Apa pendapatmu tentang bertelanjang di depan umum? Kalau kamu hidup di negara-negara timur, jelas akan menganggap bahwa hal tersebut sangat tabu. Salah-salah malah kamu disangka gila. Lain halnya dengan mereka yang erat dengan budaya barat. Mereka seringkali menganggap bahwa ketelanjangan merupakan hal yang lumrah. Sebab, bukankah setiap manusia pun lahir dengan telanjang? Ya, begitulah pandangan mereka.

Alhasil, ada beberapa festival yang sengaja memanfaatkan kebebasan dalam bertelanjang untuk menjadi pemikat. Ya, untuk mengundang banyak turis datang ke negaranya dan menikmati festival telanjang tersebut. Mereka yang datang, wajib hukumnya untuk bertelanjang merayakan kebebasan. Jangankan disangka gila seperti di negara kita, festival-festival tersebut justru dinantikan para penggemarnya setiap tahunnya. Penasaran apa aja? Nih!

1. World Naked Bike Ride. Aksi protes mengurangi emisi gas buang di Eropa yang diikuti hingga 20 negara

semoga nggak masuk angin sih via citizen6.liputan6.com

Acara ini merupakan acara tahunan yang ditujukan untuk memprotes kendaraan seperti motor, mobil, dan kendaraan lain yang mengeluarkan emisi gas buang. Festival nyeleneh ini diadakan setiap tahunnya oleh 70 kota di 20 negara Eropa. Saat acara berlangsung, semua orang benar-benar bertelanjang dan mengendarai sepeda berkeliling kota.

Kalau kamu misal berminat dengan festival ini, kamu harus yakin dulu kalau nggak bakal ereksi. Pasalnya, Juni tahun lalu, festival sepeda telanjang di Inggris sempat ternoda lantaran ada peserta yang ketahuan ereksi. Dia pun diamankan polisi. Haha. Katanya sih, pria yang ketahuan ereksi itu terlalu menikmati acara dan kelewat bersemangat, akhirnya terangsang deh. Walau namanya festival telanjang, event ini sama sekali tidak berbau seksual dan hanya menekankan pada aktivitas bersepeda. Ada-ada aja~

2. World Body Painting Festival. Ini sih ajang bagi para seniman untuk unjuk gigi dalam berkesenian

senimannya aja nggak telanjang. ini murni berkesenian via www.chinadaily.com.cn

Ya, ini seni rupa namanya. Kini tak lagi sebatas kanvas dan kuas saja, namun mereka malah menggunakan tubuh manusia. Festival yang satu ini selalu ditunggu para penggemarnya di Austria dan Asia Selatan. Jangan salah sangka dulu, dengan melukis di tubuh telanjang ini, banyak karya-karya yang mengagumkan lho. Kalau kamu hadir disana sebagai pengunjung, ya kamu kudu pakai baju. Kecuali mereka para model dari seniman-seniman yang ikut festival itu.

Masih ada 8 festival tanpa busana yang pasti bikin kamu penasaran. Yuk cek di halaman selanjutnya!