Mendaki gunung adalah candu!

Tak dipungkiri, mendaki gunung itu layaknya candu. Sekali mencoba kamu bisa ketagihan dan ingin coba lagi. Namun, mendaki gunung juga butuh persiapan panjang dan trik. Kamu tak boleh sembarang dan meremehkan setiap detail kebutuhanmu selama pendakian jika kamu ingin pulang dengan selamat perjalananmu menyenangkan.

Advertisement

Jadi sebelum kamu berangkat mendaki, wajib hukumnya mempelajari hiking hack ini. Nah, penasaran apa saja dan bagaimana? Berikut ini Hipwee berikan bocoran tips dan trik khusus biar pendakianmu makin membahagiakan. Simak baik-baik ya.

1. Agar tas carriermu muat menampung semua barang, ganti kemasan jajanan dengan plastik klip agar tak banyak makan ruang.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunung via appalachiantrials.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau isi kemasan camilan sebagian besar berisi angin agar makanan bisa lebih awet lagi. Namun, saat dibawa ke pendakian, makanan ini bikin tas carriermu cepat penuh. Tapi tenang, kamu masih bisa bawa banyak makanan kok. Asal, ganti kemasan camilan yang besar dengan plastik klip. Cara ini jauh lebih menghemat ruang dan tak banyak makan tempat. Jadi, tasmu masih sanggup menyimpan makanan jenis lain.

2. Pisahkan barang-barang dengan plastik klip yang murah. Selain membuat packing jadi lebih tertata, resiko basah juga bisa dihindarkan.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunung via www.buzzfeed.com

Situasi di atas gunung memang kadang tak mudah ditebak. Jadi kita harus membawa perlengkapan penting. Nah, selain mempelajari teknik menata tas carrier di sini, kamu juga wajib memisahkan barang-barang agar tak campur berantakan dan menjaga agar tak basah saat hujan. Misalnya dengan menggunakan plastik klip.

Advertisement

Pisahkan barang-barang kecil dalam plastik yang berbeda, misalnya, alat masak, elektronik, atau kunci. Dengan cara ini, isi tasmu tak lagi berantakan dan tetap aman walau sedang hujan deras.

3. Pasang plester dan petroleum jelly di telapak kaki, dengan begitu kamu terhindar dari lecet saat mendaki.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunung via www.wikihow.com

Jalanan yang mendaki seringkali bikin kaki lecet. Kalau parah, telapak kaki juga bisa menjadi perih dan kulit terkelupas. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengandalkan bahan kimia, petroleum jelly. Oleskan bahan kimia ini di telapak kaki atau bagian-bagian tubuh yang kulitnya tipis lalu tutup dengan plester. Bahan ini bisa meremajakan kulit dan menjaga kelembaban. Selain itu, plester bisa membantu kulitmu terhindari dari gesekan kasar dengan alas sepatu saat pendakian.

4. Peralatan dan makanan yang kamu bawa adalah nyawa kedua saat di atas awan. Pastikan kamu menjaganya dengan plastik sampah agar tak basah.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunung via sectionhiker.com

Barang-barang perlengkapan dan makanan yang sudah kamu persiapkan di tas carrier ibarat nyawa kedua di pendakian. Dengan itulah, segala keterbatasan bisa diatasi. Maka, menjaga isi tas agar tak basah adalah hal yang wajib kamu lakukan.

Tak hanya mengandalkan cover bag saja, melapisi tas dengan trash bag jutru bikin barang-barangmu tetap aman. Cara, buka tas carriermu, lalu lapisi permukaan dalam dengan plastik sampah. Barulah kamu tata perlengkapan yang akan dibawa. Lalu jangan lupa tutup dengan trash bag yang kamu  digunakan. Dengan cara ini, barang-barang tak akan basaha saat gerimis datang.

5. Demi mengantisipasi hal yang tak diinginkan, kantongilah barang penting dengan cara yang benar di jaket yang kamu kenakan.

Tips dan trik mendaki gunung agar menyenangkan

Tips dan trik mendaki gunung agar menyenangkan via hubpages.com

Kondisi alam memang kadang tak bisa diprediksi dengan gampang. Jadi, kamu harus mempersiapkan dengan matang dan melakukan antisipasi segala kemungkinan. Salah satunya dengan menyimpan barang-barang penting di saku jaket.

Lebih baik, kamu simpan kacamata hitam, dan ipode di saku jaket dekat dada. Lalu, letakkan botol kecil berisi air atau camilan penambah energi di saku bawah. Selain itu, jangan lupa kantongi satu kartu identitas pribadi di saku ya. Hal ini mengantisipasi jika kamu kesasar atau hilang arah.

6. Tumit kaki juga rentan terkelupas saat bergesekan dengan sepatu mendaki. Tapi dengan bantuan lakban, kakimu bisa tetap sehat meski jalanan terasa berat.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunung via www.backpacker.com

Selain telapak, bagian tumit kaki juga sering sakit akibat gesekan dengan sepatu mendaki. Nah, untuk mengatasinya, gunakan saja lakban yang murah meriah. Cukup rekatkan di bagian belakang, lalu gunakan kaos kaki dan sepatu andalan. Dengan begitu, kakimu bisa tetap sehat dan tak perlu takut terkelupas. . Namun, jika kamu sudah terlajur lecet, lapisi plester luka dengan lakban agar lebih terjaga. Melakukan pendakian juga lebih menyenangakan.

7. Meski kecil, binder clips bisa dipercaya jadi penjaga agar barang-barang yang kamu gantung di pinggir tas carrier tak jatuh atau hilang tanpa sebab.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunung via andrewskurka.com

Demi kepraktisan, gak jarang kamu akan menggantungkan perlengkapan mendaki di pinggir tas carrier. Kamu juga seringkali menjemur kaos kaki atau barang lain dengan cara ini. Namun, cara ini tak aman karena barang rentan jatuh atau hilang kena angin.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan binder clip berukuran kecil. Cukup jepitkan pada barang bawaan yang menggantung pada tali samping. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi khawatir baran-baranngmu hilang kena angin. Praktis ‘kan?

8. Masukkan ujung celana ke dalam sepatu boot atau kaus kaki panjanga, dengan begitu kakimu lebih terjaga dari kejahatan semak belukar.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunung via www.neogaf.com

Semak belukar seringkali meninggalkan goresan pada tubuh. Untuk menghindarinya, gunakanlah kaos kaki panjang atau sepatu. Tak hanya itu, masukkan juga ujung celanamu ke dalam sepatu atau kaos kakimu. Nah, dengan begitu, kakimu jadi lebih aman dan terhidari dari goresan semak belukar.

9. Jika kamu tak ingin terganggu dengan nyamuk atau udara dingin, sesuaikan arah tendamu dengan arah angin.

Tips dan trik mendaki gunung

Tips dan trik mendaki gunungdaki via www.reddit.com

Memasang tenda juga tak boleh sembarang,  jika kamu ingin istirahat dengan nyaman. Pastikan arah tendamu disesuaikan dengan arah angin ya. Jika angin bertiup ke arah selatan, posisikan pintu tenda menghadap ke selatan atau timur atau barat. Jika kamu memaksakan diri menghadap ke selatan dan menghadap angin, gak mustahil udara dingin bikin kamu makin menggigil dan nyamuk-nyamuk juga ikut singgah ke dalam tendamu.

Mendaki gunung bukanlah olahraga yang gampang. Kamu perlu mempersiapkannya matang-matang dan berfikir cermat agar selamat sampai kembali pulang. Dan 9 tips dan trik ini wajib kamu ketahui dari sekarang.

Selamat menerapkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya