Kegiatan apapun akan lebih terasa bermakna bila kita punya kesempatan untuk membaginya kepada orang lain. Baik itu dengan bertukar pikiran lewat diskusi dengan rekan yang seminat dan sehobi, sampai melakukannya bersama-sama dengan mereka yang sevisi. Itulah mengapa sebuah komunitas menjadi penting dan relevan.

Kegiatan traveling pun punya komunitasnya sendiri. Dengan bergabung ke sebuah komunitas, pengalaman dan cerita travelingmu bisa kamu bagi kepada sesama penggiat jalan-jalan. Tak hanya menemukan kenalan baru, kamu pun bisa menyerap ilmu-ilmu baru dari mereka, sehingga membuat wawasanmu semakin kaya.

Nah, biar kegiatan travelingmu lebih seru dan bermakna, kenapa gak gabung dengan komunitas traveling aja? Ini nih beberapa komunitas traveling yang mungkin pas untuk mewadahi antusiasmemu.

1. Yang pertama harus disebut adalah Forum Backpacker Indonesia. Kamu yang menggemari traveling keliling Indonesia ala backpacker, bisa menemukan teman-teman ramah di sana

Backpacker Indonesia via backpackeryogyakarta.wordpress.com

Kamu yang gemar jalan-jalan mungkin gak asing lagi dengan Forum Backpacker Indonesia atau BPI. Inilah salah satu wadah terbesar bertemunya para penggiat jalan-jalan dari seantero tanah air. Sejak didirikan pada September 2009, forum komunitas ini telah berkembang dan telah memiliki lebih dari 60 ribu anggota dan telah mengadakan gathering nasional beberapa kali.

Advertisement

Di sini kamu bisa berinteraksi dengan anggota lainnya untuk berbagi informasi tentang traveling, bertanya seputar tips dan destinasi, sampai melakukan perjalanan bareng-bareng. Selain lewat forum resminya, kamu juga bisa bercengkerama dengan anggota lainnya lewat grup di Facebook yang juga terbagi ke dalam regional-regional seperti Backpacker Indonesia Regional Semarang, Yogyakarta, serta daerah-daerah lainnya. Tinggal gabung aja lewat grupnya untuk berkenalan dan berbagi hal-hal menarik seputar traveling.

2. Penggiat jalan-jalan ke luar negeri juga punya komunitasnya. Mau tahu cara berlibur hemat ke Thailand atau Australia? Cari di sini aja!

MemberBackpacker Dunia dalam acara gathering via www.facebook.com

Berencana backpacking ke luar negeri tapi butuh informasi dari mereka yang lebih berpengalaman? Atau nyari teman untuk traveling ke mancanegara? Komunitas Backpacker Dunia bisa jadi andalan kamu untuk bertanya maupun berbagi informasi kepada sesama traveler yang memiliki passion sama, yaitu menjelajah ke luar negeri.

Komunitas ini dibentuk oleh Elok Dyah Messwati sejak  5 September 2009 ketika ia hendak menerbitkan buku yang berjudul Backpacking Hemat ke Aussie. Tak disangka, forum yang dibentuknya di Facebook ini berkembang menjadi komunitas backpacker yang membahas perjalanan keliling dunia. Kini, anggota grup Facebook Backpacker Dunia telah menginjak angka 68 ribu. Kalau kamu punya ketertarikan terhadap budget traveling keliling dunia, kenapa gak gabung aja di grup Facebooknya?

3. Mereka yang pendaki idealis tak bisa hanya naik gunung lalu turun saja. Bergabunglah juga ke Komunitas Pendaki Gunung Indonesia

Komunitas Pendaki Gunung Indonesia via www.facebook.com

Mendaki gunung itu memang selalu bikin kangen. Tapi, kadang hasrat untuk mendaki mesti dipendam dulu karena gak ada teman yang bisa diajak menjamahi puncak. Mau mendaki sendiri, tapi kamu belum mengenal medannya. Nah, biar kamu gak kesulitan menemukan teman untuk mendaki, gabung aja yuk ke Komunitas Pendaki Gunung Indonesia (KPGI).

Sejak dideklarasikan pada 20 April 2010 oleh Teuku Ferry Irawan, komunitas ini rutin mengadakan kopdar, training, serta open trip bareng mereka yang memiliki antusiasme mendaki. Tapi, acara yang mereka punya tak cuma mendaki untuk senang-senang aja, mereka juga tergerak untuk melakukan baksos serta kampanye lingkungan. Kalau kamu tertarik buat bergabung, coba deh sambangi laman resmi KPGI di Facebooknya.

4. Kalau kamu tertarik bertualang ala ‘Masih Dunia Lain’ di dunia nyata, Komunitas Wisata Mistis siap menjamumu menuju tempat-tempat angker di Indonesia

Wisata Mistis via www.wisatamistis.com

Menjelajah tempat wisata yang keren itu udah biasa. Kalau mau yang gak biasa, coba deh berwisata mengunjungi tempat-tempat yang memiliki kisah mistis bersama komunitas Wisata Mistis. Kamu bisa menjajal sendiri pengalaman beruji nyali seperti yang biasa ditayangkan di layar kaca, tapi dengan rasa wisata.

Sejak didirikan pada 10 April 2011, komunitas yang berbasis di Bandung ini mewadahi penggemar petualangan untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang memiliki kisah-kisah mitos. Bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi untuk menginvestigasi serta meluruskan mitos-mitos tersebut. Komunitas ini juga telah memiliki beberapa komunitas regional, seperti di Pantura, Balikpapan, serta Jambi.

5. Ini nih buat kamu yang sibuk dan selalu dikejar deadline! Komunitas One Day Traveling akan mengajakmu untuk jalan-jalan meski waktu liburmu terbatas

Komunitas One Day Traveling via onedaytraveling.blogspot.com

Kamu jarang jalan-jalan karena waktu liburmu cuma sebentar? Gabung aja dengan komunitas One Day Traveling (ODT) yang akan mengajak kamu plesiran dalam waktu yang singkat. Komunitas yang digagas oleh Arief Soeharto ini bertolak dari kesibukannya bekerja sehingga cuma punya waktu libur di akhir pekan. Makanya, ia lantas mencoba melakukan one day trip. Kota yang dituju umumnya adalah kota-kota yang jaraknya gak sampai lima jam perjalanan.

Komunitas yang akhirnya dibentuk pada November 2011 silam ini seringkali melakukan perjalanan one day trip pada hari Sabtu, berangkat Sabtu pagi dan kembali Sabtu malam. Sekali jalan, rombongan komunitas OTD ini bisa mencapai belasan orang, lho. Saat ini, komunitas OTD baru berbasis di Jakarta, apa kamu mau buka cabang di kotamu sendiri?

6. Pengen punya kenalan traveler dari seluruh dunia? Jadilah host bagi traveler lewat Couchsurfing

Couchsurfing via couchsurfing.tumblr.com

Couchsurfing merupakan forum global yang bertujuan untuk mempertemukan antara traveler yang mencari tumpangan menginap dengan host atau tuan rumah yang menyediakan tumpangan. Dengan menumpang dan menyediakan tumpangan menginap, kamu berkesempatan untuk berkenalan dengan traveler dari berbagai belahan dunia dan bertukar pengalaman dengan mereka.

Buat kamu yang sedang traveling, kamu bisa memangkas biaya penginapan sekaligus lebih dekat dengan sesama traveler yang juga warga lokal, sehingga kamu bisa lebih mudah mengenal kebudayaan setempat. Secara global, anggota jejaring sosial ini telah mencapai 2,6 juta member. Biar lebih paham soal Couchsurfing dari rekan-rekan yang dekat dengan kita, kamu bisa menyambangi forum Couchsurfing Indonesia lewat Facebooknya dan menemukan informasi tentang jejaring sosial ini.

Nah, itu dia sejumlah komunitas traveling yang bakal bikin pengalaman dan wawasanmu tentang traveling makin kaya. Kalau kamu punya komunitas lainnya yang belum tercantum di sini, jangan ragu bagiin di komentar biar makin banyak yang tahu! #indokomunitas