Olahraga merupakan aktivitas yang diperlukan untuk menjaga kestabilan tubuhmu. Selain untuk menjaga tubuh tetap stabil, olahraga juga penting bagi kesehatan karena bisa mengontrol kolesterol, membakar lemak, membuat suasana hati menjadi senang, dan memperbaiki kualitas hormon di tubuh.

Meskipun sudah banyak tren olahraga yang beredar di internet, kesibukan yang selalu menghampiri membuatmu malas untuk olahraga karena merasa nggak punya waktu. Padahal, kegiatan olahraga bisa kamu lakukan di mana aja, misalnya di rumah dan bisa kapan aja! Nggak perlu bayar mahal-mahal gabung member di pusat kebugaran, yuk intip tips olahraga di rumah dari Hipwee untuk kamu yang super sibuk.

1. Poin pertama dan yang paling penting nih. Kamu harus memiliki niat dan pola pikir bahwa olahraga bisa dilakukan di mana saja

naik turun tangga via www.centroone.co.id

Advertisement

‘Memulai’ adalah tahap yang paling berat dalam menjalankan sesuatu hal. Sebelum memulai kegiatan rutin ini, pastikan kamu sudah punya mindset bahwa kegiatan olahraga nggak terbatas waktu dan tempat. Kamu harus memiliki pola pikir bahwa kamu harus lebih banyak bergerak setiap harinya.

Misalnya kalau pergi ke warung, mending jalan kaki atau bersepeda. Selain hemat bensin, tubuh kamu juga jadi sehat. Kalau ke mal atau ke suatu tempat, kamu bisa parkir agak jauh supaya kakimu melangkah lebih banyak. Hal lainnya yang bisa kamu coba, kalau kantor atau kampusmu memiliki dua atau tiga lantai, kamu bisa naik turun tangga. Olahraga sederhana ini kalau rutin dilakukan bisa melatih kekuatan otot kakimu lo~

2. Daripada daftar nge-gym, lebih baik investasikan uangmu untuk beberapa barang penting yang menunjang kegiatan berolahraga

matras yoga via www.pixabay.com

Membeli alat-alat dasar olahraga adalah investasi yang baik untuk memulai olahraga di rumah. Nggak cuma kegunaannya yang banyak, tapi juga mudah disimpan, ringkas, dan bisa dibawa ke mana pun.

Advertisement

Misalnya, kamu bisa membeli karpet yoga. Eitss, bukan cuma buat yoga lo, karpet ini bisa kamu gunakan untuk alas kalau kamu lagi push up, sit up, plank dan tentunya untuk melindungimu dari benturan kalau tergelencir.

Selain itu, kamu bisa membeli tali skipping untuk melatih kebugaran jantung dan paru-paru. Kalau sudah terbiasa rutin berolahraga, kamu bisa mulai membeli pakaian dan sepatu atletik supaya kamu lebih nyaman saat berolahraga.

3. Olahraga juga butuh komitmen. Berkomitmenlah pada jadwal olahraga yang konsisten

berkomitmen dengan jadwalmu via www.pexels.com

Berkomitmen bukan hanya untuk hubungan aja, tapi olahraga juga perlu. Percuma kan, kalau udah beli alat olahraga banyak-banyak, tapi kamu nggak konsisten sama jadwal olahragamu? :p

Kalau kamu belum terbiasa, kamu bisa membuat jadwal per minggu. Misalnya kamu hanya sanggup dua kali seminggu nggak masalah kok. Yang penting kamu konsisten menjalaninya, jangan sampai minggu ini dua kali, terus minggu depannya cuma sekali.  Kamu juga bisa memilih hari yang menurutmu paling pas dan mood-mu sekiranya bagus untuk berolahraga. Yang terpenting juga, jangan menunggu waktu senggang ya, tapi kamu lah yang membuat waktu itu sendiri.

Oh ya, setiap selesai berolahraga, jangan lupa menandai di kalender, kapan terakhir kamu berolahraga? Supaya kalau kamu khilaf lupa workout, tinggal cek kalender langsung semangat lagi buat olahraga!

4. Selain memanfaatkan tutorial olahraga yang ada di internet, kamu bisa mengajak teman-temanmu yang juga gemar berolahraga. Supaya nggak bosen!

olahraga bareng via www.pexels.com

Mungkin kamu males dan kurang bersemangat kalau olahraga sendirian. Kamu bisa ajak teman atau kerabatmu yang juga gemar berolahraga. Nggak perlu banyak-banyak, satu sampai tiga orang sudah cukup. Kehadiran teman saat olahraga juga bisa membantumu berkomitmen dan menjaga semangatmu dalam berolahraga. Selain itu, olahraga bareng temanmu bisa menambah wawasanmu tentang dunia kebugaran, tanpa perlu saling menggurui. Olahraga senang, hati pun senang~

5. Sontek beberapa contoh kecil gerakan berikut ini yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus ke pusat kebugaran

beberapa contoh kecil yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa ke pusat kebugaran via www.workoutlabs.com

Salah satu hal yang membuat kita malas berolahraga yakni kita mungkin selalu punya pemahaman bahwa olahraga harus dilakukan selama satu jam bahkan berjam-jam. Padahal, olahraga bisa dilakukan dalam hitungan menit. Seperti beberapa gerakan HIIT cardio pada ilustrasi di atas, bisa kamu praktikkan dalam durasi 10-15 menit saja. Kamu bisa melakukannya di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau sebelum tidur. Waktu tersebut udah cukup bikin badan mu bugar kok~

Last but not least, jangan jadikan olahraga itu beban. Kamu harus tetap have fun dan nggak perlu pasang target ini itu. Tanamkan mindset bahwa olahraga itu untuk kebugaran dan menambah energi, menjaga kesehatan, serta meningkatkan hormon endorfinmu yang bisa menaikkan mood kamu. Pelan-pelan saja, karena kamu hanya ingin sehat, bukan jadi atlet. So, selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya