7 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan dengan Elegan. Biar Nyaman!

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Dalam dunia kerja, kamu akan menjumpai berbagai macam sikap dan perilaku orang. Mulai dari yang baik, setia kawan dan care, hingga yang suka ngatur, cari muka dan ingin menjatuhkan. Sebagai tempat berkumpulnya berbagai jenis sikap dan perilaku manusia, mungkin membuatmu merasa nggak cocok dengan beberapa rekan kerja. Biasanya sih karena sikap dan perilaku mereka yang menurutmu menyebalkan.

Advertisement

Tenang, ini hal yang wajar kok! Bahkan, menghadapi rekan kerja yang menyebalkan dialami banyak orang. Kendati demikian, kamu tetap harus bersikap profesional, ya! Menghadapi rekan kerja yang menyebalkan dengan elegan, tanpa menjatuhkan akan membuatmu terlihat profesional. Gimana caranya? Yuk, simak tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan berikut!

1. Introspeksi diri dulu dan cari tahu penyebab di balik sikap menyebalkan rekanmu

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Introspeksi diri | Credit by Alexander Suhorucov on Pexels

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan pertama adalah dengan introspeksi diri. Coba deh, ingat-ingat lagi ada nggak sikapmu yang kira-kira bisa bikin rekanmu juga sebal? Kadang sikap orang lain yang kita terima adalah cerminan sikap yang kita berikan ke orang lain. Namun, nggak semua terjadi seperti itu juga. Intinya, introspeksi diri dulu.

Setelah itu, coba cari tahu alasan di balik sikap menyebalkan rekanmu. Apakah karena ada kondisi yang menuntutnya bersikap seperti itu, atau memang sudah jadi kepribadiannya. Alasan-alasan yang kamu temukan bisa jadi petimbangan bagaimana kamu bersikap untuk menghadapinya. Bagaimana pun kamu tetap harus profesional, kan?

Advertisement

2. Coba cari solusi dan ikuti dulu ‘permainan yang dia mau’, asal tetap membuatmu nyaman

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Diskusikan berdua biar sama-sama nyaman | Credit by Los Muertos Crew on Pexels

Menghadapi rekan kerja yang menyebalkan memang butuh solusi yang pasti, tapi nggak semua solusi membuatmu bisa bersikap profesional. Tips mencari solusi menghadapi rekan kerja yang menyebalkan adalah dengan cara mengajaknya berdiskusi. Tanyakan apa kemauannya, lakukan negosiasi jika kamu merasa keberatan dengan sikapnya yang menurutmu menyebalkan. Cara ini adalah upaya untuk mencapai win win solution, bila perlu sampaikan saja tentang sikapnya yang membuatmu nggak nyaman. Namun harus dilakukan dengan cara yang halus dan santai, ya.

3. Bangun komunikasi yang baik terutama dengan rekan kerja yang cuek

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Komunikasi | Credit by Fauxels on Pexels

Saat menghadapi rekan kerja yang menyebalkan, bukan berarti kamu bisa menghindar begitu saja. Sebab, komunikasi dalam dunia kerja adalah salah satu kunci dari keberhasilan. Meski menyebalkan, kamu tetap harus mengajaknya berkomunikasi, supaya saat kamu butuh dia nggak ada kesan canggung dan sungkan yang bisa menghambat kerja sama. Komunikasi sederhana seperti menyapa dan basa-basi soal kerjaan atau urusan makan siang bisa jadi pilihan. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengahadapi rekan kerja yang cuek.

4. Saat menghadapi rekan yang baperan, lebih baik kamu beri penjelasan atas semua sikapmu padanya

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Beri penjelasan biar nggak tambah baperan | Credit by Mimi Thian on Unsplash

Orang yang gampang baper biasanya mudah tersinggung atau mudah terlena dengan sikap yang orang lain berikan. Kadang kalau bercanda dianggap serius, kalau saatnya serius malah jadi emosian. Cara menghadapi rekan kerja yang baperan adalah dengan memberi penjelasan atas sikap yang kamu tunjukkan padanya. Misalnya saat evaluasi dan kamu ingin mengkritiknya, maka sampaikan jika hal tersebut akan membantunya berkembang. Pada intinya, kamu harus lebih bersabar untuk menjelaskan sikapmu dan sikap orang-orang di sekitar, supaya nggak tambah baperan~

Advertisement

5. Menghadapi rekan kerja yang suka cari muka, cukup jaga jarak, bersikap elegan dan tetap percaya diri

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Rekan kerja suka cari muka | Credit by Mentatdgt on Pexels

Jika kamu punya rekan kerja yang suka cari muka terutama dengan atasan, percaya deh kalau sikap tersebut juga nggak disukai rekan kerjamu yang lainnya. Cara menghadapi rekan kerja yang suka cari muka cukup jaga jarak, dalam artian nggak perlu ikut drama-drama yang ia ciptakan. Meski kadang membuatmu gemas, tapi berusahalah supaya nggak menunjukkan sikap ketidaksukaanmu. Jangan lupa, kamu juga harus tetap percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki.

6. Kalau ada rekan kerja yang ingin menjatuhkanmu, lebih baik kamu fokus dengan target dan tujuan tanpa perlu membalas dengan perilaku yang sama

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Rekan kerja yang ingin menjatuhkan | Credit by Shvets on Pexels

Orang yang ingin menjatuhkan orang lain biasanya karena ia merasa nggak punya kemampuan yang cukup baik untuk mencapai tujuannya. Nah, jika ada rekan kerjamu yang bersikap demikian, maka kamu nggak perlu membalasnya dengan hal yang sama. Berusahalah untuk lebih fokus dengan target dan tujuan yang ingin kamu capai. Namun, tetap waspada dan giat melakukan update dengan atasan atau rekan kerja lainnya. Cara menghadapi rekan kerja yang menyebalkan seperti ini akan membuatnya semakin sulit untuk menjatuhkanmu.

7. Kalau sudah terlalu menyebalkan, coba minta bantuan rekan lain atau penanggung jawab dalam tim

Tips menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Minta bantuan orang ketiga | Credit by Christina Wocintechchat on Unsplash

Ini adalah upaya terakhir jika kamu sudah kehabisan cara dalam menghadapi rekan kerja yang menyebalkan. Ibarat sudah dikasih toleransi tapi tetap ngelunjak, maka saatnya kamu minta bantuan rekan lainnya. Coba diskusikan sikap paling tepat untuk menghadapinya. Kalau nggak ada masukan, coba libatkan orang ketiga yang berwenang menangani permasalahan tersebut, bisa kepala tim, penanggung jawab, bahkan bagian kepegawaian. Peran orang ketiga ini sebagai penengah antara kamu dan rekanmu yang menyebalkan itu. Harapannya, bisa ada jalan keluar yang membuat kedua belah pihak tetap nyaman dalam bekerja.

Semenyebalkan apa pun sikap dan perilaku rekan kerjamu, kalau kamu menghadapinya dengan membalas sikap yang sama, maka itu bukanlah sikap yang profesional. Sebab, kamu sama saja melakukan kesalahan yang sama untuk membuat orang lain nggak nyaman. Nah, untuk menghindari ketidakprofesionalan itu, coba deh terapkan beberapa tips di atas. Percayalah, sikap elegan akan membuatmu semakin berkelas dan profesional dalam bekerja. Semangat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE