Hampir setiap cewek menginginkan punya kulit bersih, mulus, terlihat cerah nan menawan. Namun, apa daya aktivitas yang padat dan udara yang nggak bersahabat seringkali jadi penyebab kulitmu jadi kering. Berbagai perawatan di salon kecantikan atau melakukan sendiri di rumah pun sudah dilakukan, namun sayangnya kulitmu tetap saja kering.

Tapi, punya kulit kering belum tentu bikin penampilanmu jadi kiamat seharian, kok. Kamu bisa memanfaatkan dengan baik polesan make-up biar wajahmu nggak terlihat kusam. Biar kamu makin bisa upgrade penampilan, langsung saja yuk simak 9 trik make-up dari Hipwee Tips berikut ini!

1. Membersihkan wajah itu wajib hukumnya. Apapun jenis kulitmu, ritual ini harus selalu rutin dilakukan

bersihkan wajah via letsnessa.tumblr.com

Rutinitas satu ini harus selalu kamu lakukan dan nggak boleh terlewat. Yup! Apapun jenis kulitmu sebenarnya wajib membersihkan wajah secara teratur, biasanya sih setiap mandi atau dua kali sehari. Hal ini sangat penting untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas.

Di pagi hari pun, membersihkan wajah dapat meningkatkan kesegaran tubuh sehingga bikin kamu lebih semangat memulai hari. Karena kulitmu kering, sebaiknya pilih sabun pembersih yang memang diformulasikan khusus untuk dry skin.

2. Jangan pernah lupakan pelembab wajah (moisturizer), terutama oleskan di bagian yang paling kering

Advertisement

pelembab itu perlu via www.womenshealthmag.com

Biar terjaga kelembabannya, kamu perlu aplikasikan pelembab setelah membersihkan wajah. Tak perlu aplikasikan terlalu banyak, secukupnya saja terutama di area yang sangat kering, seperti sekitar hidung dan dekat alis.

Agar penggunaan pelembab wajah jadi maksimal, kamu pilih pelembab yang diperuntukkan khusus untuk kulit kering, yakni yang mengandung extra-hydrating. Oleskan secara perlahan biar kulit wajah nggak rusak, dan kesehatan kulit tetap terjaga.

3. Sebelum merias wajah nggak ada salahnya pakai face primer. Ini penting supaya riasan make-up mu makin sempurna

face primer via makeup.vidalondon.net

Apa itu face primer?

Face primer adalah krim yang dikhususkan untuk menjadi dasar sebelum mengaplikasikan bedak atau make-up, agar hasilnya lebih natural, halus dan tahan lama.

Kulit kering itu memang nggak boleh sembarangan mengaplikasikan make-up, untuk itu kamu perlu pakai face primer sebelum merias wajah. Hal ini karena face primer berguna untuk menghaluskan kulit sehingga saat makeup dipoleskan dapat menyatu dengan baik.

Caranya; oleskan pada wajah di bagian tertentu, seperti dagu, hidung, pipi, atau dahi secukupnya saja. Jangan lupa, tepuk-tepuk halus bagian yang kamu oleskan itu biar face primer-nya menempel sempurna.

4. Kulit di area mata pun tak boleh luput dari perhatian, karena bagian ini juga rentan mengalami ‘kekeringan’

terlihat ‘kan bedanya? via mommyontheloose.com

Bisa dibilang, mata adalah bagian wajah yang bikin penampilanmu terlihat makin “wow”. Dan nggak jarang juga, kulit di area mata sangat mudah mengalami kekeringan. Oleh karena itu, kamu perlu gunakan eye primer buat melembabkan, misalnya pada kelopak mata. Dengan begitu area matamu nggak cuma lembab saja, tapi juga make-up-nya seperti eye shadow dan eye liner makin menyatu maksimal.

Tinggal gunakan secukupnya pada area mata dan tepuk perlahan. Riasan mata nggak cuma jadi awet, tapi juga bikin penampilan makin menawan.

5. Karena bibir juga bagian dari kulit wajah, merawatnya dengan lip balm dan ritual lain juga wajib dilakukan

coba chapstick deh via www.dherbs.com

Karena kulit kering bisa juga berdampak pada bibir pecah-pecah, nggak ada salahnya kamu coba gunakan lip balm buat mengatasinya. Pastikan kamu selalu gunakan lip balm sebelum berdandan biar lipstik jenis apapun yang menempel pada bibir nggak akan terlihat pecah-pecah.

Bukan hanya riasan saja yang bisa menawan, tapi juga bibirmu bisa merah merona. Nggak ada lagi deh bibir kering yang bikin penampilanmu kayak kiamat seharian!

6. Zaman sekarang, BB Cream, foundation atau alas bedak sudah dilengkapi dengan pelembab. Coba, dan rasakan sendiri hasilnya!

gunakan foundation via www.huffingtonpost.com

Buat kamu yang nggak suka make-up, biasanya kalau lihat ada yang lagi dandan dan lagi pakai BB cream atau foundation, anggapanmu pasti berlebihan. Padahal, revolusi make-up ini punya “sihir” khusus yang bikin kulit wajah keringmu terselamatkan.

Namun, supaya hasilnya sempurna kamu harus pilih BB Cream dan foundation yang mengandung bahan-bahan khusus untuk kulit kering. Kalau kamu udah memoleskannya pada bagian wajah secara perlahan, hasilnya bukan mempercantik penampilan saja, tapi juga memberi kesegaran sehingga kamu terlihat makin cerah.

Karena kulitmu kering sebaiknya pilih foundation cair karena bagus melembabkan kulit. Sebab, kalau kamu nekat pakai foundation bubuk, yang ada kulitmu malah makin kering lantaran versi bubuk ini dikhususkan buat kulit berminyak yang bakal menyerap minyak-minyak pada wajah.

Memoleskan BB Cream atau foundation pun bisa kamu lakukan pakai jari-jari secara perlahan ke wajah maupun gunakan kuas secara halus. Poleskan krim ‘ajaib’ ke seluruh bagian wajah, kecuali bagian kelopak dan bawah mata ya.

7. Facial spray atau penyemprot wajah khusus juga kamu perlukan, demi wajah lembab seharian

facial spray via www.womensweekly.co.nz

Bukan hanya kesegaran yang kamu dapat dengan menyemprotkan facial spray, tapi aplikasi make-up yang sempurna bakal kamu dapatkan. Hal ini karena riasanmu bakal awet dan kulit terjaga kelembabannya dengan facial spray.

Kamu bisa membeli atau berkonsultasi dulu ke dokter kulit sebelum memakai facial spray ini, ya. Harganya pun cukup mahal, so pikir-pikir dulu saja.

8. Sama dengan kulit berminyak, kulit kering juga nggak boleh pakai make-up terlalu berlebihan. Begini aturannya…

tinggal aplikasikan makeup deh via www.fabogo.com

Karena kulit wajahmu itu kering, maka kamu perlu perhatikan kosmetik yang digunakan.

  • Misalnya saja, blush on yang dipakai sebaiknya pilih yang cair, begitupun dengan lipstik. Hanya saja untuk lipstik, jika kamu tetap mau pakai lipstik matte, maka sebelumnya perlu pakai lip balm buat mengatasi bibir pecah-pecah.
  • Berbanding terbalik dengan kulit berminyak, kulitmu yang kering sebaiknya memilih bedak padat daripada yang tabur (kecuali kulitmu berjerawat parah).
  • Sama seperti BB Cream, foundation, face primer, concelear, pilihlah yang nggak banyak mengandung alkohol, biar kulit keringmu nggak gampang mengelupas.

Kini, kulit kering bukan halangan lagi buatmu tampil keren sehari-hari. Kamu nggak bakal terlihat kering dan kusam lagi, bahkan pesona yang kian terpancar ini buat kamu jadi pusat perhatian ke manapun kamu pergi. Tanpa perlu khawatir penampilanmu terlihat kayak kiamat seharian, sekarang kamu udah bisa melangkah dengan penuh percaya diri!