6 Cara Mengusir Tawon yang Bersarang di Rumah, Bikin Rumah jadi Aman

cara mengusir tawon

Meski berguna karena biasa memangsa larva dan hama kebun, tawon bagi sebagian orang tetaplah serangga yang mengerikan. Sedikit terusik, sengatannya bisa bikin kapok. Terlebih, jika tawon tersebut tiba-tiba singgah dan betah di rumah kita. Dengan keadaan seperti itu, kamu tentu harus mengetahui cara yang ampuh untuk mengusir tawon dari rumah.

Advertisement

Yang bikin sebal itu kadang si tawon doyan bikin sarang di penjuru rumah. Biasanya di bawah atap atau langit-langit. Melihat bentuk sarangnya dan membayangkan jumlah mereka di dalam saja sudah bikin bergidik ngeri. Apalagi kalau harus ngusir. Makasih. Tapi kalau nggak diusir juga jadi parnoan. Tenang, Hipwee Tips punya 6 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tawon. Yuk, simak bersama-sama!

1. Racik minyak esensial untuk disemprot ke sarang tawon

cara mengusir tawon

Racikan minyak esensial | Credit by cewekbanget.grid.id

Menurut riset, minyak esensial terbukti ampuh buat usir tawon. Kamu bisa bikin sendiri dengan mencampurkan cengkeh, serai, dan bunga geranium yang sering ada di taman dengan sedikit air. Setelah itu, semprotkan ke sarang tawon dan area sekitar rumah. Catatan penting: lakukan di waktu si tawon lagi ngelayap ya. Biasanya mereka akan keluar sarang siang hari.

2. Atau bisa gunakan campuran sabun dan air

Campuran air dan sabun | Credit by www.harapanrakyat.com

Cara selanjutnya untuk mengusir tawon adalah menggunakan sabun dan air. Boleh sabun cuci piring atau sabun mandi. Terapkan metode yang sama yakni mencampurkannya lalu semprotkan ke sarang dan area sekitar rumah. Cara ini bakal menghalangi rongga udara pada sarang tawon.

Advertisement

3. Bikin perangkap tawon dari botol bekas

cara ampuh mengusir tawon

Perangkap tawon dari botol minum bekas | Credit by xcleaning.net

Kamu bisa jebak si tawon dengan perangkap dari botol bekas. Caranya gampang, cukup siapkan botol plastik bekas, gunting jadi dua bagian. Lalu potongan botol bagian atas diselipkan ke bagian yang bawah seperti di gambar. Rekatkan dua bagian tersebut, lalu tambahkan cuka sebagai umpan. Kenapa cuka? Biar lebah yang baik nggak ikut-ikutan terjebak.

4. Sarang palsu untuk kelabui tawon

tips mengusir tawon

Sarang tawon palsu dari rajutan | Credit by www.buybrittique.com

Jika cara di atas belum ampuh untuk mengusir tawon, kamu bisa gunakan cara ini. Tawon adalah serangga yang sifatnya teritorial. Jadi dengan adanya sarang palsu, tawon akan menganggap sudah ada koloni lain yang bermukim di rumahmu dan mereka urung mampir. Kamu bisa bikin sarang palsu dengan rajutan menyerupai sarang yang asli, atau dengan kertas menyerupai sarang burung. Lalu isi dengan ranting dan potongan kertas. Gantung sarang palsu tersebut di luar rumah dekat jendela.

5. Perbaiki bagian rumah yang rusak, terutama kayu yang lapuk

Perbaiki bagian rumah yang lapuk | Credit by upefl.com

Untuk langkah antisipasi invasi tawon, kamu harus perbaiki bagian rumah yang rusak. Biasanya tawon akan bikin sarang di bagian rumah yang rusak. Kayak plafon pintu yang lapuk atau rongga lain di kayu. Jadi kalau di rumahmu terdapat kerusakan yang terkesan sepele, segera perbaiki atau tutup sementara dengan semen atau lem.

Advertisement

6. Simpan bahan makanan dengan baik dan jaga kebersihan tempat pembuangan sampah di rumah

cara mengusir tawon

Simpan bahan makanan dan jaga kebersihan tempat pembuangan sampah di rumah | Credit by bp-guide.id

Kenyataannya, tawon lebih banyak bersarang di rumah dengan tempat sampah terbuka. Hal ini karena mereka mengincar sisa makanan yang membusuk untuk berkembang biak. Usahakan untuk selalu tutup tempat pembuangan sampah baik di luar atau dalam rumahmu. Selain itu, sama seperti hewan lain, tawon tertarik dengan makanan terutama yang manis. Jadi pastikan kamu sudah menyimpan sumber makanan dengan rapat, ya.

Itu dia 6 cara yang bisa kamu terapkan untuk mengusir tawon dari rumah. Nah, nggak perlu repot-repot lagi ngusir tawon dengan cara lama. Yakni sampai harus bakar ban bekas di bawah sarangnya. Selain ribet, hal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan karena pembakaran melepas asap beracun. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE