Menyenangkan diri sendiri itu wajib hukumnya. Kamu yang selama ini selalu berdiam diri di kamar ketika uang sedang tipis-tipisnya, percayalah bahwa ini bukan satu-satunya cara. Masih banyak hal di luar sana yang bisa kamu lakukan, meski di dompetmu saat ini tak bersemayam satu pun uang.

Seperti beberapa hal yang berhasil Hipwee Tips rangkum ini, bahwa uang memang bukan segalanya. Kesenanganmu takkan pernah bisa dibeli hanya dengan lembaran rupiah yang selama ini orang-orang dewakan. Senang-senang itu WAJIB dan kamu berhak memilikinya!

1. Biar segala gundahmu minggat, karaoke sendiri di kamar bisa jadi obat yang paling mujarab

karaoke via tumblr.com

Kamu bisa mendownload secara gratis lagu-lagu favorit yang nantinya akan kamu nyanyikan. Bisa di laptop atau handphone, yang jelas kamu bisa menciptakan konsermu sendiri di kamar dengan suara ala kadarnya, tapi tetap menyenangkan.

Suara kamu mungkin nggak semerdu Ed Sheeran atau Taylor Swift, tapi dijamin cara ini bisa langsung bikin kamu terbebas dari stress. Biar makin mendukung, lagunya yang semangat juga dong. Biar nggak ikutan baper kalau nyanyiin lagu galau. Hehehe…

2. Saat bosan mulai melanda dan bingung mau ke mana, nonton film kartun bakal membuatmu kembali bahagia

Advertisement

pak polisi santai dulu nonton masha and the bear via vignette3.wikia.nocookie.net

Siapa sih yang nggak suka nonton film kartun? Karena film kartun memang film yang dibuat untuk menghibur. Kalau nonton film kartun kalian juga ngga perlu mikir alur ceritanya gimana atau penasaran sama ending-nya gimana. Ya sudah sepanjang kamu nonton, kamu akan ketawa-ketawa aja gitu lihat aksi tokoh kartun.

3. Atau, jadikan laptopmu layaknya bioskop mini dengan maraton nonton film

maraton film via shutterstock.com

Entah film Lokal, Barat, Korea atau India, yang jelas ini bisa membuat harimu tambah bahagia. Kala uaang di dompet terlalu sayang untuk dibelikan tiket bioskop, menyetel koleksi film di laptop akan menjadi solusi paling ampuh.

Kamu bebas menangis, tertawa bahkan sampai tertidur pulas di kamar ketika maraton film di tengah kebokekan yang sedang melanda.

4. Bersepeda keliling kota; bikin sehat dan gratis!

sepedaan via dailymail.co.uk

Kalau selama ini kamu lebih sering bepergian naik motor, maka sudah saatnya kamu mencoba berkeliling kota dengan menggunakan sepeda. Kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda dibandingkan kamu naik motor atau mobil, walaupun capek lah yang akan dirasa.

Cuma capek itu akan terbayar dengan keseruan saat kamu bersepeda. Kamu bisa melihat sekelilingmu secara lebih dekat. Dan yang paling seru kalau kamu ketemu dengan pesepeda lain, kamu akan disapa dengan ramah oleh mereka walaupun kalian sebelumnya nggak saling kenal. Karena mungkin semakin kesini makin sedikit orang yang masih mau naik sepeda. Jadi ketika ketemu mereka yang sama-sama lagi naik sepeda, kayak lagi ketemu sama teman senasib dan seperjuangan.

Coba aja kamu naik motor atau mobil terus kamu sembarang nyapa orang di jalan, yang ada kamu malah dianggap aneh.

5. Lupakan diet. Makan makanan yang emang pengen kamu makan!

lupakan diet! via pexels.com

Ngemil gorengan atau snack warung yang tadinya kamu takut untuk makan, saat bokek inilah saatnya kamu ditantang! Lupakan dulu lengan dan pahamu yang bergelambir, bersenang-senang lah selagi bisa.

6. Bacalah buku yang selama ini sebenernya pengen kamu baca, tapi selalu nggak ada waktu

baca buku bikin pinter juga via rodriguezdanyelise.files.wordpress.com

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan ini nggak berlebihan dan ada benarnya juga. Lewat buku kamu bisa tahu banyak hal tentang sesuatu meski kamu sendiri belum pernah mengalami atau tahu tentang suatu tempat meski kamu belum pernah kesana.

Saat kamu butuh kegiatan refreshing yang nggak perlu keluar duit, baca buku adalah salah satu caranya. Dengan baca buku, imajinasimu diajak jalan-jalan oleh penulis yang bukunya sedang kamu baca. Jadi walaupun secara fisik kamu belum bisa jalan-jalan, ya minimal pikiran sama imajinasimu dulu aja yang jalan-jalan.

7. Nyalain lagu dengan beat cepat, lalu jogetlah semaumu!

joget aja baaang via i.crackedcdn.com

Menurut beberapa orang, joget-joget nggak jelas dengan musik ber-beat cepat diyakini mampu menjadi mood booster. Nggak cuma bikin bahagia, kegiatan gratis yang satu ini bisa membuat harimu selalu bersemangat!

8. Selfie sesuka hati juga bagian dari membahagiakan diri. Menyenangkan tapi nggak perlu uang sama sekali!

selfie buat dipajang di socmed via tctechcrunch2011.files.wordpress.com

Foto profilmu di sosial media itu-itu saja? Mumpung lagi nggak ada kerjaan, waktunya kamu bikin foto selfie yang layak untuk dipajang. Walaupun nggak lagi mau pergi kemana-mana, nggak ada salahnya kamu dandan dan pakai pakaian terbaikmu. Terus ambil selfie dengan berbagai gaya, deh! Dijamin, foto selfie-mu ini nggak akan malu-maluin kalau dipajang di sosial media.

9. Bereksperimen dengan mengutak-atik kamar, sembari menunggu gaji atau uang kiriman datang 🙂

utak-atik kamar via appetitepaper.com

Biar kamu makin betah di dalam kamar, kamu bisa mulai dengan menata ulang tata letak di kamarmu. Cara ini juga bisa menghalau rasa bosan dengan dekorasi kamar yang itu-itu saja. Kamu juga bisa sekalian bersih-bersih barang di dalam kamar yang udah nggak kepake lagi. Kalau kamar udah baru dekorasinya dan bersih, bikin hati senang juga, ‘kan?

Terbukti ‘kan kalau bersenang-senang itu nggak cuma butuh uang? Kamu bisa melakukan banyak hal di luar foya-foya, yakni membahagiakan diri dengan cara yang sederhana. Yeeaaaaay!