5 Langkah Simpel Mengusir Virus Corona Berdasarkan Kampanye Terbaru WHO. Gampang Banget!

WHO virus corona

Sebagai badan internasional yang memayungi urusan kesehatan, World Health Organization (WHO), seakan-akan jadi nahkoda dalam pertarungan melawan pandemi global Covid-19 ini. Di samping memberikan anjuran dan guidelines untuk rujukan kebijakan negara-negara, WHO juga mengorganisir kerjasama antara berbagai negara, perusahaan, individu, atau instansi terkait demi menjamin strategi terbaik memerangi musuh bersama bernama virus corona SARS-CoV-2 ini.

Advertisement

Bukan cuma bekerjasama dengan badan kesehatan saja, WHO juga baru saja mengumumkan kerjasamanya dengan The Fédération Internationale de Football Association alias FIFA. Iya, itu badan internasional yang mengurusi sepak bola! Dilansir dari situs resmi WHO, WHO bersama FIFA meluncurkan kampanye baru dengan tujuan ‘menendang’ virus corona jauh-jauh dari kita semua. Dalam kampanye ini, kamu cukup mengingat 5 poin sederhana yang bisa efektif melindungi diri dan lingkungan dari penyebaran virus. Bagi yang masih suka bingung dan parno sendiri, bisa perhatikan 5 langkah ini saja. Lebih mudah diingat!

1. Tangan. Ingatlah, mencuci tangan benar-benar bisa menyelamatkan nyawa terutama di masa-masa pandemi seperti sekarang

cuci tangan dengan sabun via www.who.int

“Mulailah dari tanganmu. Cucilah tangan lebih sering dengan menggunakan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol.”

Menurut anjuran, kamu mesti mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai sabun. Agar bakteri dan virus benar-benar hilang, membersihkan seluruh bagian tangan termasuk di sela dan kuku jari, lakukan selama 20 detik. Jika nggak ada air, bersihkan tangan dengan menggunakan cairan berbasis alkohol atau hand sanitizer. Cucilah tangan sesering mungkin apalagi jika kamu baru selesai memegang benda yang berpotensi ditempati virus. Langkah cuci tangan yang benar bisa cek di laman ini.

Advertisement

2. Siku. Siku tanganmu bisa mencegah persebaran virus. Siku harus siap siaga ketika kamu mau batuk atau bersin, supaya tidak ada cipratan yang mengenai orang atau benda lain

terapkan etika batuk dan bersin via www.who.int

“Tutupi hidung dan mulut dengan menggunakan siku tangan atau tisu saat kamu bersin dan batuk. Segera buang tisunya dan cuci tanganmu.”

Pastikan kamu sudah menutupi mulut dengan siku ketika batuk maupun bersin. Jika kamu memegang tisu, buang segera setelah dipakai dan cuci tanganmu. Virus corona ini menular lewat droplets, jadi kita mesti ekstra hati-hati saat atau jika ada seseorang yang batuk dan bersin. Etika batuk dan bersin bisa dilihat pada laman ini lo!

3. Muka. Hindari pegang-pegang muka, terutama hidung, mulut, atau mata dengan tanganmu. Itu adalah jalan masuk utama virus pernapasan seperti virus corona

hindari menyentuk wajah via www.who.int

Advertisement

“Hindari menyentuh wajah terutama di mata, hidung, dan mulut untuk mencegah virus masuk ke tubuhmu.”

Kita nggak pernah tahu apakah tangan benar-benar terbebas dari virus atau nggak. Makanya, daripada virus terkontaminasi dan masuk ke tubuh hindari menyentuh area sekitar wajah terutama pada area sekitar mulut, hidung, dan mata. Agak sulit memang menghentikan kebiasaan ini tapi tetap mesti dilakukan supaya tubuh terus sehat.

4.  Jarak. Sementara ini, kamu harus pastikan ada jarak paling tidak satu meter antara satu orang dengan yang lain

terapkan social distancing via www.who.int

“Ketika berinteraksi dengan orang, jagalah jarak. Setidaknya satu meter dengan orang lain.”

Baiknya, jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain terutama jika mereka yang sedang bersin atau batuk. Dengan melakukan hal ini berarti kamu sudah turut membantu memutus penyebaran virus. Sebab, saat menjaga jarak kamu bisa terhindar dari droplets yang mungkin saja mengandung virus.

5. Kondisi badan. Jika merasa tidak enak badan, tolong tinggal di rumah. Jangan dipaksakan, situasi darurat saat ini benar-benar tak bisa diremehkan

Tetap di rumah saat sakit via www.who.int

“Jika merasa nggak sehat, tetaplah di rumah. Tolong ikuti semua intruksi yang disediakan oleh otoritas kesehatan setempat.”

Memang realitanya banyak orang yang masih tidak punya pilihan untuk work from home. Terutama mereka yang bekerja di sektor informal. Meskipun begitu jika memang sudah merasa sakit atau tidak enak badan, please jangan dulu keluar rumah karena situasi darurat pandemi ini tidak bisa diremehkan. Kalau sehat sekalipun, kita harus sangat berhati-hati jika berada di ruang publik dan terus melakukan protokol kesehatan supaya tidak tertular atau menularkan virus. Cuma ingat, kalau sudah mulai merasa tidak enak badan, wajib di rumah!

Gimana?! Cukup mudah kan mengingat 5 poin itu? Tolong sebarkan juga langkah-langkah ini kepada teman atau kerabatmu yang masih sering bingung tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan di masa-masa genting ini. Ingat saja: tangan, siku, muka, jarak, dan kondisi badan. 

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE