat ya, meski sudah vaksin, tetap belum aman 100 persen, apalagi jika dosis belum lengkap dan imun sedang turun. Maka, pastikan kamu juga menjaga kesehatan dan patuhi prokes dengan ketat. Yuk kita saling jaga, yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE