5 Destinasi Wisata Buat Kamu yang Pengen Menikmati Jogja dari Ketinggian

Wisata Jogja dari ketinggian

Menikmati Jogja nggak bisa hanya dari satu sisi. Kalau cuma liburan ke pantai-pantainya, kamu bakal melewatkan lezatnya kuliner di sini. Kalau pengennya cuma ke destinasi di tengah kota, wah rugi banget nggak pernah melipir ke Kaliurang yang adem menyejukkan itu. Selain destinasi wisatanya, kekayaan budaya Jogja juga jadi salah satu alasan kenapa kota ini nggak pernah sepi wisatawan.

Advertisement

Menjelajahi Jogja lewat pantai, kuliner, atau hotelnya mungkin sudah dianggap mainstream. Lalu bagaimana rasanya kalau Jogja dinikmati dari sudut pandang berbeda? Dari ketinggian, misalnya. Saat ini udah banyak bermunculan spot wisata yang menyuguhkan pemandangan kota ini dari atas. Selain bisa melihat Jogja secara lebih luas, biasanya ada juga suguhan kuliner yang mantap. Pokoknya kamu bakal betah berlama-lama di tempat-tempat seperti ini.

Mau tahu di mana saja? Yuk, simak rangkuman Hipwee Travel berikut ini.

1. Nikmati kelap-kelip lampu bangunan dan kendaraan di Jogja sambil nongkrong di Bukit Bintang

Bukit Bintang

Nongkrong di Bukit Bintang | Credit: Instagram @bukitbintang_official

Bukit Bintang bisa dikatakan sebagai spot andalan warga Jogja ketika ingin menghabiskan malam sambil nongkrong, ngobrol santai, ngopi, dan nggak lupa main kartu. Di sini kamu akan disuguhi pemandangan bak langit malam penuh bintang. Tentu saja bukan bintang sungguhan, melainkan lampu-lampu bangunan dan kendaraan yang masih lalu lalang pada malam hari di jalanan Jogja.

Advertisement

Menikmati malam Jogja  dari atas bukit ini paling cocok bersama teman-teman, pasangan, atau gebetan pun boleh asal kamu punya. Sambil ngobrol dan duduk lesehan, kamu bisa memesan makanan yang banyak disediakan oleh deretan warung di sekitarnya. Biar makin malam makin syahdu, jangan lupa bawa gitar buat nyanyi bareng teman-teman.

2. Buat kamu yang pengen nongkrong tapi sambil foto-foto cantik, HeHa Sky View jangan sampai terlewatkan

HeHa Sky View

HeHa Sky View | Credit: Instagram @hehaskyview

Meskipun HeHa Sky View ini konsepnya restoran modern, tapi banyak juga orang yang datang ke sini untuk menghabiskan waktu berfoto dengan latar pemandangan perkotaan Jogja. Apalagi kalau udah malam, tambah ramai lagi pengunjungnya. Di sini kamu bisa memilih beberapa spot Instagrammable seperti sky glass, wall climbing, sky balloon, heha aeroplane, reflecting pool, dan selfie garden. Tapi, kalau mau berfoto di situ jangan lupa bawa uang lebih sekitar Rp 10-30 ribu ya.

Namun jangan khawatir kalau bujetmu terbatas. Selain spot-spot tadi, sebenarnya lebih banyak lagi sudut di restoran ini yang gratis dan tetap bisa menghasilkan foto-foto ciamik. Selain itu, di sini juga menyediakan aneka kuliner lezat yang cocok menemanimu menikmati Jogja dari ketinggian.

Advertisement

3. Pindah sebentar dari pemandangan kota, Puncak Becici di Desa Muntuk ini adalah pilihan tepat untuk melihat Jogja yang lebih menenangkan

Puncak Becici

Puncak Becici | Credit: Instagram @puncakbecici

Menikmati pemandangan alam memang paling ampuh untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Apalagi kalau dilihat dari ketinggian, berasa quality time. Jangan lewatkan satu spot paling favorit di Puncak Becici, yaitu Gardu Pandang. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu, juga garis pantai selatan. Ajak teman-teman yang lain ke puncak ini karena di sini kamu bisa camping di tengah hutan pinusnya.

4. Healing sambil piknik-piknik lucu di de Mangol. Udara sejuk dan pemandangan alamnya dijamin bikin jatuh cinta sama tempat ini

de Mangol

Piknik di de Mangol | Credit: Instagram @demangol

Gimana nggak jatuh cinta kalau di dalam satu tempat kamu disuguhkan banyak hal mulai dari kuliner, spot foto Instagrammable, sampai bisa menyaksikan senja yang makin sore, makin romantis. Ditambah lagi kamu bebas memilih mau duduk lesehan di rumput hijau sambil menggelar tikar dan pakai bean bag, atau duduk di kursi biasa yang tentunya udah dirancang seapik mungkin. Dari tempat ini, kamu akan merasa berada di taman piknik ala musim panas. Kalau cuaca lagi cerah, langit biru dipadukan dengan segarnya warna hijau dari rumput adalah kombinasi yang bikin betah berlama-lama. Kamu bisa memilih sudut tempat agak pinggir supaya sekaligus menikmati pemandangan alam Jogja dari ketinggian.

5. Menikmati senja sampai malam bertabur bintang di Puncak Pinus Pengger

Puncak Pinus Pengger

Puncak Pinus Pengger | Credit: Instagram @explorejogja

Wisata hutan pinus sudah banyak menjamur di Jogja. Nggak heran, tempat semacam ini memang banyak dikunjungi untuk bersantai sambil menikmati panorama sekitar. Puncak Pinus Pengger menawarkan spot untuk melihat matahari terbenam dan suasana malam Jogja yang syahdu. Guratan jingga dipadukan dengan biru langit menambah kesan tenang tempat ini. Suasana malammu juga menjadi lebih menarik ketika Jogja mulai gelap dan bertabur bintang. Dua spot foto paling favorit adalah tangan raksasa dan sarang burung raksasa. Berfoto di sini seakan membuatmu menyatu dengan kelap-kelip lampu perkotaan Jogja. Kalau jadi berkunjung, jangan cuma foto-foto ya, pastikan kamu menikmati setiap sudut yang ditawarkan. Rindangnya pohon pinus dan semilir angin di tempat ini juga sayang banget untuk dilewatkan.

Nah, bagaimana apakah kamu tertarik untuk menjelajahi Jogja dari ketinggian?

Informasi destinasi, akomodasi, spot foto hingga kuliner dari Hipwee, selengkapnya di sini

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE