Traveling bisa dilakukan dengan beragam cara: mulai dari sendirian, berdua bareng pacar, dengan sepupu atau keluarga besar, maupun rame-rame bareng teman. Masing-masing tentunya menawarkan pengalaman yang berbeda satu sama lain.

Kalau kamu capek berkelana sendirian dan belum punya pacar, kenapa nggak mencoba traveling berkelompok bareng teman-teman? Ini cara yang tepat dan seru buat mempererat hubunganmu dan mereka. Ini pun bisa jadi strategi jitu untuk menguji ketulusan persahabatan kalian semua.

Advertisement

Supaya kamu dan teman-temanmu nggak kebingungan mau kemana, Hipwee akan menjabarkan sejumlah destinasi menarik untuk kalian sambangi. Penasaran? Yuk, simak dulu artikel berikut ini!

1. Kamu dan para sahabatmu bisa mandi matahari di Karimunjawa

Berenang di laut jernih Karimunjawa

Berenang di laut jernih Karimunjawa via dinihajarrahmah.wordpress.com

Kepulauan Karimunjawa yang eksotis ini pas banget buat kamu yang mau traveling rame-rame. Letaknya di utara kota Jepara, sehingga mudah dicapai olehmu yang tinggal di pulau Jawa. Apa aja yang bisa kamu lakukan di sini? Banyak! Mulai dari jalan-jalan di pantai, ekplorasi pulau-pulau dengan perahu motor, snorkeling sambil berfoto bareng ikan-ikan, sampai makan ikan bakar di alun-alun. Berani berenang bareng hiu? Kunjungi saja mereka di penangkaran di Pulau Menjangan Besar dan Pulau Tengah.

Dengan mengajak teman-temanmu ikut serta, kamu bisa memangkas biaya buat penginapan dan sewa perahu motor. Sewa perahu ini penting banget kalo kamu berniat menjelajah pulau-pulau di sekitar Karimunjawa. Untuk liburan selama 4 hari 3 malam, siapin aja uang 600-700 ribu rupiah per orangnya.

2. Ngecengin bule di Gili Trawangan

Ngecengin bule

Ngecengin bule via infogililombok.blogspot.com

Advertisement

Nusa Tenggara Barat juga punya pulau eksotis yang bisa kamu jejaki. Gili Trawangan gak cuma asik sebagai destinasi liburan romantis bareng pasangan, tapi juga bisa jadi lokasi liburan seru bareng teman-temanmu.  Nikmati serunya snorkeling di surga bawah lautnya, rame-rame muter pulau naik cicomo, menyeberang ke pulau Gili Meno dan Gili Air, atau ngecengin bule di central sambil makan di pasar malam.

Liburan ke sana selama 3 hari 2 malam cuma sejutaan, lho!

3. Camping di Kalimati, Gunung Semeru.

Camping di Kalimati

Camping di Kalimati via latimojong.wordpress.com

Bagi pendaki gunung, Gunung Semeru adalah tempat melegenda di Pulau Jawa. Namanya makin tersohor setelah buku 5 cm karya Donny Dhirgantoro yang berlatar belakang penanjakan Semeru difilmkan. Nah, kalo kamu dan teman-temanmu sama-sama suka aktivitas yang menantang fisik dan mental, acara camping di Kalimati bakal jadi pengalaman berkesan bagi kalian.

Pos Kalimati adalah pos terakhir sebelum kamu mendaki ke Puncak Mahameru, titik tertinggi di Jawa. Tempat ini berupa padang rumput yang luas yang dikelilingi pepohonan pinus di ketinggian 2.700 mdpl. Dari sini, Puncak Mahameru terlihat begitu dekat dan jelas.

Untuk melakukan pendakian sampai ke Kalimati, setidaknya dibutuhkan waktu empat hari untuk pulang pergi. Perjalanan itu gak akan terasa bila kamu mendaki bersama sahabat-sahabat terdekat. Dingin dan lelah tak mengapa, asal ada sahabat yang membuat semuanya hangat.

4. Menaklukkan jeram di Sungai Citarik, Jawa Barat

Arus Sungai Citarik.

Arus Sungai Citarik. via damarapri.blogspot.com

Kamu dan teman-temanmu gemar melakukan sesuatu yang menantang adrenalin? Coba ajak mereka berolahraga rafting menaklukkan jeram Sungai Citarik di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Ada dua rute yang bisa kalian pilih, yang pertama adalah rute sepanjang 5 kilometer yang ditempuh dalam satu jam, ada pula rute sejauh 17 km dan ditempuh dalam waktu 4 jam.

Nah, tes aja seberapa kompak kamu dan teman-temanmu dalam mengendalikan perahu karet melewati jeram dan bebatuan besar sungai Citarik sambil basah-basahan. Ketika mendapat arus yang tenang, jangan lupa menikmati pemandangan sepanjang sungai yang meneduhkan. Pengalaman asik ini bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari 200 ribuan per orang.

5. Menikmati festival di negeri di atas awan.

Ruwat Gembel, Dieng Culture Festival

Ruwat Gembel, Dieng Culture Festival via www.zimbio.com

Panorama Dieng dengan udaranya yang sejuk mengundang siapa saja yang ingin mencari tempat pelarian dari hiruk pikuk rutinitas kehidupan. Kamu bisa menikmati kesederhanaan masyarakatnya, menyingkap kabut tipis di Telaga Warna, sampai memburu mentari terbangun di Puncak Sikunir. Tapi jangan lupa, Dieng juga punya event tahunan yang gak boleh dilewatkan sebagai agenda liburanmu bareng teman-temanmu.

Dieng Culture Festival adalah festival budaya terbesar di kawasan Dieng. Festival ini diadakan setiap tahunnya, biasanya sih di tengah-tengah tahun. Di sini, kamu bisa menyaksikan Ruwat Gembel, yaitu upacara pemotongan rambut bagi bocah gimbal. Kalian juga bisa menyaksikan kirab budaya, pagelaran wayang kulit, serta festival lampion dan kembang api. Suka musik Jazz? Pagelaran musik Jazz Atas Awan juga gak boleh kamu lewatkan!

Yang jelas, hanya di Dieng Culture Festival kamu dan teman-temanmu bisa menemukan wajah Dieng yang sama sekali berbeda dari hari-hari biasa. Pastinya bakal jadi pengalaman seru buat kalian semua.

6. One-day trip muter-muter Bandung

One-day trip Bandung

One-day trip Bandung via hairilhabibi.blogspot.com

Berencana jalan-jalan tapi gak punya waktu banyak? Ajak teman-teman kamu melakukan one-day trip muter-muter kota Bandung. Biar lebih greget, pergilah menggunakan kereta api dari Jakarta dan manfaatkan moda angkot saat berada di dalam kota.

Lantas, apa yang bisa kalian lakukan di sana? Banyak kok. Kalian bisa mengeksplor taman-taman tematik khas kota Bandung, naik Bandros keliling kota, menelusup ke kampung-kampung kreatif, sampai hunting barang bekas di Cimol Gedebage. Semua itu bisa kamu lakukan dalam satu hari dan gak butuh bujet besar. Siapa bilang traveling harus jauh-jauh, lama dan mahal?

7. Road Trip ke Bali melewati Jogja-Bromo-Baluran

Road trip ke Bali

Road trip ke Bali via instagram.com

Nah, kalo yang ini kebalikan dari poin di atas. Kalo gengmu berupa grup kecil yang terdiri dari 4-5 orang dan ada yang punya mobil pribadi, kenapa gak merencanakan road trip ke Bali selama 2 minggu sebagai pengisi liburan kalian? Sepanjang perjalanan, banyak tempat menarik yang bisa kamu singgahi.

Jogja bisa menjadi tempat singgah pertama. Jangan cuma lewat, eksplorasi juga kenangan-kenangan yang pernah kalian miliki di kota ini. Kamu bisa jalan-jalan santai di Malioboro sambil menikmati suasana malam Kota Jogja yang romantis. Selanjutnya, jangan lupa menyambangi keindahan Bromo sembari mengambil foto. Capek naik mobil? Berkuda dulu, yuk!

Tempat terakhir yang wajib kamu singgahi sebelum menyeberang ke bali adalah Baluran. Taman Nasional Baluran yang terletak di Situbondo menyajikan pemandangan savana luas beserta gerombolan satwa-satwanya, seperti rusa, ajak, merak, banteng, serta elang. Pokoknya kayak bersafari di Afrika, deh!

Puas di Baluran, kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk menyeberang ke Bali. Sesampainya di Bali, lakukan semua yang kalian inginkan di sini. Perjalanan yang panjang dan melelahkan pun terbayar sudah.

Nah, itu dia sedikit ide traveling seru yang bisa kamu lakukan bareng teman-temanmu. Dengan berbagi pengalaman-pengalaman baru, kalian bisa menjadi manusia yang baru. Selamat jalan-jalan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya