Zaman sekarang, punya rumah adalah sebuah hal yang butuh kesabaran bertahun-tahun. Jangankan rumah yang besar, punya yang 36 meter persegi saja udah bersyukur banget. Selain harga tanah makin mahal, daya beli masyarakat juga tak kunjung naik. Kalau begini terus, anak muda bakal banyak yang jadi kontraktor, alias tukang kontrak sana sini. Hehehe. Mau nikah pun minder, lha mau tidur di mana nantinya? Kos-kosan? Duh, sedih banget ya…

Contoh kongkrit aja sih. Di Kota Jogja saja, harga rumah minim banget di angka 200-300 juta. Hal ini tidak diimbangi dengan Upah Minimum Regional yang masih di kisaran 1,5 juta. Iya, kamu nggak salah baca, 1,5 juta! Lha mau lunasnya kapan? Lebaran kuda kali ya. Hal ini tentu jadi masalah besar di masa depan, ketika pertumbuhan penduduk makin tak terkendali.

Advertisement

Nah, kalangan arsitek harus bekerja keras untuk menciptakan desain bangunan yang minimalis tapi bisa mengakomodasi banyak ruangan. Di Jepang, ada satu bangunan yang sepertinya tampak sangat minimalis sebelum kamu tahu isi dalam rumah itu. Kalau sudah masuk ke dalam, apa kamu masih berpikir minimalis? Yuk cek aja deh daripada penasaran!

Di Jepang, ada satu rumah yang unik. Dari luar tampak sangat pipih dan sepertinya dalamnya begitu sempit meskipun rumah ini cukup tinggi. Tapi jangan bilang kecil dulu sebelum masuk ke dalam…

kecil banget ya

kecil banget ya via www.boredpanda.com

Didesain oleh Mizuishi Architects Atelier, bangunan dengan luas lantai hanya 55 meter persegi berbentuk segitiga ini dibangun di antara sungai dan jalan. Kecil banget sih keliatannya…

unik sih rumah ini

unik sih rumah ini via www.boredpanda.com

Mending lihat dulu deh kondisi interior rumah ini sebelum bilang kalau rumah ini kecil dan minimalis. Don’t judge the book from the cover, ya….

wih luas ya

wih luas ya via www.boredpanda.com

Bangunan hunian ini terdiri dari 2 lantai, lantai pertama digunakan sebagai tempat tidur. Lucu ya, tempat tidur justru di lantai bawah…

siapa bilang sempit? hehe

siapa bilang sempit? hehe via www.boredpanda.com

Lantai dua lebih banyak fungsi, dari meja kerja, ruang keluarga sampai dapur juga ada. Terasa lapang ya, nggak sesempit yang kita kira pada awalnya…

cocok buat keluarga kecil

cocok buat keluarga kecil via www.boredpanda.com

Dapurnya aja terasa lapang. Pengen ‘kan punya dapur sekeren dan seluas ini?

dapurnya kece

dapurnya kece via www.boredpanda.com

Dengan kamar mandi seluas ini, kenyamanan rumah kecil ini tak perlu dipertanyakan lagi ‘kan ya? Ada bathub-nya pula. Gokil…

kamar mandinya aja segede ini

kamar mandinya aja segede ini via www.boredpanda.com

Lebih istimewanya lagi, bagian atas bisa digunakan sebagai tempat bermain anak. Bukti bahwa ruang sekecil apapun bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Hayo, rumahmu pasti nggak ada ruang khusus bermain untuk anak ‘kan?

bermain anak

bermain anak via www.boredpanda.com

Nuansa interiornya simpel dan elegan. Salah satu cara agar hunian nyaman walau dengan luasan yang begitu terbatas adalah dengan memperbaiki desain interiornya. Membagi sedemikian rupa agar konsep rumah kebanyakan tidak jadi acuan satu-satunya…

elegan banget interiornya

elegan banget interiornya via www.boredpanda.com

Masih nggak percaya ruangan-ruangan tadi berada dalam satu rumah kecil ini? Kalau Hipwee sih percaya. Hehehe…

nggak kecil-kecil amat 'kan?

nggak kecil-kecil amat ‘kan? via www.boredpanda.com

Memang sih, masalah tempat tinggal jadi isu yang serius ketika pertumbuhan penduduk dunia meningkat tak terkendali. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan desain hunian rumah yang ramah kantong dan juga layak huni. Mungkinkah desain seperti ini rumah manusia di masa depan? Mungkin saja…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya