Kamu suka fotografi tapi gak punya kamera DSLR? Gak perlu minder. Kamu tetap bisa menghasilkan foto-foto keren sekelas fotografer profesional hanya dengan kamera ponselmu kok. Ikuti aja tips-tips dari Hipwee berikut ini!

1. Kenali karakteristik kamera ponselmu

kenali kamera ponselmu via bgr.com

Sebelum mulai memotret, kenali dulu karakter kamera ponselmu: seberapa besar resolusinya, seberapa cepat dia bisa menangkap gambar, apa saja fitur-fiturnya, serta apa kelebihan dan kekurangannya. Bereksperimenlah dengan fitur-fitur di kamera ponselmu, seperti ISO, white balance, exposure, maupun fitur-fitur lainnya.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan kamera ponselmu, kamu akan mengetahui bagaimana mengaturnya dan kapan harus memencet tombol shutter untuk mendapatkan foto yang bagus.

2. Gunakan memory card dengan kapasitas besar

Pilih micro SD berkapasitas besar via www.aliexpress.com

Advertisement

Kartu memori yang besar membantu kita mengabadikan banyak momen tanpa perlu takut kehabisan ruang penyimpanan foto. Kamu gak mau kan, gagal mengabadikan momen penting cuma gara-gara kehabisan ruang memori?

3. Pakai resolusi tertinggi yang tersedia

Set pada resolusi tertinggi via lifehacker.com

Kamu udah punya memory card dengan kapasitas cukup besar, lalu kenapa mesti pelit memotret dengan resolusi rendah? Set di resolusi tertinggi untuk menghasilkan kualitas foto maksimal.

4. Perhatikan pencahayaan

Cahaya menentukan kualitas fotomu via instagram.com

Pencahayaan memegang peranan yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Cahaya terbaik adalah cahaya alami dari matahari. Saat memotret, pastikan objek fotomu cukup diterangi cahaya. Kalau kamu berada di dalam ruangan, pastikan kamu membelakangi cahaya.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan sensitivitas ISO. Untuk mendapatkan gambar yang halus dan minim noise, set kameramu di ISO rendah — meskipun untuk bisa mengabadikan gambar yang baik dengan ISO rendah harus ada cukup pencahayaan pada objek yang kamu foto.

5. Hindari penggunaan digital zoom

Jangan gunakan digital zoom via mobilenews.omio.com

Digital zoom cuma akan memperburuk kualitas fotomu. Jika memungkinkan, mendekat saja ke objek fotomu.

6. Pertimbangkan komposisi

Pada sebagian besar kamera ponsel, kamu akan menemukan pengaturan garis grid.  bagi kamu yang belum tahu, garis grid tersebut digunakan untuk membantumu menentukan komposisi dalam aturan sepertiga atau rule of thirds.

Rule of thirds via en.wikipedia.org

Aturan sepertiga memandu fotografer menempatkan objek foto pada sepertiga dari keseluruhan bidang gambar. Mempertimbangkan komposisi seperti ini akan membantumu menghasilkan foto yang keren.

Cobalah untuk selalu menyalakan garis grid saat kamu memotret.

7. Perhatikan Latar belakang gambar

Ketika memotret, jangan sampai latar belakang mengganggu objek yang difoto. Perhatikan orang-orang  yang “bocor” masuk ke dalam bingkai, atau benda-benda yang mengganggu pemandangan seperti sampah.

8. Manfaatkan aplikasi olah digital

Kreasi efek BW dan HDR dengan aplikasi Camera360 via instagram.com

Kamu bisa menghasilkan foto yang keren dengan bereksperimen menggunakan aplikasi olah foto digital. Beberapa foto tampak lebih keren dan kreatif jika ditambahkan efek filter.

9. Potret dulu, edit belakangan

Hindari menggunakan filter saat memotret, karena hasil foto yang mentah memberi kamu keleluasaan lebih untuk selanjutnya mengolah foto itu.

10. Stabilkan posisi saat memotret

Pastikan posisimu stabil saat memotret. via www.igyaan.in

Posisi yang stabil menghasilkan foto yang bagus. Sebelum menekan tombol shutter, pastikan pijakanmu stabil untuk menghindari hasil yang blur atau kurang fokus. Lebih parah lagi, ponselmu bisa terlepas dari tanganmu dan jatuh ke tanah.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur image stabilizer di kamera ponsel kamu, jika ada.

11. Bersihkan lensa kameramu

Bersihkan lensa secara rutin via www.igyaan.in

Jangan sampai hasil fotomu jadi kurang jelas dan kamu melewatkan momen penting untuk diabadikan hanya karena lensa yang kotor. Bersihkan lensa kamera ponselmu secara teratur.

12. Selalu ambil lebih dari satu foto

Kalau kamu mengikuti saran Hipwee sebelumnya, seharusnya kamu sekarang mempunyai kapasitas memori yang besar. Nah, saat mengambil foto, jangan pelit menekan tombol shutter. Pastikan kamu dua atau tiga foto dari sudut yang sama.

13. Gunakan aksesoris tambahan

Lensa tambahan via www.prlog.org

Kamu bisa menempelkan aksesoris lensa tambahan di kamera ponselmu untuk menghasilkan foto yang lebih kreatif.

14. Bereksperimenlah dengan sudut pengambilan

Tak ada aturan baku dalam fotografi, bereksperimenlah dengan sudut pengambilan foto yang kamu rasa menarik. Kamu bisa mencoba sudut tinggi atau rendah, maupun memiringkan kameramu untuk menghasilkan foto yang kreatif.

Gimana, cukup simpel kan? Hipwee yakin kamu pasti tak sabar untuk memotret dengan kamera ponselmu!