5 Trik Memasang Wallpaper Ruang Tamu yang Anti Mengelupas. Ruangan Sempit Jadi Tampak Luas

Wallpaper ruang tamu

Jika kamar tidur adalah ruang paling privat bagi sebuah keluarga, maka ruang tamu adalah ruang yang menampilkan keramahan kita sebagai pemilik rumah. Sebenarnya nggak ada peraturan khusus yang mengharuskan ruang tamu kita didekorasi. Tapi nggak ada salahnya kalau kita memasang wallpaper ruang tamu agar tampilannya semakin cantik. Selain mempercantik ruangan, banyak keuntungan lain kalau kita memasang wallpaper ruang tamu. Contohnya, kita bisa menyembunyikan kekurangan dinding rumah kita dan juga bisa melindungi dinding dari jamur karena lembap. Di samping melindungi, wallpaper ruang tamu juga mudah untuk dibersihkan lo.

Advertisement

Nah, jika kamu tertarik untuk memasang wallpaper ruang tamu, ada beberapa tips dan trik yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Semua tips yang akan dibahas di bawah beragam jenis dan ukuran ruangan termasuk wallpaper ruang tamu klasik atau wallpaper ruang tamu mewah.

1. Sebelum mulai memasang, kita harus memilih motif dan warna wallpaper ruang tamu yang sesuai karakteristik dan merepresentasikan penghuni yang telah disepakati bersama

Pilih wallpaper yang disepakati bersama dengan anggota keluarga/Credit: Unsplash @loudspace via unsplash.com

Jauh sebelum mulai memasang wallpaper ruang tamu atau ruangan lain, kita harus memilih motif dan warna yang sesuai dengan karakteristik dan merepresentasikan para penghuni rumah. Seperi hanya dekorasi atau furniture, wallpaper ruangan sangat mencerminkan kepribadian dan karakter keluarga.

Meski begitu, memilih wallpaper untuk tempat bersama seperti ruang keluarga atau ruang tamu harus mempertimbangkan kenyamanan semua orang. Pilih warna yang netral dengan motif sederhana yang sebelumnya telah disepakati bersama.

Advertisement

2. Bagi kamu yang memiliki ruang tamu yang sempit dengan plafon tinggi, selalu pilih wallpaper dengan motif horizontal mendatar dengan warna cerah agar ruangan terlihat lebih luas

Wallpaper untuk ruangan sempit/Credit: Unsplash @anwar_hakim via unsplash.com

Selain karakteristik keluarga, kita juga harus memperhitungkan bagaimana luas ruang tamu yang akan kita pasangi wallpaper. Kalau ruang tamu kita memiliki plafon yang tinggi namun sempit, selalu gunakan wallpaper ruang tamu sempit dengan motif horizontal mendatar tanpa banyak motif. Selalu usahakan menggunakan wallpaper ruang tamu sederhana dengan motif garis-garis atau motif bunga yang berjarak dan nggak terlalu rapat.

Selain itu, selalu pilih wallpaper berwarna terang seperti warna putih, kuning atau biru muda atau hijau muda. Wallpaper dengan warna cerah akan menciptakan sebuah efek ilusi yang membuat ruangan terlihat lebih luas. Meski kita menggunakan wallpaper ruang tamu sederhana semua akan terlihat menarik jika memasangnya di tempat yang pas.

3. Ruang tamu yang luas pada dasarnya cocok menggunakan segala jenis wallpaper. Untuk estetika pilih wallpaper dengan warna yang gelap dan motif yang ramai. Hal ini akan membuat ruang tamu terlihat lebih berisi dan hangat

Wallpaper Panorama cocok untuk ruangan yang luas/Credit: Unsplash @anik3t via unsplash.com

Sementara untuk kamu yang memiliki ruang tamu yang luas dan tinggi, pada dasarnya sangat cocok dengan konsep wallpaper ruang tamu apa saja. Mau kamu menggunakan konsep wallpaper ruang tamu minimalis atau wallpaper ruang tamu 3D. Semua dikembalikan dengan budget yang kita miliki.

Kendati demikian, kita juga harus memperhitungkan sisi estetika jika ingin wallpaper ruang tamu elegan. Selalu pilih warna warna gelap seperti cokelat tua, biru tua atau wallpaper ruang tamu ungu. Dengan begitu ruang tamu akan terlihat lebih padat, tidak kosong dan terasa nyaman dan hangat. Untuk motif, pilih sesuai dengan kriteria preferensi pribadi atau preferensi yang sudah disepakati bersama.

4.  Motif wallpaper vertikal dengan pemilihan warna wall covering akan membuat ruang tamu yang sempit dan beratap rendah terlihat lebih luas dan nggak sumpek

Wallpaper vertikal sangat cocok untuk ruangan yang sempit/Credit: Unsplash @mbriney via unsplash.com

Wallpaper ruang tamu kecil dengan motif vertikal sangat cocok diterapkan buat kamu yang punya bentuk ruang tamu yang sempit dan memiliki atap rendah. Seperti kita tahu, ruangan dengan atap rendah akan menciptakan suasana sumpek. Motif vertikal yang memanjang dari atas ke bawah akan menghilangkan nuansa sumpek tersebut.

Dengan memilih motif vertikal, atap yang rendah akan jauh terlihat lebih tinggi. Selain motif, pemilihan warna juga sangat menentukan. Pastikan kamu pilih wallpaper dengan warna wall covering lebih tua dari warna langit-langit ruangan.

5. Selain memilih warna dan motif wallpaper, kita juga harus menyesuaikan wallpaper dengan furniture dan pencahayaan yang masuk pada ruang tamu

Selalu perhatikan pencahayaan dan furniture/Credit: Unsplash @naomish via unsplash.com

Terakhir, kita harus bisa memilih wallpaper yang sesuai dengan beragam furniture dan pencahayaan yang ada dalam ruang tamu. Kalau kita memiliki furniture yang bermotif ramai, maka gunakan wallpaper yang punya motif sederhana bahkan polos dan netral. Sebaliknya, kalau furniture di rumah kita kebanyakan polos tanpa motif maka pilih wallpaper dengan motif yang mencolok.

Selain mengharmonisasikan wallpaper dan furniture, kita juga harus memperhitungkan pencahayaan yang masuk pada ruang tamu. Kalau ruang nggak punya banyak sumber cahaya, pilih wallpaper terang. Untuk ruang tamu yang punya sumber pencahayaan berlebih pilih warna yang lebih gelap. Kalau kita tinggal di dataran tinggi yang beriklim dingin pilih warna-warna yang lembut dan hangat untuk menimbulkan rasa nyaman.

Nah, itu dia 5 hal yang harus diperhatikan saat kita akan memasang wallpaper ruang tamu. Selain hal-hal yang telah disebutkan, kita juga harus mempersiapkan alat-alat pendukung saat akan memasang wallpaper tersebut. Pastikan juga kita membeli wallpaper sesuai dengan budget yang kita miliki dan jangan membeli harga wallpaper ruang tamu yang terlalu mahal.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE