6 Lokasi Wisata Alam di Yogyakarta, Jangan di Kota Aja! Ayo Wisata ke Tempat Baru yang Seru!

Wisata Alam di Yogyakarta

Yogyakarta, sebuah daerah yang nggak akan pernah abis ajaibnya. Selain tersohor dengan wisata kota dan budayanya, Yogyakarta juga menyimpan banyak wisata alam yang juga nggak kalah keren sama wisata kotanya.

Advertisement

Yogyakarta punya banyak pilihan wisata alam. Mulai dari pantai, gunung, hingga gua. Wisata alam ini bisa kamu jadikan alternatif jika bosan berlibur di kota Yogyakarta. Nah berikut ini Hipwee ngerangkum 7 wisata alam yang recommended banget buat kamu datengin kalo ke Yogyakarta.

Pantai Sinden & Pulau Kalong, nyebrang ke pulau dengan jembatan gantung di atas lautan lepas

Nggak, ini bukan sebuah pantai berpasir putih seperti yang biasa kamu liat di film-film. Pantai Sinden adalah sebuah pantai karang dan memiliki sebuah pulau kecil di dekatnya bernama Pulau Kalong. Lalu apa yang menarik? Pernah merasakan menyebrangi laut berwarna biru muda, dengan ombak yang besar, melalui jembatan gantung?

Atraksi utama wisata alam ini adalah menyebrangi jembatan gantung yang menghubungkan Pantai Sinden dan Pulau Kalong. Adrenalin kamu bakal diajak naik ke tingkat tertinggi karena di bawah jembatan gantung ini adalah laut dengan ombak yang lumayan kencang! Selain itu di Pulau Kalong kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas yang indah. Oh iya, tempat ini juga kece kok buat bikin foto instagram yang keren, karena menyajikan pemandangan pulau karang dan laut lepas.

Advertisement

Pemandian Tirta Budi atau Blue Lagoon, berenang di kolam alami yang airnya jernih, di tengah rimbun pohon pula!

Nah berikutnya ada Blue Lagoon, sebuah kolam yang terletak di tengah hutan dan dikelilingi tebing berbatu. Sebenarnya penamaan Blue Lagoon sendiri merujuk kepada air di sini yang biru dan jernih banget. Tapi kalau kamu tahu, nama tempat wisata ini adalah Pemandian Tirta Budi.

Advertisement

Karena sumber airnya berasal dari mata air pegunungan, maka nyemplung dan berenang di sini pastinya segar banget. Selain itu tempatnya yang terletak di tengah hutan memberikan kesan rimbun, asri, dan tenang. Meski kelihatan seperti di antah-berantah, sebenarnya tempat ini nggak jauh lho dari kota Yogyakarta, kamu cuma perlu melakukan perjalanan sekitar 40 menit untuk sampai ke sini.

Telaga Biru Semin, bukan cuma Belitung aja yang punya danau bekas pertambangan! Yogyakarta juga punya!

Masih berhubungan sama air dan kolam, sekarang kita melipir ke Telaga Biru Semin. Telaga atau danau ini terletak di atas Perbukitan Candirejo. Telaga ini nggak terjadi secara alami, telaga ini awalnya adalah area pertambangan kapur. Lubang-lubang galian tambang ini kemudian terisi oleh air dan lama-kelamaan menjadi Telaga Biru Semin.

Untuk tempat bekas tambang, tempat ini bisa dibilang hijau dan asri. Pemandangan batu kapur, tumbuhan hijau, dan air telaga yang biru muda menjadi sebuah perpaduan yang segar dan indah untuk dipandang. Nggak cuma itu aja, di sekitaran tempat ini kamu juga bisa menemukan aktivitas pertambangan kapur yang masih beroperasi!

Puncak Suroloyo, melihat kota Yogyakarta dan Borobudur dari kejauhan sembari mengejar sunrise di atas bukit

Pemandangan dari puncak Suroloyo | Gambar oleh Muhammad Harits Fadhli via commons.wikimedia.org

Nah! Buat kamu yang ingin melihat indahnya kota Yogyakarta dari ketnggian di pagi hari, kamu bisa mendatangi tempat ini, namanya Puncak Suroloyo. Selain melihat sunrise dan kota Yogyakarta dari ketinggian, di tempat ini kamu juga bisa melihat Candi Borobudur. Melihat kota Yogyakarta dan candi Borobudur yang muncul dari balik kabut saat matahari terbit adalah pemandangan menakjubkan yang nggak boleh kamu lewatkan!

Waktu terbaik untuk melakukan pengamatan ini adalah saat subuh atau sebelum matahari terbit, ketika musim kemarau. Untuk menikmati pemandangan itu kamu bisa menyambangi 3 pos pengamatan yang ada di sini, yaitu pos Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran. Meskipun kamu harus meniti anak tangga yang lumayan banyak untuk menikmati pemandangan ini, tapi yakinlah, perjuangan kamu nggak akan sia-sia dengan pemandangan yang akan kamu nikmati.

Goa Langse, tempat bersemedi di tebing karang, dengan jalan yang terjal dan curam

Jalan yang harus kamu lalui untuk mencapai Gua Langse | Gambar oleh Hendrojkson via commons.wikimedia.org

Nah untuk destinasi yang satu ini agak unik dan berbeda dari yang lain, karena tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat bersemedi! Gua yang terletak di tebing pinggir laut ini sebenarnya memiliki pemandangan yang indah, tetapi untuk mencapainya dibutuhkan nyali dan keahlian khusus karena jalur yang akan kamu lewati sangat berbahaya. Kamu akan bertemu tangga yang nyaris vertikal dan jalur menyusuri pinggir tebing yang sempit, basah, dan curam!

Selain pemandangan yang indah, di gua ini terdapat sebuah mata air yang biasa digunakan orang-orang untuk mensucikan diri sebelum bersemedi. Suasana gua ini sangat hening dan tenang, kamu hanya akan mendengar suara angin dan deburan ombak yang menerpa tebing karang.

Kedung Pedut, waterpark alami dengan air terjun yang bertingkat-tingkat

Salah satu sudut di Kedung Pedut | Gambar oleh Ady Arif Fauzan via pixabay.com

Nah kembali lagi ke perairan, kali ini ada air terjun bertingkat yang keren! Namanya Kedung Pedut. Karena berasal dari aliran mata air, maka air di Kedung Pedut ini derasnya selalu sama, baik di musim kemarau maupun musim hujan. Ada 6 tingkat air terjun di sini dan setiap kolam air terjun memiliki kedalaman yang berbeda-beda.

Karena telah dikelola sebagai tempat wisata, kamu akan menemukan banyak hal menarik di sini. Misalnya di sebuah kolam kamu akan menemukan jembatan bambu yang disusun sedemikian rupa, tentunya tempat ini menjadi sebuah spot foto yang bagus, apalagi kalau kamu nggak mau basah-basahan. Selain itu kamu juga bisa bermain flying fox yang membelah air terjun ini lho! Penataan yang apik, lokasi yang masih rimbun di tengah hutan, dan air berwarna biru muda, menjadikan tempat ini sangat keren dan instagramable, apalagi kalau kamu suka fotografi.

Nah gimana? Keren-keren kan tempatnya? Yogyakarta tidak terbatas dan masih memiliki banyak lokasi wisata alam yang lain, daftar ini hanya sebagian saja lho! Ayo jelajahi Yogyakarta! Siapa tahu kamu menemukan hidden gem di perjalanan kamu mengeksplorasi Yogyakarta!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE