Awal bulan ini, film The Nun jadi pembicaraan banyak orang. Film ini berhasil ditonton jutaan orang di seluruh dunia yang penasaran akan cerita asal mula hantu Valak yang begitu populer setelah film Conjuring 2. Meski banyak ditonton, namun banyak pula kritikan untuk film yang masuk dalam Conjuring Universe ini. Ya meski begitu, tetep aja serem ya filmnya.

Salah satu aspek yang paling bikin film ini kerasa menegangkan adalah pemilihan lokasinya yang mantap abis. Lokasi pengambilan gambar The Nun dilakukan di sebuah kastil berusia ratusan tahun bernama Corvin Castle yang berada di Rumania. Kastil yang sudah dibangun sejak abad ke 15 ini sukses membuat bulu kuduk merinding sepanjang film karena lokasinya yang berada di atas bukit sehingga suasana horornya lebih kerasa.

Advertisement

Gimana kalau misal syuting The Nun dilakukan di Indonesia ya? Kira-kira destinasi mana aja nih cocok buat latar tempat film horor ‘Valak’ ini? Nah, Hipwee Travel coba nih bikin daftar tempat yang cocok buat film The Nun di Indonesia. Simak ya ulasannya.

Pertama, Lawang Sewu di Semarang pasti masuk dalam daftar dong ya. Suasana serem dengan penjara bawah tanahnya bakal bikin bulu kuduk bergidik ngeri

nggak kalahs serem dengan kastil the nun kan? via www.jejakpiknik.com

Lawang Sewu sudah dibangun sejak tahun 1904 dan kini telah berusia lebih dari 110 tahun. Bangunannya yang terkesan ‘Eropa’ banget dengan banyak ruangan dan pintu membuat suasananya agak horor, apalagi kalau malam hari. Lawang Sewu dikenal seram sejak ada penampakan di acara Dunia Lain beberapa tahun lalu. Bangunan ini cocok dijadikan lokasi syuting The Nun kalau dibikin di Indonesia. Bentuknya juga nggak terlalu beda jauh dengan kastil yang dihuni Valak tersebut.

Tak banyak gereja yang berada di atas bukit seperti Corvin Castle di Rumania. Gereja Ayam di Magelang adalah salah satu gereja yang terletak di perbukitan

gereja ayam yang berada di perbukitan via ngetripyuk.id

Lokasi syuting Ada Apa dengan Cinta 2, Gereja Ayam cukup populer di kalangan wisatawan. Tempat ini dulunya dibangun untuk gereja, namun akhirnya terbengkalai. Kini malah jadi ramai dikunjungi traveler karena lokasinya tak jauh dari Borobudur. Gereja yang berada di bukit, sekilas mirip ‘kan dengan biara yang dihuni Valak dalam film The Nun?

Rumah Pengabdi Setan, Pengalengan, memang bukanlah bangunan megah seperti Corvin Castle di Rumania. Tapi rumah di tengah perkebunan teh dan berada di bukit ini lumayan serem lho!

rumah lokasi syuting pengabdi setan via hiburan.metrotvnews.com

Advertisement

Jika setting lokasi The Nun dipindahkan ke Bandung, maka rumah Pengabdi Setan di Pengalengan ini pasti jadi lokasi yang pas. Memang sih nggak besar bangunannya seperti Corvin Castle di Rumania itu. Akan tetapi rumah ini cukup luas lho. Jadi bisa lah disetting sebagai gereja seperti di film The Nun. Apalagi rumah ini benar-benar angker. Hipwee pernah datang ke sana dan membuktikan sendiri. Coba deh baca artikel berikut.

Kompleks Taman Sari, Yogyakarta memang sudah tidak utuh seperti saat dibangun pada sekitar abad 18 lalu. Tapi lorong-lorongnya mirip lokasi ketika Valak muncul di Film The Nun

lorong-lorongnya mirip kan via blog.reservasi.com

Jika kamu sudah menonton film The Nun, pasti cukup familiar dengan lorong-lorong seperti ini. Apalagi saat Valak muncul dan obornya mati dengan sendirinya. Nah, Taman Sari punya beberapa lorong-lorong yang cukup menakutkan seperti di film The Nun.

Wisma Erni di Malang mungkin jadi lokasi yang paling mirip dengan Corvin Castle karena letaknya di perbukitan. Sama-sama serem lagi

wisma erni via www.imgrum.net

Kalau Wisma Erni sedikit diperbaiki, sudah cocok lah jadi lokasi syuting The Nun kalau di Indonesia. Lokasinya berada di perbukitan dan sangat menonjol dibanding bangunan lainnya. Kisah seremnya, yah jangan ditanya lagi. Tempat ini sudah terkenal horornya. Cocok kalau dijadikan gereja atu biara di perbukitan tempat munculnya Valak. Itu bagian depannya juga cocok jadi tempat Suster Victoria bunuh diri. Hiii…

Di Bali pun ada tempat serupa yang cukup serem. Hotel PI Bedugul yang mangkrak bisa jadi setting lokasi fim horor yang oke banget!

istana hantu via bacaterus.com

Hotel PI Bedugul adalah salah satu bangunan yang sudah mangkrak di Bedugul, Bali. Bangunan yang cukup besar ini kini dikenal sebagai istana hantu. Ornamen-ornamen ular makin menegaskan kalau Valak cocok kalau syuting di sini. Valak memang identik dengan ular.

Rumah Tua di Kaliurang ini sudah terbengkalai dan konon jadi destinasi yang horor bagi kalangan milenial. Cocok juga sih jadi lokasi syuting The Nun

pesanggrahan taman siswa via jogja.tribunnews.com

Rumah horor yang sudah terbengkalai puluhan tahun ini berada di Kaliurang, Sleman. Konon sih dulunya rumah ini terdampak erupsi pada tahun 1994 dan belum direkonstruksi sampai sekarang. Bangunan yang sudah dipenuhi lumut dan tumbuhan ini oke juga sih kalau dijadikan biara di tengah perbukitan ala film The Nun. Horornya kerasa banget!

Menurut kamu dari 7 lokasi tersebut, mana nih yang paling cocok buat lokasi syuting The Nun kalau di Indonesia? Ya filmnya nggak mungkin syuting di sini sih, ini murni buat hiburan aja. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya