4 Trik Terbaik Dapatkan Manfaat Optimal dari Kafein. Efek Samping Jadi Minimal~

Sudah 3 tahun, Maya rutin mengonsumsi minuman berkafein setiap hari. Semenjak menjadi kamu pekerja, Maya membutuhkan minuman yang meningkatkan energi untuk tetap fokus dan produktif. Selama itu juga, nggak sedikit teman-teman Maya yang mengkhawatirkan kebiasaannya mengonsumsi kafein.

Jangan sering-sering, nanti kamu kecanduan.

Kurangi, May. Nanti kamu kena sakit lambung.

Kendati demikian, ada juga teman-teman yang masih mendukung kebiasaan Maya. Di tengah rutinitas yang padat, asupan penmabah energi seperti minuman berkafein sangat dibutuhkan. Bagi mereka, lebih baik mengonsumi minuman berkafein daripada tidak sama sekali, tapi malah kerjaan berantakan dan aktivitas sehari-hari terganggu.

Lantas, manakah pendapat yang benar?

Ssst… Sedikit bocoran, ya, SoHip. Sebenarnya, minuman berkafein bisa berdampak baik dan berdampak buruk tergantung cara mengonsumsinya. Kalau kamu bisa mengonsumsi kafein dengan tepat, manfaat baiknya bisa optimal dan dampak negatifnya bisa diminimalkan. Nah, pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara mengonsumsi kafein dengan tepat? Temukan jawabannya di ulasan ini, SoHip!

Sebelumnya, kenali dulu macam-macam minuman kafein. Sudah tahu belum apa saja jenisnya?

Ketika ngomongin kafein, minuman kopi pasti langsung terbersit di kepala untuk pertama kalinya. Pemahaman ini nggak salah, tapi belum sepenuhnya tepat. Mengapa? Soalnya, kopi bukan satu-satunya minuman yang mengandung kafein. Selain kopi, ini dia beberapa minuman kafein yang perlu kamu tahu:

  • Cokelat

Tahukah kamu kalau dalam segelas cokelat panas, terdapat 25 mg kandungan kafein? Jumlah ini bukan patokan utama, ya, sebab beda jenis minuman cokelat, beda pula kadar kafeinnya. Hal ini berlaku juga untuk kopi.

  • Teh

Kandungan kafein dalam teh juga beragam. Biasanya, dalam 200 ml teh hitam terkandung 25-48 mg kafein. Sementara itu, teh hijau mengandung 25-29 mg kafein. Jumlah ini tergolong cukup rendah dibandingkan kandungan kafein di dalam jenis teh lainnya.

  • Minuman bersoda

Tim Dalam Artikel Ini