Tools ‘Ajaib’ untuk Content Creator, Bekal Memproduksi Konten dari Nol

Menjelang jam makan siang, Rania masih menatap layar laptopnya dengan muka kusut. Ketika melihat ke meja sampingnya, kondisi Ardi yang menjadi rekan kerja Rania pun nggak jauh beda. Keduanya adalah content creator di sebuah perusahaan media digital. Kini, dua-duanya tengah menghadapi krisis ide sampai nggak tahu harus membuat konten apa untuk promosi.

Apakah kamu juga pernah mengalami hal yang sama seperti Rania dan Ardi? Rasanya pasti nggak enak, ya. Sebagai content creator, kamu harus bisa membuat dan merancang konsep ide untuk disebarkan ke beragam platform, tapi bagaimana bila kamu merasa seperti di jalan buntu? Seolah nggak ada jalan untuk menemukan ide-ide baru yang cemerlang.

Nah, sebenarnya kendala seperti ini bisa diatasi, lo, dengan tools ‘ajaib’. Dengan bantuan beragam aplikasi, kamu bisa merancang konten dari nol sampai benar-benar siap dipublikasikan. Ini dia beberapa tools ‘ajaib’ yang masih sedikit orang yang tahu, padahal sangat menunjang.

1. Serahkan aja urusan catat-mencatat pada situs Evernote

Saat proses perencanaan konten, situs Evernote ini sangat mungkin untuk dimaksimalkan. Dengan situs ini,  kamu bisa mencatat ide dan konsep konten dengan rapi. Selain itu, kamu bisa mencatat semua sumber referensi yang digunakan untuk bahan pembuatan konten.

Apa saja yang bisa dicatat dalam Evernote?

  • tulisan
  • foto
  • dokumen
  • daftar pekerjaan atau daftar tugas

Kelebihan lainnya adalah kamu bisa menyinkronkan catatan di Evernote ke semua perangkat gawai yang kamu miliki sehingga kamu bisa membukanya meski sedang offline.

Evernote/ Illustration by Hipwee

2. Butuh kerjasama dengan influencer? Coba deh gunakan Hypeauditor!

Dunia pembuatan konten biasanya dekat sekali dengan yang namanya influencer. Untuk menaikkan exposure nih, pembuat konten kadang menggaet influencer untuk kerjasama. Di tahap ini, memilih influencer harus benar-benar dipertimbangkan supaya sesuai dengan target dan kebutuhan.

Salah satu situs yang membantumu memilah dan memilih influencer adalah Hypeauditor. Platform ini bisa mendeteksi dan menganalisis influencer dari skala 1-100. Dengan informasi yang cukup lengkap, kamu bisa menggunakan data di Hypeauditor untuk mengukur keuntungan bila bekerjasama dengan seorang influencer. Yang perlu kamu ingat, platform ini berbayar, ya. Jadi, pastikan kamu menyiapkan bujet.

3. Pantau media sosial dengan tepat dan cermat melalui platform Keyhole

Buat kamu yang mengelola konten media sosial, platform Keyhole ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Pasalnya, kamu dapat melihat kinerja hostoris dan real-time akun yang kamu kelola. Kamu akan bisa melacak hashtag, tag, kata kunci, hingga URL dari semua unggahan yang ada.

Tim Dalam Artikel Ini