Sekarang adalah masa-masa Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut KKN. Bagi mahasiswa tingkat akhir, biasanya KKN jadi mata kuliah wajib yang harus dilakukan sebelum skripsi. KKN biasanya dilakukan di desa atau pelosok daerah yang cukup tertinggal. Durasi KKN bervariasi, ada yang cuma sebulan, ada juga yang sampai 2 bulan. Dengan waktu selama itu, mahasiswa tinggal di lokasi KKN sekaligus melakukan pengabdian masyarakat di lokasi tersebut.

Maka nggak heran sering banget denger kisah cinta lokasi di KKN. Bahkan banyak yang bilang KKN itu Kisah Kasih Nyata, halah. Tapi sekarang malah banyak kisah misteri di lokasi KKN lho. Banyak thread di Twitter, podcast, atau media sosial lainnya. Nah kali ini Hipwee Horor akan merangkum 4 kisah serem pada saat KKN. Dijamin bikin merinding sih.

KKN di sebuah desa di Malang yang ngeri abis. Masa liat pocong di jalan?

Advertisement

Cerita ini bisa kamu dengarkan di Podcast Spotify Do You See What I See. Kisah ini berawal saat sekelompok mahasiswa sedang KKN di suatu desa di Malang. Saat dua cewek keluar pondokan untuk mengambil uang di ATM, ada kejadian horor yang menimpa mereka. Saat perjalanan balik, suasana jalanan mendadak sepi. Terdapat tebing dan jurang juga di perjalanan. Ketika akan memasuki desa, persis di sebelah kanan (di bagian jurang) terlihat sosok putih. Bukan putih bersih, tapi putih tanah seperti kain kafan pocong. Pocong itu pun loncat. Cewek ini melihat pocong dan refleks teriak. Satu hal yang bikin kaget ternyata yang bonceng juga lihat pocong juga. Mereka pun histeris dan akhirnya ditolong oleh warga yang lewat.

Nggak cuma sampai di situ. Sesampai di rumah mereka nggak bisa tidur karena digangguin dengan macam-macam gangguan, seperti suara-suara terutama suara ketukan pintu maupun pintu yang dipaksa untuk dibuka. Bapak si pemilik rumah pun bilang, setelah bisa lihat sosok tersebut pasti malam ini mereka nggak bisa tidur karena digangguin.

KKN Leuwigoong juga bisa kamu dengarkan di Podcast DYSWIS. Ini lebih ngeri dari kisah yang pertama

Sebuah desa di Jawa Barat ini menyimpan kisah yang cukup ngeri bagi mahasiswa KKN. Ada salah satu anggota KKN bernama Icha yang perilakunya sungguh aneh saat KKN. Banyak teman-teman KKN yang merasa aneh karena Icha kadang suka menghilang. Awalnya terlihat masuk kamar, eh ternyata dia di kamar mandi sedang ambil wudhu. Begitu terus berulang beberapa kali. Setiap maghrib pun dia selalu izin untuk pergi entah ke mana. Setiap Subuh pun Icha merasa badannya nggak enak dan menolak ajakan salat Subuh. Selalu seperti itu berulang kali. Intinya dia menghindari diajak salat berjamaah.

Advertisement

Suatu malam, semua anak KKN tidur di ruang TV. Salah seorang dari mereka bangun dan ia melihat Icha jalan ke kamar mandi belakang. Tapi dia nggak bisa teriak dan badannya nggak bisa bergerak. Tapi tiba-tiba di atas dia ada pocong yang jaraknya cuma 10 cm dari muka dia. Dia pun nggak bisa teriak dan terdiam fokus melihat wajah si pocong, bahkan di hidungnya masih ada kapas. Itu terlihat dengan sangat jelas.

Banyaknya kejadian horor membuat dosen pembimbing membawa mereka pulang. Namun Icha nggak mau diajak pulang. Icha pun teriak dengan sangat aneh dan berkata,

‘Anak ini tidak boleh keluar dari sini.’

Pak Ustadz pun segera mendoakan hingga akhirnya Icha lemes. Pak Ustadz juga segera menolong Icha yang kondisinya lemes dan berantakan. Ia segera dibawa kembali ke klinik kesehatan. Mereka pun bermalam di situ dengan harapan Icha kembali pulih. Paginya, Icha bangun dan ia bercerita kalau ia selama ini nggak pernah ke mana-mana dan ia bingung kenapa selama ini dicuekin sama temen-temennya.

KKN di Desa Penari yang baru saja viral di Twitter jadi kisah KKN terseram sampai saat ini. Ceritanya sangat panjang dan butuh waktu lama untuk menyimak. Hipwee tulis rangkumannnya ya

KKN desa Penari via threadreaderapp.com

Mungkin ini adalah kisah KKN paling mengerikan sih yang pernah ada. Ini kalau ceritanya beneran ya. Kisah ini berawal dari thread @SimpleM81378523. Jadi cerita berawal dari kelompok KKN yang tengah KKN di suatu daerah di Jawa Timur. Lokasi yang dipilih pun sangat pelosok dan harus melewati hutan yang angker. Pada saat berangkat, salah satu dari mereka, yang bernama Nur, sudah melihat sosok yang menari di tengah hutan beserta alunan gamelan Jawa. Sesampai di pondokan, tak sedikit gangguan-gangguan yang mereka alami.

Widya dan Wahyu berencana ke kota untuk membeli perlengkapan KKN. Kepala Desa sudah mengingatkan agar tidak malam baliknya karena lewat hutan angker. Mereka melanggar perintah itu dan kemalaman di hutan. Sudah kemalaman, motor yang digunakan pun mogok. Alhasil mereka harus mendorong motor di tengah hutan. Namun tiba-tiba suara gamelan Jawa pun muncul lagi. Tiba-tiba di depan mereka nampak banyak orang tengah melihat penari. Ramai sekali seperti hajatan di kampung. Mereka berdua pun diberi makanan di sana. Bahkan ada yang dibungkus untuk dibawa pulang. Setelah kembali ke pondokan, mereka kaget ternyata bungkusan tersebut berisi kepala monyet yang penuh ceceran darah.

Cerita nggak berhenti sampai di situ, ada pula anggota kelompok yang berbuat mesum di sebuah sendang pemandian di mana di situ ada penunggunya. Penunggunya pun yang menguasai hutan di mana banyak diberi sesaji di sendang tersebut. Akhirnya mereka berdua tubuhnya terbujur kaku dan matanya melotot. Setelah dibawa pulang, dua orang tersebut meninggal dunia selang 3 bulan.

Cerita ini terlalu panjang dan sulit dirangkum dalam cerita singkat. Kamu bisa membaca sendiri di link berikut.

KKN di Lombok ini adalah kisah nyata yang dialami penulis. Ada satu anggota KKN yang diteror dan dimasuki oleh makhluk ghaib

kkn dekat pantai via hellolombokku.com

Kalau pengalaman KKN di Lombok ini adalah pengalaman penulis sendiri. Lokasi KKN ini berada di sebuah desa di Lombok Timur. Awalnya sih baik-baik saja, sebelum ada kejadian ganjil di rumah pondokan. Salah satu yang bikin kaget adalah ketika si pemilik rumah menegur salah seorang kawan kami karena menjemur di berugak (semacam saung) di belakang rumah.

“Itu siapa yang jemur di belakang? Jangan jemur di situ. Yang nunggu di situ marah.”

Selanjutnya ada kejadian yang cukup mengerikan di mana semua anggota kelompok bisa menyaksikannya. Kami yang sedang berkumpul untuk membahas program tersentak dengan heningnya salah satu teman kami. Sebut saja dia Mawar. Mawar tiba-tiba tertunduk dan terdiam. Ia kemudian perlahan tersenyum dengan suara yang berat. Kemudian dia menyeringai dan berteriak seperti macan. Kami pun kaget dan ketakutan. Sontak, kami segera memegangi tangannya sebelum dia mengamuk. Matanya melotot tajam, suaranya makin ngebass seperti suara pria, dan dia terasa semakin kuat. Kami yang sedang berkumpul langsung berdzikir sebisanya. Bahkan ada di antara kami yang menangis karena ketakutan dengan Mawar yang kesurupan dan mengamuk.

Kejadian itu terus berulang beberapa hari. Mawar selalu kesurupan dan suaranya jadi mengerikan. Uniknya Pak Ustadz yang sudah capek bolak balik bantuin Mawar pun seolah menyerah. Akhirnya ada anggota KKN yang diajarin gimana caranya membantu Mawar saat kesurupan. Lambat laun pun dia sudah tidak diganggu lagi.

Menurut kamu kisah mana yang paling serem?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya