Sebagai anak, apa kamu merasa dibatasi sama orang tuamu? Misalnya, kamu nggak boleh ambil jurusan seni? Nggak boleh merantau? Belum boleh pacaran? Atau dilarang keluar malam?

Walaupun hidup kita masih ditanggung sama orang tua, tapi ketika kita merasa cukup dewasa dan punya hak buat memutuskan sesuatu, batasan-batasan dari orang tua kadang bisa bikin stres atau frustasi.

Kalau kamu lagi mengalami masalah seperti ini, kamu nggak perlu sedih atau stres ya, guys! Coba deh terapkan tips berikut ini buat bernegosiasi sama orang tuamu.

Siapkan ‘Amunisi’ Sebelum Diskusi dengan Orangtua

1. Wajib Cari Informasi Lebih Dulu

wajib cari informasi dlu via c1.staticflickr.com

Pertama, kamu harus siap dengan topiknya alias ‘apa sih yang mau kamu minta ke orang tuamu’. Siapkan jawaban yang logis ketika nanti mereka memberi pertanyaan ke kamu.

Advertisement

Misalnya, kamu pengen banget kuliah di luar kota, maka sampaikan pada orang tuamu apa alasannya. Hitung kasar biaya hidup yang sekiranya kamu butuhkan. Lalu, gimana kesiapanmu buat hidup mandiri (baca: sendirian), atau kamu punya teman atau saudara di kota tujuanmu itu.

Kalau kamu bisa ngomong ke orang tua dengan cara yang tenang dan argumen yang jelas, mereka bisa melihat kalau kamu emang udah benar-benar siap. Kamu minta karena beneran pengen dan mau, bukan sekedar emosi atau ikut-ikutan teman.

2. Pengen Nginap di Rumah Teman? Catat Nomor Telepon Rumahnya

pengen nginep di rumah teman? via i.huffpost.com

Kamu harus menginap di rumah salah satu temanmu karena ada tugas kelompok. Sebaiknya, kamu minta ijin ke orang tua sambil menyerahkan alamat dan nomor telepon rumah temanmu itu. Jadi, kalau sewaktu-waktu orang tua pengen ngecek lebih gampang.

Percaya nggak kalau kadang kita malas melakukan hal sederhana ini. Kita berpikir negatif dan menganggap kalau orang tua nggak percaya sama kita. Padahal, kalau kita emang beneran nginep di rumah teman itu buat belajar kelompok, ya santai aja kalau orang tua mau ngecek, ya ‘kan?

3. Bikin Daftar Prioritas

bikin daftar prioritas via www.so-many-places.com

Biar nggak bingung atau ngelantur ketika negoisasi sama orang tua, coba bikin catatan lebih dulu. Tulis poin-poin apa aja yang jadi prioritasmu. Misal, dari 5 poin yang kamu tulis, ada 3 prioritas yang bakal kamu perjuangkan ‘mati-matian’ dan 2 poin tambahan yang kalau emang ditolak, kamu masih bisa menerimanya.

Strategi Buat Meyakinkan Orangtuamu

4. Pilih Waktu yang Tepat

ngomong itu pas orang tua lagi bahagia via 3.bp.blogspot.com

Yup, kalau mau ngomong sama orang tua, wajib banget liat situasi dan kondisinya ya, guys! Jangan sekali-kali ngajak diskusi pas orang tuamu pulang kerja dan kelihatan capek. Jangan pas akhir bulan ketika mereka juga lagi stres mikirin daftar tagihan yang harus dibayar.

Pilih waktu yang tepatnya, misal weekend atau sore hari ketika mereka lagi nonton tv atau santai di teras. Yang jelas, mood mereka harus pas kelihatan senang.

5. Nada dan Gaya Bicara Juga Penting

pakai bahasa yang halus dan sopan via i.huffpost.com

Wajib banget bicara dengan nada yang halus dan gaya yang sopan. Jangan diskusi dengan nada tinggi, marah, atau terkesan minta ‘harus dituruti’. Itu justru memperlihatkan kalau kamu emang belum dewasa.

6. Beri Waktu Buat Mereka Berpikir

butuh waktu buat berpikir via c.tadst.com

Jangan memaksa mereka buat langsung atau segera kasih jawaban. Mungkin, kamu harus menunggu beberapa jam atau beberapa hari supaya mereka bisa berpikir dan memutuskan. Sampaikan juga bahwa kamu siap jika mereka masih punya pertanyaan atau hal-hal lain yang ingin disampaikan di lain hari.

7. Kesepakatan yang Bikin Semua Senang

kesepakatan yang bikin semua senang via static.rappler.com

Sebuah kesepakatan itu baiknya bisa bikin dua pihak merasa senang. Misalkan, kamu pengen kuliah di luar kota yang otomatis bikin orang tua harus mengeluarkan biaya lebih banyak. Solusinya, kamu bisa menawarkan diri buat kerja sampingan biar punya uang jajan sendiri. Jadi, orang tua cukup bayar uang kuliahmu aja, deh!

Kalau Ternyata Mereka Bilang ‘Tidak!’

8. Tanya Apa Sebabnya

kalau ditolak, tanya kenapa via www.blogofmanly.com

Kalau orang tua menolak permintaanmu, coba tanyakan dulu alasannya. Kadang alasan dari mereka emang benar, tapi sering juga nggak masuk akal. Jadi, siap-siap aja, ya!

Orang tua biasanya akan bersikap terbuka kalau kamu bisa berdiskusi secara dewasa. Tanyakan apa yang bikin mereka khawatir dan coba yakinkan kalau kamu bisa mengatasi hal itu.

9. Yakin Kamu Nggak Bikin Masalah Sebelumnya?

jangan bikin masalah via www.womansday.com

Biasanya, orang tua menolak permintaan anaknya karena ada hal lain yang nggak dikerjakan si anak dengan baik. Misal, kamu minta hadiah motor baru tapi nilai ujianmu jelek, atau minta liburan ke Bali tapi kamu terkenal malas dan nggak pernah bantu-bantu kerjaan rumah. Ya, gimana donk!

10. Tetap Bersikap Baik

walaupun kecewa, kamu tetap bersikap baik via cms.interaksyon.com

Ketika orang tua menolak permintaanmu, jangan perlihatkan kalau kamu sedih atau marah. Usahakan buat bersikap biasa aja. Mungkin mereka bersikap seperti nggak peduli sama kamu, tapi mereka sebenarnya sedang memperhatikanmu. Kalau kamu bisa menerima sebuah penolakan, mereka bakal sadar kalau kamu udah makin dewasa.

11. Putar Otak, Ubah Strategi!

Putar Otak, Ganti Strategi! via www.indonesianfilmcenter.com

Jangan pantang menyerah. Kalau strategi dan argumenmu mental alias gagal, coba ganti argumen yang lain. Yang pasti, jangan pakai argumen atau alasan yang sama. Tunjukkan kalau kamu punya banyak alasan positif untuk keinginan yang sedang kamu perjuangkan.

12. Ya Udah Sih, Woles Aja…

udah lah, woles aja via p1.pichost.me

Kadang, yang bisa kamu lakukan cuma ikhlas menerima penolakan mereka. Kamu mungkin bisa coba lagi nanti, di lain kesempatan. Tetap bersikap wajar dan santai. Bukan nggak mungkin dalam satu atau dua hari mereka bisa  berubah pikiran, lho!

Well, mau minta apa sih ke orang tuamu? Biar negoisasi bisa sukses, ikutin tips di atas ya, guys! Selamat berjuang…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya