Scrolling foto-foto kece di Instagram emang bikin ketagihan, apalagi jika yang dilihat adalah foto dari destinasi-destinasi keren yang ada di Indonesia. Bikin kamu tertarik buat menjelajah ke sana, ‘kan?

Setelah kemarin mengulas tentang tempat-tempat instagrammable di sekitar Malang, kali ini kita melipir ke daerah di sekitar Bandung, yuk. Tak cuma disulap jadi kota yang kreatif, Kota Kembang dan sekitarnya ternyata memiliki segudang lokasi fotogenik yang sangat layak kamu unggah ke Instagram.

Advertisement

Nah, biar gak penasaran, langsung aja intip karya-karya foto Instagram berikut ini. Dijamin kamu jadi kangen menjelajahi Kota Kembang, deh!

1. Gak perlu buru-buru cabut ke pinggiran kota. Alun-alun yang terletak tepat di jantung Bandung wajib kamu jamahi keunikannya

Salah satu sudut alun-alun kota Bandung via instagram.com

Bandung beruntung memiliki Ridwan Kamil yang berlatar belakang arsitek menjadi walikotanya. Tengok sendiri alun-alun kotanya yang ditata dengan begitu unik dan apik. Kamu yang hobi fotografi pasti betah menghabiskan waktu di sini untuk mengeksplorasi tiap sudutnya.

Selain memiliki taman bunga yang pas banget dengan julukan kota ini, lapangan rumputnya juga ditata bak stadion sepakbola di luar negeri. Makanya, saat bertandang ke Bandung, jangan lewatkan untuk mampir kemari, ya.

2. Sambangilah Monumen Perjuangan Bandung, tempat kamu bisa mengabadikan pose favorit berlatar arsitektur megah dan langit biru

Museum Perjuangan Rakyat Jawa Barat via instagram.com

Advertisement

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat adalah tempat yang layak untuk kamu kunjungi berikutnya. Monumen yang terletak di sisi utara Gedung Sate ini memiliki arsitektur berwarna dominan putih yang megah, sangat serasi dengan langit biru yang melatarinya. Kamu bisa memotret sudut-sudut cantiknya ataupun berpose dengan bebas di sana.

Puas berburu foto, diorama-diorama yang disusun dengan rapi di dalamnya akan bercerita. Hendaknya kamu gak cuma berfoto aja, tapi juga mengenang sejarah merbut kemerdekaan yang terjadi di kota Kembang ini.

3. Bagi penyuka foto lanskap perbukitan nan hijau, kawasan perkebunan teh di Pangalengan tak pernah mengkhianati harapanmu

Pesona Pangalengan, Kabupaten Bandung via instagram.com

Dari pusat kotanya yang sibuk, melipirlah sedikit ke selatan, tepatnya di daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kamu yang menyukai fotografi lanskap dengan latar berupa perbukitan nan hijau pastilah tersihir oleh pesonanya. Apalagi, ketika kamu datang di pagi hari, saat kabut masih meliputi kawasan ini.

Tapi, Pangalengan tak cuma punya perkebunan teh aja, lho. Ada juga sejumlah potensi wisata yang bisa kamu temukan dan abadikan lewat kamera, seperti Situ Cileunca dan Situ Cipalunjang.

4. Sembari mendaki santai dan camping ceria, temukan secuil nirwana lewat eloknya panorama Gunung Manglayang

Camping di gunung Manglayang via instagram.com

Tertarik buat berburu foto sembari mendaki santai plus camping ceria? Gunung Manglayanglah jawabannya. Gunung setinggi 1.818 mdpl ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Sumedang. Karena lebih rendah dari gunung-gunung di sekitarnya, gunung ini sering terlupakan. Padahal, selain ramah buat pendaki pemula—cuma butuh dua jam trekking untuk sampai ke puncak— gunung ini juga menawarkan panorama yang gak kalah luar biasa, lho.

5. Sejumlah surga tersembunyi ada di Ciwidey. Lewat megahnya Curug Citambur, kamu akan disadarkan betapa kecilnya manusia

Curug Citambur, Ciwidey via instagram.com

Setelah menempuh perjalanan sekitar 40 Km dari kota Bandung, kamu akan disuguhkan dengan sejumlah pesona yang dimiliki Ciwidey. Salah satunya adalah Curug Citambur yang kemegahannya sulit kamu sangkal. Saksikan dan abadikan sendiri air terjun setinggi 100 meter ini.

Dengan ketinggian yang menjulang plus aliran air yang deras, tak heran kalau gemuruh air terjun ini bisa kamu dengan dari jauh. Kabut tipis dari percikan air yang membentuk pelangi membuat tempat ini terasa istimewa.

6. Selain air terjun, ada lagi pesona menawan dari Ciwidey yang sayang kalau dilewatkan, yaitu Kawah Putihnya yang magis bagaikan pemandian bidadari kahyangan

Kawah Putih, Ciwidey via instagram.com

Selain mengunjungi megahnya Curug Citambur, jangan lewatkan juga untuk sekalian menjamahi eloknya Kawah Putih. Gak heran bila tempat ini menjadi salah satu objek wisata paling ikonik di Ciwidey, soalnya panoramanya yang magis mampu menghipnotismu.

Di sini, kamu akan menemukan pemandangan danau kawah yang mengandung belerang, sehingga membuatnya memiliki gradasi warna yang sangat menggoda untuk diabadikan lewat kamera. Keanggunan dan ketenangannya yang menghanyutkan akan membuatmu sulit memalingkan muka.

7. Tak seberapa jauh dari Kawah Putih, Situ Patenggang siap menjamumu. Jemputlah cinta abadimu dengan mengelilingi Batu Cinta yang berada di tengahnya

Situ Patenggang via instagram.com

Situ Patenggang memang tempat yang ciamik untuk penyuka fotografi. Di sini, kamu akan disuguhi dengan panorama permukaan danaunya yang serupa cermin. Tentunya, lebih asyik lagi kalau tempat ini kamu kunjungi bareng pasanganmu. Konon, bila kamu dan pasanganmu berperahu mengelilingi Batu Cinta yang ada di tengah danau, maka cinta kalian akan abadi. Percaya atau enggak, gak ada salahnya dicoba.

8. Temukan harmoni dengan alam saat dirimu bercengkerama dengan rusa di Ranca Upas

Bercengkerama dengan rusa di Ranca Upas via instagram.com

Masih di Ciwidey, temukan pesona lainnya yang mengagumkan di Ranca Upas yang berada di lereng Gunung Patuha. Selain menawarkan pemandangan asri nan sejuk khas lereng gunung, Ranca Upas juga terkenal dengan penangkaran rusanya. Rusa-rusa di penangkaran ini takkan malu-malu mendekatimu jika kamu menawarkan seikat sayuran kepada mereka. Bercengkerama dengan rusa-rusa ini akan menyadarkan kita bahwa kita perlu memelihara harmoni lebih banyak dengan sesama penghuni bumi.

9. Bukit Moko tak cuma menarik karena kerlip city light kota Bandung di kejauhan. Sudut lain berupa hutan pinusnya juga menyuguhkan pemandangan rupawan

Sisi lain Bukit Moko yang menghanyutkan. via instagram.com

Bukit Moko mungkin terkenal dengan pemandangan city light kota Bandung yang sangat menawan di malam hari. Tapi, sisi lain dari tempat ini juga layak kamu eksplorasi. Salah satunya adalah panorama hutan pinus yang sunyi nan magis. Dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi, daerah ini tentu layak mendapatkan apresiasi lebih. Meski panorama dari puncaknya sangat menggoda, foto yang kamu abadikan di tempat ini pun terasa unik dan tak biasa.

10. Akhirnya, temukan vibrasi kedamaian dalam dirimu sendiri lewat keheningan di Taman Batu

Taman Batu via instagram.com

Stone Garden alias Taman Batu seolah membawamu singgah ke planet lain lewat ornamen bebatuan serta panorama fotogenik yang menaunginya. Tempat ini adalah situs geologi bekas danau purba. Datangi saja puncak Gunung Pawon yang terletak di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Di sinilah tempat ditemukannya sisa-sisa kehidupan manusia prasejarah yang dianggap sebagai nenek moyang masyarakat Sunda. Batu-batu yang tersusun secara alami serta keheningan yang menyertainya tak cuma menarik diabadikan lewat kamera, tapi juga memberikan rasa kedamaian yang mungkin kamu cari.

Itulah sebagian kecil tempat-tempat yang menawan untuk diabadikan ke Instagram. Selain destinasi di atas, tentu masih ada banyak lagi. Jelajahi dan temukanlah sendiri saat mengunjungi kota Kembang ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya