6 Cara Mudah Mengambil Foto Siluet Anti Gagal. Nggak Harus Pakai Kamera DSLR Super Canggih kok!

Foto siluet dengan kamera HP

Meski hanya terlihat kontur objeknya saja, foto siluet jadi salah satu potret estetis yang menarik perhatian. Apalagi jika background-nya pemandangan alam yang cantik. Sayangnya, beberapa orang masih sering gagal mengambil foto siluet yang sedap dipandang mata.

Advertisement

Sebenarnya, foto siluet yang bagus nggak harus pakai kamera DSLR mahal lo, kalau kamu bisa menerapkan trik yang tepat, pakai kamera HP pun bisa kok. Coba praktikkan beberapa caranya berikut.

1. Potretlah objek dari arah yang berlawan dengan datangnya sinar matahari

berlawanan dengan sinar matahari via www.ruangobrol.id

Karena pada dasarnya foto siluet timbul karena efek backlight, maka kamu perlu memperhatikan arah sinar matahari pada objek. Biasanya, semakin terang intensitas cahaya dari arah belakang objek, maka efek siluetnya pun akan semakin terlihat.

2. Jangan lupa matikan lampu flash ketika berniat mengambil foto siluet

jangan pakai flash via style.tribunnews.com

Cahaya flash bisa menyinari objek dan membuat foto siluet jadi gagal. Kalau memang mau pakai flash, kamu bisa mengarahkannya ke samping agar nggak menyorot objek secara langsung.

Advertisement

3. Agar hasilnya maksimal, atur juga ISO di kamera ponselmu

Rendahkan ISO supaya efek gelap nggak membuat foto siluet jadi noise. Kamu bisa mengantur ISO mu menjadi 150, atau kalau mau efek cahayanya lebih kecil, atur ke 200 juga nggak masalah kok. Selain itu, manfaatkan juga fitur autofocus agar hasil foto lebih maksimal.

4. Memotret dengan low angle juga patut kamu pertimbangkan agar hasil siluetnya lebih bagus

low angle via www.nikonusa.com

Low angle dirasa tepat karena memungkinkanmu untuk memosisikan subjek dengan background foto yang unik. Posisikan ponselnya menghadap sinar matahari namun buatlah sedikit ke bawah. Nah, biar hasilnya makin menarik, kamu bisa coba berpose seperti penari balet atau melompat.

5. Agar pergerakan objek nggak ada yang terlewat, kamu bisa memanfaatkan fitur burst shot 

pakai burst shot via www.popsci.com

Fitur ini memungkinkanmu untuk mengambil banyak foto dalam satu kali jepret. Atur shutter speed dan berapa banyak jumlah foto yang kamu ambil supaya semua hasilnya bagus dan makin ciamik. Fitur ini bisa kamu gunakan jika ingin menangkap potret burung yang terbang di sore hari.

Advertisement

6. Usahakan untuk memotret objek yang berkarakter agar karya fotomu makin bagus

Eksplor area yang akan kamu ambil angle-nya untuk menangkap foto. Jangan langsung potret objeknya, cobalah dulu memfoto benda-benda di sekitarmu sebelum memilih mana yang akan dijepret.

Kalau dirasa masih kurang oke, kamu bisa mengedit fotomu lebih dulu sebelum diunggah ke medsos. Selamat mencoba!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE