4 Jam-jam Ngemil yang Nggak Bikin Badan Melebar. Bocoran Buatmu yang Susah Menahan Lapar

Waktu tepat untuk ngemil

Hampir semua orang suka ngemil. Meski sebenarnya bukan masalah yang besar, berat badan bakal naik kalau ngemilnya di jam-jam ‘rawan’, plus kalau keseringan. Apalagi kalau yang dicamil makanan berlemak atau yang bertabur micin gurih atau pedas.

Advertisement

Selain mengganti menu camilan ke yang lebih sehat, perhatikan juga waktu ngemilnya kalau kamu nggak pengen badanmu makin melebar. Ini lo, beberapa rekomendasi waktu tepat buat ngemil, langsung dari pakarnya. Mulai ubah kebiasaanmu sekarang juga!

ADVERTISEMENT

1. Silakan ngemil di dua sampai empat jam setelah waktu makan sebelumnya

2 atau 4 jam setelah makan via m.tribunnews.com

Selama dua hingga empat jam setelah makan, tubuh masih akan bekerja maksimal dan mencerna makanan yang dimakan sebelumnya. Nah, di waktu itu, kamu boleh ngemil agar di jam makan selanjutnya kamu tetap bisa mengontrol porsi. Pilih camilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah lo, ya!

ADVERTISEMENT

2. Satu jam setelah melakukan aktivitas yang butuh banyak tenaga adalah waktu yang tepat buat ngemil

setelah olahraga via bandungkita.id

Aktivitas yang dimaksud ialah yang menghabiskan kalori seperti berolahraga. Ngemil di waktu ini berfungsi mengembalikan energi dan gula darah dalam tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang punya cukup kalori dan protein, ya! Tapi kalau aktivitasmu kurang dari satu jam dan dengan instensitas ringan ya mending nggak usah ngemil dulu.

Advertisement

ADVERTISEMENT

3. Ternyata, setelah sarapan sebelum masuk waktu makan siang, ngemil juga dinyatakan aman!

jam 9 atau 10 pagi via www.republika.co.id

Kebanyakan orang biasanya mulai merasa lapar di pukul 9 hingga 10 pagi. Apalagi kalau sebelumnya cuma sarapan sereal dan roti. Nggak usah khawatir, ngemil di jam segini justru direkomendasikan, tapi pilihan makanannya jangan yang berat-berat. Ngemil di jam ini nggak berlaku kalau kamu sudah makan karbohidrat, protein, dan lemak sehat buat sarapan, ya. Apalagi kalau sudah dilengkapi dengan buah, sayur, dan susu.

ADVERTISEMENT

4. Nah, ini yang menyenangkan, ngemil sebelum tidur juga diperbolehkan lo! Tapi ada syaratnya…

sebelum tidur via happybodyformula.com

Boleh ngemil sebelum tidur, asal dilakukan beberapa jam setelah makan malam. Kamu juga perlu mempertimbangkan makanan yang dikonsumsi, jangan yang banyak lemak dan protein tinggi kalau nggak mau gendut atau malah susah tidur nanti. Mending ngemil buah-buahan aja lah!

Ngemil itu nggak dilarang kok, hanya saja kamu perlu mempertimbangkan waktu dan jenis makanannya biar nggak jadi timbunan lemak di tubuh nantinya. Daripada menyesal kemudian, mending patuhi sekarang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE