7 Tips Membersihkan Perabot Rumah dengan Lemon. Bisa Jadi Kinclong!

Bisa jadi sudah banyak yang tahu, tapi belum pernah coba, kan?

Seperti yang diketahui, lemon dapat bermanfaat sebagai bahan pembersih alami untuk segala bentuk peralatan dan perabotan rumah tangga. Selain aman untuk lingkungan, buah lemon juga mudah didapat di pasaran sehingga kamu tidak perlu bingung untuk mendapatkannya.

Advertisement

Disamping sebagai bahan pembersih alami, aroma segar yang dikeluarkan buah lemon dapat membantumu untuk menghilangkan bau tak sedap sehingga suasana fresh akan selalu tercipta di lingkungan rumahmu jika kamu menggunakan lemon sebagai bahan untuk membersihkan benda di rumah. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan benda di rumah dengan menggunakan buah lemon.

1.  Lemon, garam, dan baking soda bisa digunakan untuk menghapus lemak dan kerak di kompor

tips membersihkan perabot dengan lemon

Kompor yang bersih setelah dibersihkan dengan lemon | Foto dari Pixabay oleh Paxels

Cipratan minyak atau bahan makanan lain memicu munculnya lemak dan kerak di atas kompor. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini bisa membuat noda semakin membandel. Sehingga kamu harus rutin membersihkannya.

Tidak perlu repot, kamu bisa menggunakan campuran kulit lemon dan garam untuk mengampelas bagian yang bernoda. Setelah itu, barulah bisa dengan menggunakan lap kain basah.

Advertisement

Kamu juga bisa membersihkan noda lemak dan kerak di kompor dengan campuran perasan lemon dan baking soda. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggosoknya dengan sikat gigi bekas. Setelah semua noda kamu gosok bagian kerak dengan campuran tersebut, diamkan sekitar 15-3o menit kemudian bersihkan dengan lap kain basah.

2. Potongan lemon bisa digunakan untuk membersihkan parutan dari serpihan keju dan kelapa

tips membersihkan perabot dengan lemon

Seorang wanita yang sedang memarut keju | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Sisa keju dan kelapa parut yang tersangkut di parutan sangat sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu, untuk menghilangkan sisa serpihan keju, kelapa, dan makanan lainnya yang tersangkut di celah parutan, kamu bisa menggunakan potongan lemon.

Potong satu buah lemon menjadi dua, dan parut sisi berdaging lemon di kedua sisi parutan. Setelah itu, bilas dengan air. Parutanmu akan kembali bersih tanpa ada sisa serpihan yang menyangkut.

Advertisement

3. Lemon dan garam bisa kamu gunakan untuk membersihkan toilet

tips membersihkan perabot dengan lemon

Membersihkan toilet dengan perasan lemon dan garam | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Kursi toilet biasanya akan berubah warna setelah jangka waktu tertentu. Untuk mengembalikan warna asli pada kursi toiletmu, kamu hanya perlu memeras setengah buah lemon di atas dudukan toilet, lalu taburkan garam secukupnya.

Setelah itu, sikat dan gosok dudukan toilet yang telah diberikan perasaan lemon dan taburan garam. Hal ini akan membantumu untuk menghilangkan noda di toilet sekaligus mengembalikan warna asli dudukan toilet.

4. Jus lemon bisa digunakan untuk membersihkan kaca agar terhindar dari goresan

tips membersihkan perabot dengan lemon

Seorang wanita tua yang sedang membersihkan jendela | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Untuk menghindari goresan pada kaca atau cermin, kamu bisa menggunakan jus lemon sebagai cairan pembersihnya. Kamu hanya perlu memeras satu hingga dua buah lemon dan kemudian tuangkan tiga sendok makan jus lemon ke botol semprot yang telah diisi oleh air. Campuran air dengan jus lemon dipercaya bisa menghindari goresan saat kamu membersihkan kaca dengan lap mikrofibermu.

5. Jus lemon yang kamu diamkan di lemari es bisa menghilangkan bau tak sedap

Sikap kita yang terkadang ceroboh hingga menumpahkan makanan di lemari es tanpa membersihkannya kembali menjadi salah satu penyebab lemari es mengeluarkan bau tak sedap. Untuk menghilangkannya, kita bisa meletakkan jus lemon di dalam lemari es selama beberapa hari. Hal ini berguna untuk menginggalkan aroma segar dan menghilangkan bau tak sedap di lemari es.

6. Campuran jus lemon dengan minyak zaitun bisa digunakan untuk membuat lantai kayu bersinar

Campuran setengah cangkir jus lemon dengan satu cangkir minyak zaitun berguna untuk membuat lantai kayu terlihat semakin bersinar dan bersih.

7. Campuran kulit jeruk lemon dengan daun mint, tangkai thyme, atau ekstrak almond untuk membuat pembersih lantai

tips membersihkan perabot dengan lemon

Lantai yang mengkilap karena menggunakan pembersih lantai dari campuran lemon | Foto oleh Max Vakhtbovych dari Pexels

Pembersih lantai yang super dan alami bisa kamu ciptakan sendiri dengan memanfaatkan kulit jeruk lemon. Kamu hanya perlu memasukkan kulit jeruk kaca dengan tambahan daun mint, tangkai thyme, atau ekstrak almond ke dalam botol kaca. Setelah itu, tuangkan cuka putih dan diamkan campuran selama dua minggu. Setelah dua minggu, ambil dan buang kulit jeruk lemon dan encerkan dengan air. Pastikan perbandingannya sama ya, 1:1.

Setelah siap, kamu bisa menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan permukaan keramik, batu, porselen, marmer dan granit. Lantaimu akan kembali kinclong.

Hmmm.. jadi tidak sabar untuk segera bersih-bersih di akhir pekan. Selamat mencoba, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE