7 Inspirasi Nuansa Serba Hijau untuk Interior Ruang Tamu. Nggak Norak dan Terkesan Teduh

Interior ruang tamu

Mendesain interior ruang tamu minimalis modern nggak melulu harus menggunakan warna putih dan abu-abu. Kamu pun dapat menggunakan variasi warna hijau yang cukup nyentrik, seperti hijau lumut, hijau botol, hingga hijau lemon yang terang. Menurut psikologi, pengaplikasian warna hijau pada interior ruang tamu sederhana dapat membantu meningkatkan mood dan diyakini bisa membuat pikiran lebih fokus serta terhindar dari stres.

Advertisement

Jangan khawatir, nantinya warna hijau ini bisa dikombinasikan dengan warna lain yang nggak kalah cantik. Begitu pula dengan pernak-pernik dekorasi lainnya. Nah, supaya tampilan interior ruang tamu kecil di rumahmu nggak terkesan aneh dan tetap estetis, berikut Hipwee Tips berikan panduan bagaimana cara pengaplikasian warna hijaunya. Dengan begitu, ruang tamu akan tampak lebih teduh dan nyaman.

1. Manfaatkan tanaman hijau untuk menghiasi interior ruang tamu minimalis. Terlihat estetis dan lebih dinamis

tanaman hijau | credit: Devon Janse van Rensburg via unsplash.com

Warna hijau selalu identik dengan tanaman daun. Kamu bisa menciptakan model ruang tamu sederhana dengan tanaman hijau di dalamnya.  Agar tampilannya makin menarik, masukkan beberapa tingkatan warna hijau pada pemilihan furnitur, misalnya sofa hijau daun yang dikombinasikan dengan meja bundar hijau lemon. Pilihlah tanaman berukuran kecil hingga sedang agar ruang tamu tampak lebih longgar.

2. Sofa hijau gelap dapat digunakan untuk mengisi desain ruang tamu minimalis modern berdinding beton ekspos

sofa hijau dinding ekspose | credit: Evrookna via evrookna-mos.ru

Kombinasi nuansa hijau dengan material unfinished ternyata cukup menarik untuk dicoba. Pada inspirasi di atas, kamu dapat melihat warna hijau yang dihadirkan melalui pemilihan sofa, latar lukisan, serta tanaman berukuran besar di pojok ruangan. Dengan penataan dan pemilihan warna yang tepat, dekorasi ruang tamu sederhana bisa jadi lebih elegan. Walau masih jarang diterapkan, buktinya elok juga, kan?

Advertisement

3. Pada desain ruang tamu minimalis elegan, kamu dapat memadukan pernak-pernik dekorasi berwarna hijau dengan dinding berlatar putih

hijau dan putih | credit: hupe home via hupehome.com

Kedua warna kontras ini akan membuat ruang tamu lebih outstanding. Tapi agar tampilan interior ruang tamu minimalis elegan ini nggak monoton, kamu perlu menambahkan pernak-pernik dekorasi lainnya, seperti karpet motif, tanaman hias, hingga rak display untuk pajangan. Kalau perlu, hiasi juga area dinding dengan lukisan kesayangan agar makin unik tampilannya.

4. Pengaplikasian mural hijau pada interior ruang tamu dan ruang keluarga dapat membuat tampilannya tampak lebih unik dan cheerful

mural hijau | credit: Apartment Therapy via www.apartmenttherapy.com

Berkat pengaplikasian mural hijau di salah satu sisi dinding, interior ruang keluarga dan ruang tamu jadi makin istimewa. Apalagi jika kamu memadukannya dengan sofa berwarna hijau lembut dan dekorasi tanaman hias lainnya. Untuk lantai, baiknya gunakan vinyl kayu saja agar kesan naturalnya makin melekat.

Jika mural dirasa terlalu berlebihan dan sulit dibuat, kamu boleh menggantinya dengan lukisan, tapi tetap dominan hijau, ya! Namun karena pengaplikasian warna hijaunya kurang, maka tambahkan beberapa tanaman hijau serta gunakan cushion sofa senada untuk memperkuat tampilannya. Lebih elok daripada interior ruang tamu minimalis lainnya.

Advertisement

5. Demi tampilan interior ruang tamu klasik modern yang lebih natural, warna hijau bisa dipadukan dengan unsur kayu pada dekorasinya

hijau dan unsur kayu | credit: Ohjoy Blog via ohjoy.blogs.com

Karena rata-rata furnitur kayu berwarna cokelat, maka akan sangat pas jika dipadukan dengan tembok hijau olive. Dua perpaduan warna ini dapat membuat interior ruang tamu klasik jadi lebih dekat dengan alam, sehingga akan membuatmu lebih rileks. Skema perpaduannya yakni warna hijau disandingkan dengan kursi kayu, meja kayu, lantai kayu, maupun dekorasi lainnya yang warnanya cokelat atau beraksen kayu.  Jangan khawatir, bisa juga diaplikasikan pada interior ruang tamu 3×3 lo!

6. Padukan dekorasi berwarna hijau dengan pink coral agar desain ruang tamu minimalis ukuran 3×3 kelihatan lebih manis

warna hijau dan merah muda | credit: Poster Store via posterstore.com

Pasti nggak pernah kepikiran kan bakal mengabungkan dua warna kontras sekaligus? Ya, walau terkesan sulit, nyatanya dua perpaduan warna ini bisa menciptakan ruang tamu yang indah. Baiknya, gunakan warna hijau olive dan pink coral atau pastel agar lebih mudah dipadukan dan nggak terkesan norak. Dekorasi ruangan pun tak begitu sulit, kamu cukup menambahkan aksen coral melalui sofa, bantal, maupun pajangan. Sekilas mirip dengan interior ruang tamu mewah, kan?

7. Dinding berwarna hijau gelap yang dipadukan dengan dekorasi ala vintage untuk interior ruang tamu sederhana tapi elegan

gabung ruang makan | credit: The Nord Room via www.thenordroom.com

Ternyata, desain ruang tamu minimalis ukuran 3×4 juga bisa digabungkan dengan ruang makan lo! Namun karena sempit areanya, baiknya hindari penggunaan sekat. Caranya, manfaatkan saja sofa ruang tamu sebagai pembatas. Untuk mempertegas warna dindingnya, pasanglah pencahayaan dari sisi belakang ruang makan. Gunakan juga beberapa bantal sofa dan karpet bermotif untuk meramaikan suasananya. Sedap dipandang juga bikin nyaman.

Banyak yang tidak menyangka bahwa warna hijau dapat dimanfaatkan untuk mengisi interior ruang tamu. Padahal dengan perpaduan warna dan penataan dekorasi yang tepat, ruang tamu berkonsep green living nyatanya juga bisa menarik perhatian. Tertarik untuk mencoba?

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE