8 Hal Ini Sebaiknya Jangan Kamu Tanyakan ke Staf Saat Akan Check In Hotel. Pokoknya Jangan!

Hal-hal yang Sebaiknya Nggak Kamu Tanyakan ke Staff Hotel

Tanpa sadar kita kerap bertanya kepada staf hotel saat hendak check in untuk menginap di sana. Mulai dari pelayanan hotel sampai hal-hal remeh yang sebenarnya nggak perlu ditanyakan. Meski pertanyaan-pertanyaan kita kadang membuat staf hotel terganggu, mereka tetap menjawabnya dengan ramah lo.

Advertisement

Selain itu, nggak semua pertanyaan bakal memuaskan rasa penasaranmu. Ibaratnya, kamu bakal buang-buang waktu menanyakan hal-hal itu kepada staf hotel. Kenapa ya? Simak deh delapan hal yang lebih baik jangan kamu tanyakan ke staf hotel berikut ini.

1. “Bisa nggak dapat kamar yang pemandangan kamarnya pantai?”

dengan view pemandangan alam via www.holdsworthhotels.co.uk

Nggak semua hotel ada pemandangan tertentu. Maka dari itu, sebelum pesan kamar kamu harus pastikan di mana lokasi hotelnya. Jika di daerah pegunungan atau pinggir pantai, maka kemungkinan besar kamu bisa dapat kamar dengan pemandangan tersebut. Tapi kalau tidak, ya kamu harus rela pemandangannya cuma jalanan, rumah-rumah, atau gedung-gedung saja. Toh di pemesanan online biasanya sudah ada penjelasan view kamarnya.

2. Nggak semua hotel menggratiskan semua fasilitas. Ada yang harus bayar atau syarat bikin member hotel dulu

nggak semua fasilitas hotel gratis via www.novotelcitygate.com

Fasilitas yang ada di hotel mewah atau hotel yang menyatu dengan objek wisata biasanya menggratiskan berbagai fasilitas di luar kamar. Misalnya, mobil hotel, tiket masuk ke pertunjukkan atau suatu wahana di sekitar sana. Nah, rasa penasaranmu itu dapat diketahui lewat biaya menginapmu sudah termasuk apa saja. Kalau cuma berlaku untuk gratis sarapan, kolam renang, dan pelayanan kamar saja, maka kamu harus bayar untuk fasilitas lainnya. Atau ada yang melalui syarat jadi member hotelnya dulu. Jadi nggak perlu ditanyakan lagi kamu seharusnya sudah tahu dong ya lewat aplikasi pemesanan kamu.

Advertisement

3. “Boleh nggak handuknya saya bawa pulang?”

belum tentu bisa tambah semalam lagi via pixabay.com

Kalau kamu terbiasa menginap di hotel, tentu nggak akan bertanya seperti itu. Sudah seperti peraturan tidak tertulis bahwa barang yang bisa dibawa pulang hanya yang sifatnya sekali pakai, misal alat mandi, sandal ataupun air mineral. Selain itu ya jangan dibawa pulang dong. Masa bantal dan handuk mau dibawa pulang juga? Kecuali ada tulisannya bisa dibawa pulang. Hehehe.

4. “Mas/mbak kalau saya mau ke sini naik apa, ya? Terus itu di sebelah mana dari hotel?”

menanyakan lokasi wisata dan naik kendaraan apa via www.paloaltotaxiservice.com

Sebagai staf hotel, mereka sudah punya berbagai informasi tempat wisata untuk pengunjung. Tapi, mau sedetail apapun yang mereka katakan, kamu pasti jauh lebih yakin cari tahu lewat internet. Misalnya lewat maps dan menanyakan ke supir taksi. Karena staf hotel cuma bisa mengarahkan secara umum saja. Percuma kan?

5. Ngomel-ngomel soal harga kamar yang berbeda dari pengisi kamar sebelah

nggak semua bisa ditanyakan via coursegate.co.uk

Nggak semua kamar hotel harganya sama lo. Jika beda cara pemesanan, misalnya kamu lewat aplikasi A, lalu pengunjung kamar sebelah dari aplikasi B, maka harganya bisa saja beda. Karena itu, percuma kalau kamu tanyakan hal ini ke staf hotel. Bahkan, harga kamar kalau memesannya datang langsung ke hotelnya juga bisa beda.

Advertisement

6. Mengeluhkan soal menu sarapan, padahal tiap hotel sudah punya standar makanannya

mengeluhkan menu sarapan via www.thonhotels.com

Percayalah tiap hotel memiliki menu sarapan yang jadi ciri khasnya. Mereka punya standar makanan sendiri di tiap penyajian. Kamu bisa saja mengeluh soal kualitas makanan yang basi, bau, atau busuk, tapi bukan daftar menu yang terhidang tiap harinya lo. Kalau kamu mau beri masukan soal menu, kamu bisa isi di kertas kritik dan sarannya.

7. “Kok saya bggak bisa check in lebih cepat atau check out lebih lama?”

nego waktu check in dan check out via footage.framepool.com

Hotel memiliki peraturan yang nggak bisa diubah, yaitu waktu check in dan check out. Karena jika kamu melobi staf hotel untuk check in lebih cepat atau check out lebih lama, maka bisa mengganggu jadwal mereka untuk tamu sebelum atau selanjutnya. Kalau check in terlalu cepat, kamarmu bisa saja belum siap. Sedangkan kalau check out lebih lama, maka kamu kemungkinan diberikan charge. Meski ada beberapa hotel yang memperbolehkan tamu check out lebih lama, biasanya diperbolehkan cuma 15-30 menit saja.

8. Jangan pernah menanyakan soal transaksi pemesananmu yang bermasalah jika memesannya lewat aplikasi. Karena hotel sama sekali nggak mengurusi hal itu lo

tanyakan ke aplikasinya, bukan ke hotelnya via www.iap-uk.org

Jika kamu mengalami masalah pemesanan lewat apikasi, maka ada baiknya kamu langsung menghubungi pihak aplikasinya. Karena staf hotel tidak ada kaitannya dengan hal itu lo. Lebih baik kamu hubungi call center aplikasi untuk mendapat jawaban dari masalah transaksimu.

Walau kita membayar hotel untuk menginap beberapa hari, bukan berarti mendapat seluruh fasilitasnya. Terlebih kalau menganggap bisa sesuka hati melakukan apa saja di sana. Kalau kamu nggak puas tinggal tulis review aja.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE