5 Tempat di Indonesia yang Mirip Kota Gongjin dalam Hometown Cha-Cha-Cha, Jadi Pengen Main ke Sana!

Tempat di Indonesia mirip Gongjin

Drama Korea Hometown Cha Cha Cha berhasil meraih popularitas selama masa tayangnya. Di Twitter, Facebook, hingga Instagram, kisah asmara antara Hong Du Sik (Kim Seon Ho)  dan dokter gigi Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) disebuah pedesaan pinggir pantai ini seringkali menjadi perbincangan hangat. Bahkan, ulasan di Google mencapai 97% yang menjadi indikator bahwa serial televisi itu disukai banyak orang. Namun, terlepas dari menariknya kisah asmara ‘Hong Bajang’ alias Du Sik dan Hye Jin, drama ini menyuguhkan keindahan alam yang jarang ditunjukkan dalam drama Korea romansa pada umumnya. 

Advertisement

Pesona kawasan pinggir laut di kota Gongjin dalam drama Hometown Cha Cha Cha sukses membuat para penonton penasaran tentang letak asli kota itu. Eh, tetapi nama Gongjin tersebut cuma ada di dalam drama alias fiktif. Sedangkan untuk lokasinya, memang ada di Provinsi Gyeongsang Utara, Kota Pohang, Korea Selatan. Kalau kamu ingin mengunjungi Gongjin, nggak perlu jauh-jauh deh buat datang ke negeri Gingseng. Pasalnya, di Indonesia ada juga lo tempat yang mirip dengan kota Gongjin.

1. Pada episode awal drama Korea Hometown Cha Cha Cha, suasana pelabuhan ditampilkan ketika Hong Bajang turun dari kapal dan melakukan kegiatan di tempat pelelangan ikan. Di Indonesia, suasana itu juga bisa kamu dapatkan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara lo~

Pocsywe, CC0, via Wikimedia Commons

Pelabuhan Sunda Kelapa termasuk salah satu pelabuhan tertua yang ada di Indonesia. Di pelabuhan ini, kamu bisa melihat sejumlah kapal kayu besar yang sedang bersandar. Meski tidak berada di kawasan sepi penduduk seperti Gongjin, Sunda Kelapa bisa mengantarkanmu untuk merasakan suasana angin pantai serta ramai pelelangan ikan ala pelabuhan. Berharap bisa ketemu Hong Bajang Indonesia disini?

2. Pantai Gongjin dengan pasir putih serta deburan ombak yang cocok untuk surfing juga ada di Indonesia! Di Pulau Nihiwatu, kamu bisa menikmati pantai seperti Hye Jin sembari melihat peselancar. Siapa tau ketemu Hong Bajang, ya nggak?

Advertisement

Pantai Nihiwatu terletak di Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di pantai ini, kamu bisa merasakan deburan ombak serta melihat aktivitas peselancar. Pasir putih dengan birunya laut membuat suasana di pantai ini begitu menenangkan. Siapa nih yang berencana datang kesini untuk menyepi seperti Hye Jin ketika berada di pinggir Pantai Gongjin?

3. Siapa yang masih ingat adegan Hye Jin ketika menemui Du Sik di atas bukit? Nah, di Jayapura, Papua ada nih puncak bukit Polimak yang bisa membuatmu merasakan suasana ketinggian dengan pemandangan laut seperti di kota Gongjin

Keindahan kota Jayapura dari Bukit Polimak | Credit: Instagram @aeranua

Puncak bukit Polimak atau bukit Salib di Jayapura, Papua bisa menjadi tujuan wisata yang tepat jika kamu ingin merasakan suasana ala kota Gongjin. Untuk sampai di puncak bukit ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Meski begitu, tetap hati-hati ya karena medan jalan yang akan kamu lalui berbukit-bukit dan terjal.

4. Di Pasar Gongjin, ada Tugu Cumi-cumi yang menjadi ikon kota. Di Indonesia, tugu binatang laut juga ada lo di Bengkulu

Simpang Tiga Kasuk Baru, Bengkulu | Credit: Instagram @azisdodol

Advertisement

Dalam drama Korea Hometown Cha Cha Cha episode 2, memperlihatkan Tugu Cumi-cumi Pasar Gongjin, tempat adegan Hye Jin menghampiri Bo Ra dan I Jun yang sedang duduk di bawah tugu tersebut. Cumi-cumi adalah makanan populer di kota Gongjin. Bahkan, beberapa adegan pun menampilkan bagaimana cumi-cumi kering diproduksi. Nah, kalau di Gongjin terkenal dengan olahan laut berupa cumi-cumi, sedangkan di Kabupaten Kaur, Bengkulu, kamu juga bisa menemukan tugu dengan binatang laut. Tugu Simpang Tiga Kasuk adalah tugu yang menggambarkan ciri khas kekayaan alam di kota Kaur, mulai dari Gurita, Ikan Mungkus, dan Ikan Tuna.

5. Mercusuar merah di pinggir pantai dalam drama Korea Hometown Cha Cha Cha ada juga lo di Pulau Breuh, Aceh Besar. Namanya Mercusuar Willem Torrem III, pemandangan laut yang ditampilkan nggak kalah keren seperti dalam drama deh

Mercusuar merah yang muncul ketika Du Sik pertama kali bertemu karakter Sutradara Ji menarik perhatian penonton. Warna merah yang mentereng serta dikelilingi pantai, membuat pemandangan yang ditampilkan begitu indah. Kamu juga bisa kok mengunjungi mercusuar merah tanpa harus pergi ke Korea Selatan. Meskipun tidak sepenuhnya berwarna merah, Mercusuar Willem Torrem III bisa jadi referensi untuk kamu berlibur ala-ala seperti di kota Gongjin.

Untuk sampai di Mercussuar Willem Torrem III kamu harus menyebrang menggunakan kapal ke Pulau Aceh jika berangkat dari Kota Banda Aceh. Setelah sampai di Pulau Aceh, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit. Akses jalannya cukup terjal dan berliku, tetapi perjalanan yang menantang itu bakal terbayar dengan keindahan alam disekitar mercusuar.

Nah, itu dia 5 rekomendasi tempat di Indonesia ala kota Gongjin. Mana nih tempat yang akan kamu kunjungi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE