7 Tips Semangat Kerja di Pagi Hari Agar Produktif dan Nggak Ngantukan

Tips semangat kerja di pagi hari

Biasanya, pagi hari akan lebih berat dijalani ketika hari sebelumnya memiliki banyak aktivitas. Belum lagi jika harus begadang, tetapi dituntut untuk bangun pagi dan berangkat bekerja. Duh, sudah pasti semangat kerja di pagi hari jadi melempem.

Advertisement

Nah, untuk menyeimbangkan kegiatan padat tersebut, kamu bisa lo mengawali pagi dengan melakukan kegiatan yang tepat agar tetap semangat kerja sepanjang hari. Nah, berikut ini Hipwee beri rekomendasi 7 kegiatan yang bisa jadi tips semangat kerja di pagi hari. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Mengawali pagi dengan bangun lebih awal biar nggak terburu-buru mempersiapkan diri untuk bekerja

Photo by Los Muertos Crew from Pexels

Cara meningkatkan semangat pagi salah satunya bisa kamu lakukan dengan bangun lebih awal. Cobalah untuk rutin bangun sekitar pukul 4 atau 5 pagi sebelum memulai bekerja, lalu keluar dan hirup udara di pagi hari yang menyegarkan. Bangun pagi bisa membuatmu memiliki waktu untuk bersiap, sehingga nggak ada deh ceritanya ketinggalan barang karena terburu-buru. Perasaan tenang dalam mempersiapkan diri di pagi hari dapat membangun mood positif, lo. Jadi, lebih bahagia deh untuk bekerja sepanjang hari.

2. Jauhi kegiatan scrolling media sosial di pagi hari, biar nggak buang waktu dan malah menguras emosi

Photo by Plann on Unsplash

Siapa nih yang hobi bangun tidur terus cek media sosial? Kalau kamu masih sering melakukan hal tersebut, mulai sekarang coba untuk berhenti deh. Pasalnya, mengawali hari dengan scrolling media sosial bisa membuang waktumu lo dan nggak jarang malah bikin emosi karena melihat apa yang tidak diinginkan. Kegiatan tersebut bisa menurunkan produktivitas dan semangatmu di pagi hari. Daripada scrolling media sosial, lebih baik melakukan mediatasi untuk menenangkan diri sehingga mampu membangun semangat dalam mengawali hari.

Advertisement

3. Lakukan olahraga sebelum beraktivitas untuk mendapatkan suasana hati yang lebih bahagia di pagi hari

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Setelah bangun pagi lebih awal, kamu bisa melakukan olahraga untuk membangkitkan semangat. Tak perlu waktu lama, olahraga di pagi hari bisa dilakukan hanya dengan 10 menit aktivitas fisik. Berdasarkan laporan publikasi dalam jurnal Neuropsychologia tentang hubungan olahraga dan peningkatan kinerja otak, mengungkapkan bahwa olahraga singkat dapat meningkatkan kemampuan otak. Selain itu, olahraga mampu membuat suasana hati lebih bahagia. Kamu bisa memulai olahraga ringan dengan lari, yoga, atau jalan kaki.

4. Jangan lupa sarapan bergizi untuk meningkatkan konsentrasi dan menambah energi

Photo by Louis Hansel on Unsplash

Memulai aktivitas di pagi hari untuk meningkatkan semangat bekerja sepanjang hari dapat dilakukan dengan sarapan.  Karena perut lapar di pagi hari bisa merusak suasana hati dan meruntuhkan semangat bekerja. Oleh karena itu, meskipun terburu-buru, kamu tetap harus sarapan, terutama mengonsumsi makanan bergizi seperti sayuran. Keseimbangan nutrisi dalam sarapan yang dapat membuatmu nggak mudah lesu, lo. Sarapan merupakan ritual penting karena dapat menjadi sumber energi untuk memulai hari dan meningkatkan konsentrasi.

5. Bercengkrama dengan keluarga secara bebas dan terbuka dapat memberikan energi untuk menjalani hari karena mendapatkan dukungan semangat

Photo by August de Richelieu from Pexels

Ketika sudah mengawali pagi dengan bangun lebih awal, kamu juga memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan. Nah, kegiatan ini bisa menjadi momen untuk bercengkrama dengan keluarga, lo, menjadi kesempatan berbagi cerita di tengah kesibukan yang padat. Menceritakan pengalaman ataupun aktivitas yang akan dilakukan secara bebas dan terbuka dapat membangun semangat. Apalagi ketika anggota keluarga memberikan kata-kata positif yang juga membuat kamu lebih percaya diri dan yakin untuk menghadapi hari.

Advertisement

6. Mendengarkan musik favorit untuk mengumpulkan semangat sebelum memulai aktivitas bekerja

Photo by Soundtrap on Unsplash

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa musik mampu memengaruhi sistem saraf manusia dalam otak dan berdampak pada suasana hati. Oleh karena itu, cobalah untuk memilih jenis musik favorit bernada penuh energi dan keras untuk mengumpulkan semangat di pagi hari. Selain itu, lagu semangat di pagi hari juga bisa didapatkan melalui lirik positif dan menyenangkan. Musik dapat memacu semangat untuk bekerja, lo.

7. Memulai pekerjaan dengan rasa syukur agar selalu sadar dan berterima kasih atas setiap kesempatan yang didapatkan

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Bersyukur memang bukan perkara mudah. Namun, jika rasa syukur dilakukan secara rutin mampu meningkatkan semangat kerja di pagi hari. Dengan bersyukur, kamu bisa menjalankan aktivitas kerja sepanjang hari lebih bahagia. Bersyukur mampu memberikan kesadaran tentang betapa berharganya kesempatan yang telah diberikan.

Itu dia 7 kegiatan untuk mengawali pagi agar semangat kerja sepanjang hari. Meski bagi sebagian orang tidak mudah, kegiatan tersebut ampuh untuk membangkitkan semangat kerja di pagi hari lo jika dilakukan dengan konsisten. Perubahan tidak dapat terjadi hanya di tempat tidur, yuk SoHip semangat mencoba kegiatan di atas!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE