6 Cara Dapatkan Foto Sunset Anti Gagal Meski Cuma Pakai Kamera HP. Hasilnya Bak Profesional

Trik memfoto sunset

“Foto sunset di IG kamu siapa yang motret? Keren banget, asli!”
“Aku sendiri dong.”

Advertisement

Momen matahari terbenam memang menakjubkan, nggak heran kalau banyak orang mencoba mengabadikannya menjadi sebuah foto. Meski kelihatannya mudah, namun ternyata untuk dapat foto sunset yang sempurna cukup sulit. Apalagi, kadang turunnya sunset cukup sulit diperhitungkan waktunya.

Memang sih bukan fotografer handal, tapi kamu bisa kok mendapatkan foto sunset yang menarik jika menerapkan beberapa trik ini. Nggak perlu DSLR mahal, pakai kamera HP saja sudah cukup!

1. Bersiaplah setengah atau bahkan satu jam sebelum waktu prediksi matahari tenggelam

atur tempat dan kamera via willkingphotography.blogspot.com

Pergerakan sunset bisa dibilang cukup cepat. Nah, karena belum tentu satu kali foto langsung dapat bagus, makanya kita perlu menyediakan waktu lebih di awal untuk mempersiapkan dengan matang. Sambil menunggu, kamu bisa mencari spot dan angle yang tepat.

Advertisement

2. Atur atau aktifkan exposure focus di kamera HP-mu

atur fokus via witharsenal.com

Buka kamera di layar HP, lalu ketuk di sekitar objek. HP-mu akan menyesuaikan exposure-nya sendiri secara otomatis. Nah, kamu cuma perlu menahan di posisi ini untuk mengunci fokus dengan cara menggesernya ke arah bawah.

Biar nggak gelap, jangan ketuk fokus di bagian mataharinya, ya! Jangan juga mengetuk di area jalan atau gedung di sekitar matahari karena bakal jadi over exposure.

3. Biar lebih gampang, aktifkan saja gridlines di kamera ponsel

aktifkan grid lines via www.imore.com

Posisi objek yang sesuai bikin foto tampak lebih menarik. Lagipula dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mendapatkan komposisi gambar yang seimbang lo! Nah, biar foto sunsetnya nggak gagal, posisikan HP tepat berada di bawah kaki langit atau garis horizon, ya!

Advertisement

4. Aktifkan fitur HDR yang ada di kamera bawaan HP

aktifkan HDR via twitter.com

Fitur ini bisa membuatmu mendapatkan beberapa foto sekaligus. Biasanya, ada foto yang exposure-nya normal, under, dan bahkan over. Nah, dari ketiga hasil ini, kamu bisa memilih foto mana yang paling sesuai dengan seleramu, tinggal simpan dan unggah deh ke media sosial. Hehehe~

5. Pastikan kamu nggak banyak gerak, atau biar lebih stabil, pakai tripod saja

pakai tripod via www.bogenphoto.com

Agar hasil fotonya pas dan nggak blur, pastikan kamu berada di tumpuan yang stabil supaya nggak goyang-goyang. Tapi, kalau dirasa sulit, mending pakai tripod saja.

6. Haram hukumnya untuk mengaktifkan flash dan pakai zoom saat memotret sunset

jangan pakai zoom dan flash via pro-review.site

Menyalakan flash justru akan membuat foto sunset jadi lebih gelap, sehingga mataharinya nggak kelihatan. Meski tergiur mendapatkan foto objek yang lebih dekat, usahakan buat nggak pakai fitur zoom. Mending kamu yang maju deh! Soalnya, fitur zoom ini akan menurunkan kualitas foto dan malah bikin sunset-nya jadi nggak jelas.

Nah, karena momen sunset ini cuma sebentar, potretlah sebanyak-banyaknya. Biar nanti kalau sudah selesai tinggal pilih mana yang paling bagus. Jangan buru-buru beranjak jika matahari sudah terbenam, soalnya kadang pemandangan setelahnya juga nggak kalah keren lo. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE