Memiliki tak kurang dari 13 ribu pulau, tak heran jika Indonesia diberkahi dengan surga yang tersebar di berbagai sudutnya. Ada sejumlah surga dunia berupa gugusan kepulauan eksotis yang sangat menggoda untuk dijelajahi oleh para pejalan. Salah satu cara asyik untuk menikmati keelokan pulau-pulau ini adalah dengan melakukan island hopping alias melompat dari satu pulau ke pulau lain dengan perahu atau kapal dalam waktu yang tergolong singkat.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan wisata island hopping, beberapa gugusan kepulauan berikut bisa menjadi spot seru untuk kamu jamahi. Kira-kira, mana yang mau kamu singgahi lebih dulu?

1. Tak usah jauh-jauh, di lepas pesisir pantai Jakarta ada Kepulauan Seribu yang menunggu untuk kamu goda

Salah satu sudut eksotis Pulau Tidung, Kep. Seribu

Salah satu sudut eksotis Pulau Tidung, Kep. Seribu via www.pasirpantai.com

Advertisement

Sebagai kawasan Metropolitan nomor wahid di Indonesia, Jakarta memang penuh dengan gedung-gedung nan megah. Benar-benar gak mudah untuk menemukan tempat wisata yang masih alami di sini. Tapi, yang kamu cari ternyata berada tak jauh dari lepas pantai Jakarta. Di sanalah Kepulauan Seribu telah menantimu.

Ada banyak sekali pulau yang pastinya seru untuk dijelajahi. Sebut saja Pulau Kahyangan, Pulau Bidadari, Pulau, Tidung, Pulau Bira, dan Pulau Pari. Saking banyaknya, island hopping ke kepulauan Seribu gak akan cukup kamu selesaikan dalam beberapa hari; membuatmu ingin kembali lagi dan lagi untuk tuntas menjamahi setiap pulaunya.

2. Melangkahlah ke daerah Banten, di mana pulau-pulau di Taman Nasional Ujung Kulon sudah menanti untuk kamu jamahi

Berlibur di Ujung Kulon

Berlibur di Ujung Kulon via www.kaskus.co.id

Taman Nasional Ujung Kulon yang terkenal dengan ikon badak Jawanya ini juga menjadi salah satu surga untuk melakukan island hopping. Dengan eksotisme laut biru, pantai berpasir putih, serta satwa-satwa yang menghuni kawasan taman nasional ini bikin kamu bersemangat untuk menjelajahi setiap sudutnya.

Advertisement

Ada sejumlah pulau yang menarik untuk didatangi, seperti Pulau Peucang, Pulau Panaitan, Pulau Handeuleum, serta Pulau Badul. Dengan biaya sewa kapal senilai 3–4 juta rupiah untuk beberapa hari, kamu sebaiknya datang kemari berombongan biar bisa sharing cost sehingga biayanya jadi lebih murah.

3. Tak ada yang sanggup menyangkal keindahan kepulauan Karimunjawa, pesonanya yang istimewa menunggumu di utara Jepara

Berenang di laut jernih Karimunjawa

Berenang di laut jernih Karimunjawa via dinihajarrahmah.wordpress.com

Siapa yang bisa menyangkal pesona yang dimiliki oleh kepulauan Karimunjawa? Keelokannya yang melegenda sanggup menarik banyak pejalan untuk singgah ke sana. Apalagi, ngetrip ke sana pun tak perlu banyak biaya.

Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang terdiri dari 27 pulau, dan hanya lima pulau yang berpenghuni. Setiap pulau menyimpan eksotismenya masing-masing. Jadi, jangan lewatkan kesempatan berkeliling pulau dengan perahu yang tarif sewanya sekitar 400–600 ribu dan bisa mengangkut penumpang maksimal 20 orang. Sambil menikmati keelokan masing-masing pulau, kamu juga bisa bersnorkling ria sambil menikmati keindahan terumbu karangnya.

4. Daya tarik Lombok bukan cuma Gunung Rinjani, ada gili-gili yang tak boleh alpa kamu singgahi

Jalan-jalan keliling pulau Gili Trawangan

Jalan-jalan keliling pulau Gili Trawangan via www.liocooper.com

Pulau Lombok adalah salah satu destinasi menawan yang menjadi salah satu tujuan favorit backpacker. Selain memiliki eksotisme yang serupa dengan Pulau Bali, ada juga gunung Rinjani yang menjadi destinasi impian para pendaki. Tapi, Lombok gak cuma punya itu aja lho. Gili-gili yang ada di sebelah barat laut pulau Lombok juga asyik buat disinggahi.

Ada tiga gili yang bisa kamu jelajahi eksotismenya, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Selain rupawan, Gili Trawangan juga menawarkan kesemarakan pesta buat backpacker. Sebagian besar pengunjung pulau ini bule, sih. Meski tak seramai Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air juga menawarkan keindahan yang tak bisa kamu tawar. Pokoknya, jangan sampai terlewat mengunjungi pulau-pulau ini setidaknya sekali seumur hidup!

5. Belitung terkenal sebagai Tanah Laskar Pelangi. Jangan cuma menikmati keelokannya lewat layar kaca, sapa langsung pulau-pulau kecil yang ada di sekelilingnya

Pantai Laskar Pelangi wajib kamu kunjungi

Pantai Laskar Pelangi wajib kamu kunjungi via hayatisaidah.blogspot.com

Sejak film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel best-seller karya Andrea Hirata ini tayang di bioskop, Belitung kian dilirik sebagai surga yang menjanjikan untuk dijelajahi. Selain memiliki sejumlah pantai yang bikin jatuh cinta, keindahan panorama bawah lautnya juga gak boleh diremehkan.

Di sekitarnya, ada sejumlah pulau yang pastinya sayang kalau dilewatkan begitu saja. Misalnya, kamu bisa menjamahi mercusuar di Pulau Lengkuas, bermain di Pulau Burung, serta menginjakkan kaki ke Pulau Kepayang. Kamu bisa berkeliling dari satu pulau ke pulau lain dengan perahu. Tarif sewanya berkisar antara 400–500 ribu rupiah untuk 10 orang. Ada pemandunya juga, lho.

6. Melipirlah ke Sulawesi Tenggara, di mana kamu bisa menjamah kepulauan Wakatobi yang memiliki pantai mempesona plus panorama bawah laut yang jadi permata dunia

Keelokan salah satu pantai di Wakatobi

Keelokan salah satu pantai di Wakatobi via www.flickr.com

Wakatobi adalah gugusan kepulauan yang terletak di lepas pantai “kaki” Pulau Sulawesi, Sulawesi Tenggara. Namanya berasal dari empat pulau utama yang ada di kawasan ini, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Selain empat pulau utama, tersebar pula beberapa pulau kecil tak berpenghuni yang bisa kamu jelajahi satu per satu.

Lanskap Wakatobi memang sungguh elok, bikin siapa saja yang kemari jatuh cinta dengan keindahannya. Tapi, tak cuma daratannya yang punya pemandangan menawan. Daya tarik utama Wakatobi justru keindahan bawah laut yang begitu kaya dan luar biasa. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu spot selam paling elok di dunia.

7. Sekali seumur hidup, kamu wajib menapaki nirwana dunia bernama Kepulauan Derawan di sudut Kalimantan Timur

Island hopping di Derawan

Island hopping di Derawan via farizanriadhi.blogspot.com

Kalimantan menyimpan banyak surga yang layak kamu singgahi. Salah satu nirwana kecil itu adalah Kepulauan Derawan yang menawarkan sejuta pesona di dalamnya. Setidaknya, ada empat pulau yang menanti untuk kamu jelajahi, yaitu  Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, serta Kakaban.

Kamu bisa menikmati serunya snorkeling bareng ubur-ubur ramah yang tidak menyengat di Pulau Kakaban. Di Sangalaki, kamu bisa menjumpai penyu serta pari manta yang dilindungi. Dengan menyewa perahu nelayan atau speedboat, kamu bakalan puas menjamah keistimewaan tiap pulaunya.

Pastinya, island hopping akan menawarkan pengalaman seru yang harus dijalani setidaknya sekali seumur hidup. Yuk, mulai nabung buat menjelajah pulau-pulau eksotis ini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya